UNTUK INDONESIA

Jelang Album Kedua, The Panturas Rilis Lagu Tafsir Mistik

Grup band rocksurf asal Bandung, The Panturas, resmi merilis lagu baru mereka yang diberi tajuk Tafsir Mistik, pada Jumat, 5 Maret 2021.
Artwork lagu Tafsir Mistik dari grup band The Panturas. (Foto: Tagar/Creathink)

Jakarta - Grup band surfrock asal Bandung, The Panturas, resmi merilis lagu baru mereka yang diberi tajuk Tafsir Mistik, pada Jumat, 5 Maret 2021. Tembang yang mengusung sejumlah corak melayu dan nada gipsi nan unik ini, menjadi lembar petualangan multi kultural baru setelah single Balada Semburan Naga.

Lagu ini, menjadi single berikutnya yang digelontorkan grup yang digawangi Abyan Zaki Nabilio(vokal/gitar), Rizal Taufik (Gitar), Bagus 'Gogon' Patria (Bas), serta Surya Fikri Asshidiq (Drum) ini menuju dirilisnya album kedua, sejak album debut bertajuk Mabuk Laut diluncurkan pada 2018 lalu.

Benang merah album kedua The Panturas rencananya memang bakal berisi petualangan musikal dari berbagai budaya, termasuk Cina, Jepang, Arab, Eropa, Amerika, yang dirangkai dengan nada-nada modern seperti surfrock, garage, rockabilly, Arabian, waltz sampai irama Melayu.

Jika pada tembang Balada Semburan Naga nada-nada didominasi oleh melodi Mandarin yang dikombinasi dengan celotehan cablak tembang gambang kromong Betawi, The Panturas kini menjahit nada Melayu dengan unsur harmoni gitar musik Gipsi yang Arabik dan akrobatik pada lagu Tafsir Mistik.

The PanturasGrup band The Panturas berkolaborasi dengan Adipati The Kuda merilis lagu Balada Semburan Naga. (Foto: Tagar/Creathink)

Mengenai lirik tembang Tafsir Mistik, Acin harus menggali keresahan personalnya. Dengan apik, ia mengangkat fenomena munculnya kelompok pemikir karbitan di media sosial, yang belakangan kian menjamur dan menjadi tren.

Menurut Acin, kehadiran mereka yang ia sebut sebagai manusia setan, membuat kondisi semakin bias, sekaligus kian mengaburkan pemahaman akan makna nilai-nilai baru di masyarakat.

"Yang merasa idealisme mereka paling benar. Tidak melihat kepada relativisme budaya. Bahwa benar atau salah itu tergantung dari kacamata kita masing-masing, bukan sesuatu hal yang mutlak," kata Acin, lewat keterangan tertulis kepada Tagar, Jumat, 5 Maret 2021.

"Daripada menghakimi, mendingan kita menghargai proses bagaimana mereka bisa mencapai pemahaman 'benar atau salah' tersebut," ujar dia.

Saat ini, tembang Tafsir Mistik sudah dapat didengarkan di berbagai gerai musik digital. Sementara video klip lagu ini, rencananya bakal diluncurkan dalam waktu dekat. []

Berita terkait
Kisah Hidup dan Kontroversi Janet Jackson Diadaptasi Jadi Film
Sebuah film dokumenter berisi kisah hidup Janet Jackson siap dirilis untuk merayakan ulang tahun album perdana sang biduan yang ke-40.
Debut Perdana, Band Lomba Sihir Rilis Lagu Hati dan Paru-paru
Band anyar Lomba Sihir resmi merilis single perdana mereka yang diberi judul Hati dan Paru-paru pada Jumat, 26 Februari 2021.
Burning Blood, Cold Cold Ground Buka Album Baru Adrian Adioetomo
Musisi delta blues asal Indonesia, Adrian Adioetomo, merilis single terbaru berjudul Burning Blood Cold Cold Ground.
0
Jelang Album Kedua, The Panturas Rilis Lagu Tafsir Mistik
Grup band rocksurf asal Bandung, The Panturas, resmi merilis lagu baru mereka yang diberi tajuk Tafsir Mistik, pada Jumat, 5 Maret 2021.