Jangan Takut! Ini Cara Mengatasi HP yang Terendam Air

Kerusakan pada perangkat hp umumnya tidak hanya terjadi karena terjatuh atau terkena malware, namun juga terkena air. Berikut cara mengatasinya.
Ilustrasi - Handphone. (Foto: Tagar/Pexels/Lisa)

Jakarta - Handphone merupakan perangkat elektronik yang sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi banyak orang. Karena memiliki beragam fungsi dan manfaat yang dapat mempermudahkan hidup seorang manusia, tidak ada yang menginginkan benda ini rusak.

Kerusakan pada perangkat ini umumnya tidak hanya terjadi karena terjatuh atau terkena malware, namun juga terkena air.

Sebagai musuh utama barang elektronik, air tentu berpotensi tinggi merusak mesin yang ada di dalam ponsel. Tak jarang, ponsel yang terendam bisa rusak, bahkan mati total.

Dalam mengatasi ini, berikut cara yang bisa Anda lakukan saat ponsel kesayangan Anda kemasukan air.


1. Matikan handphone

Ketika mengetahui ponsel kita terendam atau kemasukan air, segeralah angkat dan matikan ponsel tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting yang dapat memperparah ponsel Anda.


2. Keluarkan baterai, sim card, dan kartu memori

Setelah HP dimatikan, keluarkan baterai, sim card, dan kartu memori Anda dari ponsel. Selain mengurangi dampak kerusakan pada ketiga komponen tersebut, cara ini juga berguna untuk mempercepat proses pengeluaran dan pengeringan sisa air.


3. Jangan menggoyangkan handphone

Menggoyangkan atau menggerakan ponsel sudah menjadi kebiasaan yang kita lakukan saat ponsel kemasukan air. Hal ini tidak boleh dilakukan lagi karena dapat berpotensi mendorong air masuk lebih dalam ke mesin ponsel.


4. Jangan tiup handphone

Kebiasaan selanjutnya yang ternyata berdampak merusak komponen HP adalah meniupnya. Meniup lubang-lubang di ponsel hanya akan membuat air yang masuk terdorong semakin dalam dan mengakibatkan terjadinya korsleting.


5. Keringkan handphone

Keringkan handphone Anda dengan kain berdaya serap tinggi. Perlu diingat, dalam mengeringkannya Anda harus menepuk pelan bagian ponsel dan bukan menggosoknya.

Selain itu, jangan keringkan handphone Anda dengan hair dryer atau menaruhnya di bawah terik matahari. Jika ini dilakukan, maka komponen yang di dalam ponsel beresiko tinggi bisa rusak bahkan meleleh.


6. Rendam ponsel dengan beras.

Rendam ponsel Anda ke dalam kotak beras selama 2-3 hari. Cara ini dilakukan agar air yang menempel di dalam ponsel dapat terserap oleh beras. Selain itu, jangan lupa untuk membalik-balikkan tubuh ponsel agar kering merata.


7. Bawa ke tempat servis

Jika ponsel Anda mengalami mati total dan tidak bisa diperbaiki kembali, segera bawa perangkat tersebut ke tempat servis HP.

Pastikan saat Anda datang, jelaskan secara rinci kondisi ponsel kalian kepada teknisi agar dapat memudahkan mereka dalam membetulkan perangkat Anda.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
Cara Ampuh untuk Mengontrol Panic Attack
Panic Attack atau serangan panik merupakan sebuah kondisi munculnya perasaan takut atau gelisah yang berlebihan secara tiba-tiba. Berikut caranya.
Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp yang Penuh
WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa pulsa. Berikut cara atasi penyimpanan penuh.
8 Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual
Berbagai penyakit menular seksual ini dapat menyebabkan munculnya gejala yang merugikan bagi kesehatan dan mengganggu keharmonisan hubungan.
0
Jangan Takut! Ini Cara Mengatasi HP yang Terendam Air
Kerusakan pada perangkat hp umumnya tidak hanya terjadi karena terjatuh atau terkena malware, namun juga terkena air. Berikut cara mengatasinya.