Jalan Tol Akan Berlakukan Ganjil Genap Selama PPKM Level 3

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan menerapkan kebijakan pengetatan aturan pada saat libur natal dan tahun baru tahun ini.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi. (Foto: Tagar/Bara JP)

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan menerapkan kebijakan pengetatan aturan pada saat libur natal dan tahun baru tahun ini dengan pemberlakuan sistem ganjil genap di wilayah aglomerasi.

Keputusuan itu nantinya akan akan ditentukan pada hari Senin mendatang sambil melihat perkembangan dari virus Omnicron.

"Jadi dilihat sejauh mana nanti akan diantisipasi," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V, seperti dikutip, Kamis, 2 Desember 2021.

Dia menegaskan, konsep yang sudah dibuat oleh Kementerian Perhubungan dan instansi lainnya, ada beberapa pengendalian yang dilakukan.

Untuk pengendalian kendaraan perseorangan, akan diterapkan sistem ganjil genap untuk di wilayah Aglomerasi, jalan tol, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah lainnya.

Direncanakan untuk diterapkan pada ruas jalan tol Tangerang - Merak, ruas jalan tol Bogor - Ciawi - Cigombong, Ruas Jalan tol Cikampek - Palimanan - Kanci, dan ruas tol Cikampek - Padalarang - Cileunyi pada tanggal 20 Desember - 2 Januari 2022.

"Biasanya kalo kita terapkan ganjil genap pergerakan itu turun 30%," kata Budi.

Mantan Dirut Angkasa Pura II ini juga mengatakan untuk pengendalian di jalan tol juga memberlakukan buka tutup rest area, one way, contra flow, melakukan random sampling untuk pengecekan tes Covid - 19, dan pengecekan dokumen persyaratan perjalanan.


Jadi dilihat sejauh mana nanti akan diantisipasi.


Sementara untuk di jalan di luar jalan tol dan kawasan pariwisata juga memberlakukan jalan skema ganjil genap untuk mobil pribadi dan sepeda motor, pengecekan dokumen persyaratan perjalanan, juga random sampling tes Covid - 19.

"Pada kawasan wisata juga memberlakukan penutupan sementara wisata tanpa pengelola, jadi yang boleh hanya yang berpengelola supaya bisa di manage," katanya.

Tidak hanya itu Budi menjelaskan dari hasil survei yang dilakukan Kemenhub pada bulan November,masih ada 4 juta masyarakat Jabodetabek yang mau pulang kampung apabila dilakukan pembatasan.

Jika memberlakukan PPKM level 3 angka mobilitas turun menjadi 3,5 juta masyarakat, sementara jika ada pelarangan ada 2 juta orang yang mau melakukan perjalanan mudik.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Bersepeda Tren Pandemi, Ini Aturan Menhub Budi Karya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bersepeda menjadi tren di masyarakat pada masa pandemi Covid-19.
Cara Menhub Budi Karya Stop Covid-19 di Sektor Udara
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berupaya mengurangi laju penyebaran Covid-19 di semua sektor transportasi, terutama di bandar udara.
Budi Karya Dorong Universitas Kembangkan Mobil Otonom
Menhub Budi Karya Sumadi menyebut kendaraan otonom ini sangat cocok dengan konsep ibu kota baru nanti, yakni smart, green, dan sustainable city.
0
Jalan Tol Akan Berlakukan Ganjil Genap Selama PPKM Level 3
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan menerapkan kebijakan pengetatan aturan pada saat libur natal dan tahun baru tahun ini.