Bersepeda Tren Pandemi, Ini Aturan Menhub Budi Karya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bersepeda menjadi tren di masyarakat pada masa pandemi Covid-19.
Petugas Dinas Perhubungan menata lajur khusus sepeda di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bersepeda menjadi tren di masyarakat pada masa pandemi Covid-19. Menurutnya olahraga bersepeda bagus untuk menjaga metabolisme tubuh.

"Untuk itu kita lakukan 'Sosialisasi Aturan Keselamatan Pesepeda di Jalan', agar masyarakat tahu bagaimana bersepeda yang aman dan nyaman," ujar Budi Karya dalam siaran pers Kementerian Perhubungan, Jumat, 18 September 2020.

Sementara itu, menurut Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum berolahraga dengan sepeda, memastikan sepeda memenuhi beberapa persyaratan dasar.

Persyaratan tersebut antara lain memiliki spakbor, bel, rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya berwarna putih atau kuning, dan pedal.

Ia juga mengingatkan pesepeda untuk memakai alas kaki serta memahami dan mematuhi tata cara berlalu lintas. Lalu, jika masyarakat memilih bersepeda malam hari tidak lupa menyalakan lampu. "Serta menggunakan atribut yang dapat memantulkan cahaya," tuturnya.

Selain 'Aturan Keselamatan Pesepeda di Jalan, Kemenhub juga menyosialisasikan 'Gerakan Peduli Kesehatan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak)'. Menurut Budi Karya hal tersebut merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Apalagi di tempat-tempat umum, seperti Stasiun MRT masyarakat harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan. "Saya juga menganjurkan kepada seluruh masyarakat untuk berpola hidup sehat seperti berolahraga, minum vitamin serta makan makanan yang begizi agar imun tubuh menjadi kuat dan tidak mudah tertular Covid-19," kata Budi Karya. []

Berita terkait
Lama Menghilang, BMX Hadirkan Sepeda Listrik
Sepeda BMX sempat berjaya pada era 1990-an, dan kini sepeda berjenis urban lifestyle itu kembali hadir dengan fitur motor listrik.
Hobi Gowes, Sepeda Luna Maya Berharga Ratusan Juta
Tahukah Anda salah satu sepeda milik Luna Maya yang sedang kecanduan gowes berharga ratusan juta?
Sarapan Sehat Usai Bersepeda di Hotel Luminor Jambi
Hotel Luminor Jambi menyiapkan sarapan sehat untuk para penggemar olahraga sepeda dengan harga yang sangat terjangkau.
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.