UNTUK INDONESIA
Budi Karya Dorong Universitas Kembangkan Mobil Otonom
Menhub Budi Karya Sumadi menyebut kendaraan otonom ini sangat cocok dengan konsep ibu kota baru nanti, yakni smart, green, dan sustainable city.
Ilustrasi mobil otonom. (Foto: New York Times)

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendorong perguruan tinggi atau universitas untuk terus melakukan penelitian dan pengembangan kendaraan otonom (autonomous vehicle) atau swakemudi.

Menurut Budi Karya, kendaraan jenis ini nantinya akan diperlukan di ibu kota baru, mengingat Presiden Joko Widodo sempat mengatakan nantinya di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimatan Timur, dirancang dengan konsep smart, green, dan sustainable city.

Kami membutuhkan paradigma baru untuk memastikan transportasi yang efisien di ibu kota baru.

"Kami melihat bahwa pengembangan kendaraan otonom sangat erat kaitannya dengan konsep ibu kota baru. Ke depannya, kami akan jadikan kendaraan ini sebagai dasar untuk membangun wajah baru sistem transportasi Indonesia," kata Budi Karya, sebagaimana dikutip Tagar dari Dephub.go.id, Minggu, 6 September 2020.

Baca juga:  Korsel Gelontorkan Rp 13 Triliun untuk Mobil Otonom

Budi Karya SumadiMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) menyampaikan pendapat melalui sesi vlog dengan Millenial Kemenhub usai berpidato pada Diskusi Indonesia Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara di Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso/ama)

Kendaraan swakemudi ini disebut-sebut dapat mengurangi emisi karbon dan konsumsi bahan bakar hingga 15 persen. 

Selain itu, teknologi otonom juga dikatakan dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya hingga 40 persen, karena dapat menurunkan kemungkinkan human error dan mempunyai ketepatan waktu yang presisi.

Budi Karya mengharapkan kerja sama yang baik dapat terjalin antara Kementerian Perhubungan dengan sejumlah pihak seperti perguruan tinggi, pihak swasta, dan pihak terkait lainnya, untuk mengembangkan kendaraan otonom ini di Tanah Air.

"Kami membutuhkan paradigma baru untuk memastikan transportasi yang efisien di ibu kota baru. Untuk itu, partisipasi dan inovasi dri perguruan tinggi seperti ITB, pihak swasta dan pihak terkait lainnya sangat penting agar tujuan itu dapat terwujud," katanya. []

Baca juga: Mobil Otonom Mercedes-Benz Meluncur di CES 2020

Berita terkait
Mobil Swakemudi Ford Mengaspal 2021
Ford Motor Co akan mengenalkan kendaraan otonom atau swakemudi pada musim gugur pada tahun 2021.
Budi Karya Antisipasi Arus Balik Tahun Baru Islam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap tidak ada lonjakan yang signifikan di sepanjang jalur tol dari Jakarta hingga Cikopo, Jawa Barat.
Budi Karya: Transportasi Udara Jembatan Pemersatu
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan transportasi udara diibaratkan sebagai jembatan yang mengikat keberagaman Tanah Air.
0
Budi Karya Dorong Universitas Kembangkan Mobil Otonom
Menhub Budi Karya Sumadi menyebut kendaraan otonom ini sangat cocok dengan konsep ibu kota baru nanti, yakni smart, green, dan sustainable city.