UNTUK INDONESIA
Jenazah WNA Spanyol Tewas saat Snorkeling Tiba di Aceh
Jenazah WNA asal Spanyol yang tewas saat Snorkling di Sabang tiba di Banda Aceh, selanjutnya akan di terbangkan ke Bali dan lanjut ke Spanyol.
WNA asal Spanyol, Francisco Javier Garcia (53) yang tewas setelah tertabrak boat saat sedang snorkeling di kawasan Iboih, Kota Sabang tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Sabtu 24 Agustus 2019 sore. (Foto: Tagar/Muhammad Fadhil)

Banda Aceh - Seorang warga negara asing (WNA) asal Spanyol, Francisco Javier Garcia (53), tewas setelah tertabrak boat saat sedang snorkeling di kawasan Iboih, Kota Sabang, Aceh. Korban dijadwalkan akan dibawa ke Bali pada Minggu 24 Agustus 2019 besok dan selanjutnya diterbangkan ke negaranya.

Hari ini, jenazah diberangkatkan dari Sabang menuju Banda Aceh menggunakan kapal cepat Express Cantika 89.

Amatan Tagar, jenazah tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh pada pukul 17.30 WIB. Begitu tiba, jenazah yang sudah dimasukkan dalam peti itu diangkut menggunakan mobil ambulance dan di inapkan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Ketua Dokter Tim Pemulangan, Samarullah menyebutkan bahwa jenazah dijadwalkan diterbangkan dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar ke Bali pada Minggu 25 Agustus 2019 besok.

"Terus nanti ada travel di Bali, asuransinya mengklaim mereka mengurus untuk pemulangan ke Spanyol," kata Samarullah kepada wartawan di Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh, Sabtu 24 Agustus 2019 sore.

Dia menjelaskan, korban tewas pada Kamis 22 Agustus 2019 setelah terkena baling-baling boat yang dinakhodai oleh seorang pria asal Kota Sabang. Akibatnya, korban mengalami luka di beberapa bagian, seperti kepala, tangan sebelah kiri dan dada sebelah kiri.

"Beliau sedang snorkeling, kebetulan ada boat yg melintas, beliau menggunakan jalur yang memang jalur boat, tidak semestinya beliau melakukan snorkeling," kata dia.

Sementara, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Aceh Kombes Agus Sartijo menyebutkan bahwa boat yang menabrak Javier dinahkodai oleh pria berinisial M, 39 tahun, warga Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Sebelum tewas, korban sempat diberikan pertolongan pertama oleh warga negara asing lainnya yang kebetulan seorang dokter sambil menunggu ambulans untuk dibawa ke Puskesmas Iboih.

"Setelah sampainya ambulance dari Puskesmas Iboih, korban dimasukkan ke ambulance tersebut untuk dibawa ke puskesmas, akan tetapi pada saat di perjalanan korban telah meninggal dunia karena kehabisan darah akibat luka yang dialami dari terkena baling-baling boat," tutur Agus. []

Banda Aceh:

Berita terkait
Perusuh Konser Base Jam di Banda Aceh Dilepaskan Polisi
Polresta Banda Aceh menangguhkan penahanan satu pelaku pembubaran paksa konser musik grup band Base Jam.
Polda Sumut Kejar Bandar Narkoba Pelaku Pencucian Uang
Kepolisian selalu melakukan pengembangan setiap melakukan penangkapan peredaran narkoba, terhadap dugaan kejahatan pencucian uang.
Video: Massa Merusak Fasilitas Bandara di Sorong Papua
Massa aksi masuk ke kawasan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, kemudian massa membakar ban dan merusak fasilitas bandara.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.