UNTUK INDONESIA
Jadwal Liga 1 Belum Terganggu Virus Corona
Liga 1 2020 belum terganggu masuknya virus corona di Tanah Air setelah ada warga Depok terpapar virus itu. Tapi laga Persija mungkin terganggu.
PT LIB menyatakan jadwal Liga 1 tidak terganggu kasus virus corona. Namun laga Persija Jakarta lawan Persebaya Surabaya terancam tidak bisa digelar di Jakarta karena larangan izin keramaian. Tampak pemain Persija Riko Simanjuntak (kanan) di laga Liga 1. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Jakarta - Kompetisi Liga 1 2020 belum terganggu oleh masuknya virus corona di Tanah Air. Hanya, ada pertandingan kemungkinan bisa terganggu seperti Persija Jakarta yang akan menjamu Persebaya Surabaya setelah ditemukannya kasus suspect corona di daerah Depok, Jawa Barat. 

Kompetisi sepak bola nasional belum terganggu dengan masuknya virus corona. Operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyatakan tidak ada perubahan jadwal pertandingan Liga 1.

Sejauh ini masih sesuai jadwal. Namun kami masih menunggu perkembangan ke depan

Meski demikian, operator liga tetap menunggu perkembangan. Pasalnya tidak menutup kemungkinan virus itu sudah menyebar sejak ada dua pasien terpapar corona dan sekarang menjalani perawatan. 

"Sejauh ini masih sesuai jadwal. Namun kami masih menunggu perkembangan ke depan," ujar Manajer Media dan Hubungan Publik LIB Hanif Marjuni kepada Antara di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dua warga Depok, positif menderita penyakit pernapasan akibat virus corona. Itu menjadi kasus corona pertama di Tanah Air setelah virus tersebut mulai menginfeksi orang-orang di Wuhan, China, Desember 2019.

Hanya virus itu kemudian menyebar di berbagai negara di dunia. Akibatnya, kegiatan olah raga, terutama yang menghadirkan kerumunan, terpaksa dihentikan. 

Pertandingan Sepak Bola Ditunda Karena Corona

Di belahan dunia lain, virus corona membuat pertandingan sepak bola ditunda atau tetap berlangsung meski tanpa penonton. Sejumlah pertandingan Serie A Italia dan kasta di bawahnya juga ditunda atau digelar tanpa penonton. 

Namun usulan pemerintah Italia agar pertandingan digelar tanpa penonton ditolak klub-klub. Pasalnya, mereka bakal kehilangan pemasukan dari tiket pertandingan.

Suporter PersijaLaga Persija Surabaya melawan Persebaya Surabaya di Liga 1 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 7 Maret 2020, terancam tidak bisa digelar karena larangan izin keramaian. Opsi lain, laga digelar tanpa penonton. Tampak suporter Persija, Jakmania, menyaksikan laga melawan Borneo FC di Jakarta, Minggu 1 Maret 2020. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Di Vietnam, wabah corona membuat mereka harus menggelar laga perdana liga tanpa penonton. Demikian pula negara lain seperti Korea Selatan dan Jepang menunda semua pertandingan liga. Bahkan China sudah lebih dulu membatalkan kompetisi yang hendak dimulai.

Sementara, Presiden FIFA Gianni Infantino sudah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa kesehatan manusia lebih penting daripada olahraga apa pun. FIFA juga masih memonitor situasi yang berlangsung. Meski demikian, Infantino memaklumi jika ada pertandingan ditunda karena virus tersebut.

"Bila pertandingan harus ditunda atau dimainkan tanpa penonton sampai selesai, maka kita harus melakukannya," tutur dia.

Langkah sama diambil UEFA yang mempertimbangkan menunda gelaran Piala Eropa 2020. Hanya, UEFA masih menunggu perkembangan dari masing-masing negara Eropa. Bila situasi memburuk, Piala Eropa yang digelar di berbagai negara pada Juni sampai Juli bakal dibatalkan. 

Bila PT LIB masih menunggu perkembangan, namun pemerintah DKI Jakarta sudah menyetop sementara izin keramaian. Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan bakal berpengaruh pada laga Persija Jakarta melawan Persebaya. Laga besar Liga 1 itu dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu 7 Maret 2020. 

Bila tetap digelar, laga kemungkina besar tanpa penonton. Atau laga dipindahkan ke luar Kota Jakarta. 

Selain Persija melawan Persebaya, ada laga yang berdekatan dengan ibu kota, yaitu Persita Tangerang melawan PSM Makassar. Laga itu digelar di Utama Sport Center Kelapa Dua, Tangerang. []

Berita terkait
Persebaya Target Menang di Kandang Persija
Persebaya Surabaya gagal meraih tiga poin di laga perdana Shopee Liga 1 2020. Kini, Persebaya membidik laga tandang melawan Persija.
Persija Jakarta Patahkan Rekor Buruk Lawan Borneo FC
Persija Jakarta menaklukkan Bornoe FC 3-2 di laga perdana Liga 1 2020. Pemain debutan Osvaldo Haay dan Evan Dimas menyumbang gol di laga itu.
Persija Jakarta, Ini Harapan Pelatih pada Pemain
Pemain Persija Jakarta harus tetap serius meski tampil di laga persahabatan dan masih kelelahan. Ini yang diharapkan pelatih Sergio Farias.
0
Viral Tenaga Medis Covid Sumut Diduga Diusir Hotel
Tenaga medis RS GL Tobing Sumatera Utara diduga diusir dari hotel tempatnya menginap di Deli Serdang. Bagaimana tanggapan Gugus Tugas Covid-19?