UNTUK INDONESIA
Jajanan Kaki Lima Khas Thailand Menggoda Nafsu Makan
Jajanan kaki lima khas Thailand mulai dilirik wisatawan yang mengunjungi negara tersebut, berikut ulasannya.
Khanom Buang, jajanan kaki lima khas Thailand. (Foto: male.co.id)

Jakarta - Jajanan kaki lima khas Thailand mulai dilirik wisatawan yang mengunjungi negara tersebut. Bagaimana tidak, makanan yang ditawarkan di sana mampu memanjakan lidah dan menggoda selera ketika mencicipi rasanya. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah jajanan kaki lima yang wajib Anda cicipi di Thailand. 

1. Rujak Thailand

Rujak ThailandRujak Thailand. (Foto: manajemenringga.blogspot.com)

Rujak Thailand memang berbeda dengan yang ada di Indonesia pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kuah yang dituangkan di atas buah-buahan segar dan memakai ebi sebagai penambah rasa. 

Taburan cabai bubuk dan kacang tumbuk sebagai topping untuk melengkapi kenikmatan dan kelezatan rujak Thailand tersebut. Namun, selain menggunakan campuran buah-buahan, ternyata juga ada rujak pepaya muda atau yang akrab dikenal dengan salad pepaya. 

Biasanya, kebanyakan perempuan lebih menyukai makanan tersebut. Rasanya juga hampir sama dengan rujak buah campur. Makanan ini bisa menjadi rekomendasi bagi kamu untuk berwisata kuliner ke daerah tersebut. 

2. Durian Sticky Rice

Durian Sticky RiceDurian Sticky Rice, jajanan kaki lima khas Thailand. (Foto: juicycafe.blogspot.de)

Durian Sticky Rice sudah menjadi salah satu jajanan favorit di Thailand. Sayangnya, bagi sebagian turis ternyata ada juga yang tidak menyukai makanan tersebut karena bau duriannya yang tak sedap. 

Namun, orang Indonesia, khususnya Sumatera, makanan ini sudah tidak asing. Itu karena daerah Sumatera juga memiliki kuliner yang sama, hanya saja penyebutan namanya yang berbeda. 

Bagi pecinta durian, kamu bisa mengunjungi Thailand untuk menikmati kelezatan dari jajanan kaki lima yang satu ini. Rasakanlah sensasi rasa kuliner yang satu ini karena bisa membuat kamu ketagihan. 

3. Khanom Buang

Khanom BuangKhanom Buang, jajanan kaki lima khas Thailand. (Foto: male.co.id)

Khanom Buang ini memang salah satu jenis makanan crepes Thailand. Jajanan kaki lima ini sudah ada sejak ratusan tahun. Bahan utamanya makanan ini,hampir sama seperti crepes pada umumnya yaitu dengan isian kelapa, ditaburi parutan kelapa dan wijen yang sudah disangrai. 

Makanan ini merupakan hidangan penutup Thailand kuno atau lebih dikenal sebagai pancake renyah. Khanom Buang sudah sangat populer dan wajib kamu cicipi ketika menginjakkan kaki ke negara tersebut. 

4. Nai Mong Hoy Tod

Nai Mong Hoy TodNai Mong Hoy Tod, jajanan kaki lima khas Thailand. (Foto: kakakageso.wixsite.com)

Banyak orang menyebutkan jajanan khas Thailand yang unik dan lezat ini dengan Thai Oyster Omelette. Sebab, melihat tampilan makanannya yang tidak terlihat menarik, ternyata banyak diminati oleh wisatawan. 

Omelette Thailand ini merupakan telur dadar yang dicampur dengan kerang tiram (oyster) dan ditambah saus khas Thailand, sehingga menjadikan makanan ini unik dan menarik. 

Jangan khawatir, tiram yang disajikan itu sudah matang, jadi kamu yang tidak menyukai makanan mentah bisa mencicipi rasanya. Jika penasaran dengan cita rasa jajanan kaki lima ini, Anda bisa berkunjung ke Thailand. 

5. Khanom Krok

Khanom KrokKhanom Krok, jajanan kaki lima khas Thailand. (Foto: Instagram/@viethomecooking)

Jajanan kaki lima khas Thailand ini sangatlah mirip dengan kue talam yang ada di Indonesia. Makanan tersebut terbuat dari campuran santan kelapa, tepung tapioka, tepung beras, dan gula.

Khanom krok sering disebut juga Thai Coconut Pudding karena dimasak dalam jumlah banyak di atas pan cetakan yang besar. Meski, makanan tersebut terlihat sederhana, tetapi rasanya tidak perlu diragukan lagi. 

Jika kamu mengunjungi negara ini, jangan lupa dengan jajanan pasar khas Thailand yang unik dan lezat tersebut. Pasalnya, khanom krok itu mudah ditemukan di pinggir jalan. []

Baca juga:

Berita terkait
6 Spot Kuliner Halal di Bali, Rasanya Maknyos Abis
Bali memang salah satu tempat wisata yang memukau di Indonesia. Berikut Tagar rangkumkan 6 spot kuliner halal di Pulau Dewata.
Kemiripan Kuliner Jepang dan Kuliner Indonesia
Memiliki akulturasi yang berbeda, ternyata dari segi kuliner atau makanannya, Indonesia dan Jepang punya kemiripan.
Mendunia, 5 Makanan Indonesia Pemuas Lidah Bule
Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas yang beragam dan sudah terkenal hingga ke dunia.
0
Pocong Perempuan di Rumah Tua Kotagede Yogyakarta
Ada ratusan hantu di rumah tua itu. Ada yang jahat dan baik. Satu yang sering iseng adalah hantu pocong bernama Sumi.