Jangan Lakukan Hal Ini Agar Hidupmu Tak Sengsara

Disamping ikhtiar yang dilakukan tentunya harus diimbangi dengan berdoa dan berperilaku baik kepada semua orang.
Jatuh Miskin (Foto:Tagar/Pixels/CottonBro)

Jakarta – Memiliki hidup sejahtera memang menjadi tujuan semua orang. Semua orang pasti akan berusaha bekerja keras untuk mencapai kehidupan yang mapan dan terhindar dari kemiskinan dan kesengsaraan. 

Disamping ikhtiar yang dilakukan tentunya harus diimbangi dengan berdoa dan berperilaku baik kepada semua orang. Meskipun ketiganya telah dilakukan, ada beberapa hal yang harus dihindari menurut primbon jawa agar hidup kamu tidak jatuh miskin dan sengsara.

Lalu apakah hal yang harus dihindari tersebut? Simak dibawah ini.


1. Kurang Berdoa dan Kurang Ikhtiar

Menurut Primbon Jawa, salah satu penyebab rezeki seret adalah karna malas, malas berdoa, dan malas berusaha. Dalam bekerja, tidak hanya bekerja keras tetapi juga harus bekerja cerdas, disamping itu kita harus bekerja secara ikhlas.

Apabila ketiga itu sudah dilaksanakan, maka nanti rezekinya pasti akan bagus dan tidak akan seret lagi.


2. Kurang Bertobat

Menurut Primbon Jawa, rezeki seret dikarnakan juga karna diri kita sudah menjadi sombong dan sudah tidak merasa bersalah.

Jadi sebaiknya kita harus memohon ampun dan bertobat kepada Tuhan agar hati kita dibersihkan dan mempermudah menarik rezeki.


3. Kurang Pasrah

Menurut primbon jawa, apabila semua usaha telah dilakukan, mau itu sudah berdoa, bersyukur, bekerja keras dan lainnya. Maka jalan terakhirnya adalah berpasrah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, apapun hasilnya kita terima dan syukuri pemberian Tuhan tersebut.


4. Memiliki Angan-angan yang Terlalu Tinggi

Berangan-angan dan mematok target tanpa mengukur kemampuan yang dimiliki. Bisa saja kita berangan-angan seperti itu, tapi harus diiringi dengan meningkatkan kemampuan dan skill, agar mimpi kita itu bisa terwujud.


5. Kurang Bersyukur

Kebanyakan orang sekarang selalu merasa kurang akan nikmat yang diberikan kepadanya. Dan tidak bersyukur atas nikmat tersebut. Padahal kalau Kita mau bersyukur, secara otomatis nanti rezeki kita akan dimudahkan dan dilipatgandakan oleh Tuhan.


6. Pelit

Banyak yang mengira kalau pelit akan menjadi kaya, padahal orang yang pelit itu cenderung hatinya tertutup makanya rezeki tidak mau mendekatinya, jadi harus banyak bersedekah. Karena bersedekah, rezeki kita akan bertambah


7. Ingin Kaya Mendadak

Pengen cepat kaya menjadikan diri kita mempunyai pikiran untuk menggunakan cara jalan pintas seperti mengakali orang lain, menipu orang lain, Jalan pesugihan yang membuat rezekinya itu tidak halal.

Ini juga menghambat rezeki kita yang akan datang, Jadi kelakukan ini harus diperbaiki, jangan sampai menggunakan cara yang tidak diperbolehkan oleh agama dan keyakinan masing-masing untuk menjadi kaya.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Setop 3 Kebiasaan Ini Agar Kamu Bisa Menabung
Disadari atau tidak, masyarakat zaman now jadi lebih suka gonta-ganti gadget seperti ponsel pintar karena mengikuti tren terkini.
Cara Mangajarkan Anak Menabung Diusia Dini
Sebelum mengajarkan cara menabung, baiknya orangtua jelaskan dulu apa itu uang dan apa tujuan berhemat menyimpan uang.
Patut Dicoba Nih! 5 Cara Menabung Unik Tradisional Ala 90-an
Salah satu cara untuk menyimpan uang adalah dengan menabung, yang sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Nah, ini cara menabung ala 90-an.
0
Jangan Lakukan Hal Ini Agar Hidupmu Tak Sengsara
Disamping ikhtiar yang dilakukan tentunya harus diimbangi dengan berdoa dan berperilaku baik kepada semua orang.