Jalan Nasional Blangkejeren – Kutacane Aceh Sudah Normal

Hujan deras yang akibatkan tanah longsor di Gayo Lues, Aceh, lumpuhkan akses jalan lintas Blangkejeren-Kutacane sudah normal
Alat-alat berat dikerahkan untuk dorong tanah longsor di Dusun Tetumpun, Desa Pungke Jaya, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, 30 April 2021 (Foto: Tagar/Istimewa)

Gayo Lues, Aceh - Hujan dengan intensitas tinggi pada pukul 19.45 WIB menyebabkan tanah longsor di Dusun Tetumpun, Desa Pungke Jaya, Kecamatan Putri Betung, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, 30 April 2021, malam sekitar pukul 23.50 WIB.

Bencana alam tanah longsor disertai material batu dan lumpur menutupi badan jalan sepanjang 35 meter dan setinggi 1 meter, mengakibatkan akses jalan nasional yang menghubungkan kedua Kabupaten antara Blangkejeren dan Kutacane, Aceh, lumpuh total.

Danposramil Putri Betung Kodim 0108/Agara, Pelda Khalidin, mengatakan kejadian tersebut disebabkan curah hujan yang cukup tinggi mulai pukul 19.45 WIB, ditambah lagi kondisi tanah pegunungan labil dan adanya sumber mata air di atas mengakibatkan seringnya terjadi tanah longsor.

Khalidin menyebutkan, para Babinsa bersama Muspika kecamatan Putri Betung melakukan koordinasi dengan pihak PT. Pelita Nusa Perkasa agar mengerahkan alat berat bulldozer ke lokasi untuk membersihkan material longsor.

peta acehLetak geografis Blangkejeren – Kutacane, Aceh (Foto: sejarah-negara.com)

Babinsa Pos Ramil Putri Betung dan Bhabinkamtibmas Polsek Putri Betung turut mengamankan lokasi dan mengatur kendaraan yang akan melintas serta mengingatkan kepada pengendara roda empat dan roda dua agar berhati-hati.

Selain itu, Babinsa Pos Ramil Putri Betung mengingatkan kepada warga Dusun Tetumpun Desa Pungke Jaya yang tinggal di dekat lokasi rawan tanah longsor tersebut, agar tetap waspada.

“Untuk saat ini, jalan lintas sudah bisa dilalui baik kendaraan roda empat dan roda dua”, kata Danposramil Putri Betung Pelda Khalidin (Laung). []

Berita terkait
Pria di Aceh Tewas Tertimbun Longsor saat Beristirahat di Kebun
Seorang warga Aceh Tengah tewas tertimpa tanah longsor saat sedang berteduh di kebun miliknya. Ini kronologi kejadian
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.