UNTUK INDONESIA
Persija Jakarta, Ini Harapan Pelatih pada Pemain
Pemain Persija Jakarta harus tetap serius meski tampil di laga persahabatan dan masih kelelahan. Ini yang diharapkan pelatih Sergio Farias.
Persija Jakarta mengalahkan Geylang Internasional 3-1 di laga persahabatan sekaligus launching tim di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu, 23 Februari 2020. Tampak pemain Persija merayakan gol di laga itu. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Pemain Persija Jakarta harus tetap serius meski tampil di sebuah laga persahabatan melawan Geylang International di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 23 Februari 2020. Dalam kondisi kelelahan usai mengarungi Piala Gubernur Jatim 2020, pelatih Sergio Farias tetap ingin pemain bermain maksimal di laga yang dimenangkan Persija 3-1 itu. 

Pelatih Farias yang sudah malang-melintang menangani tim elite, termasuk tim nasional Brasil U-20, tentu menerapkan standar tinggi pada pemain. Apalagi, dirinya pernah sukses menangani raksasa Liga Korea Selatan, Pohang Steelers.

Saat pemain mengalami kelelahan, Farias tetap menegakkan disiplin. Mereka tetap harus menjalani pertandingan dengan serius. Tidak ada kata malas dalam kamus pelatih asal Brasil ini.

Ini merupakan pertandingan  terakhir untuk persiapan laga pembuka Liga 1. Saya menurunkan semua pemain. Meski mereka kelelahan, tetapi saya minta mereka tetap serius

"Stamina beberapa pemain mengalami penurunan karena mereka telah banyak bermain. Tetapi saya meminta pemain untuk tetap serius dan mencoba meraih kemenangan di laga ini," kata Farias seperti dikutip Antara

Farias menyadari pemain kelelahan karena mereka tampil di final Piala Gubernur Jatim pada Kamis, 20 Februari 2020. Di laga yang menguras energi itu, Persija kalah 4-1 dari Persebaya Surabaya. Usai final tersebut, pemain hanya memiliki waktu recovery yang singkat sebelum menghadapi Geylang. 

Pelatih memiliki alasan mengapa pemain harus tampil maksimal di laga persahabatan sekaligus menandai launching tim dan jersey. Dengan kompetisi Liga 1 2020 yang tinggal hitungan hari, laga uji coba itu menjadi persiapan terakhir Persija. Farias tak ingin tim masih menghadapi kendala saat melakoni laga perdana melawan Borneo FC, Minggu, 1 Maret 2020.       

"Ini merupakan pertandingan  terakhir untuk persiapan laga pembuka Liga 1. Saya menurunkan semua pemain. Meski mereka kelelahan, tetapi saya minta mereka tetap serius," ujarnya menegaskan. 

Sementara, pemain sayap Heri Susanto menuturkan bila kemenangan ini menunjukkan kesiapan tim mengarungi liga. Dirinya juga merasa puas bisa menyumbang gol di laga tersebut.

"Dengan permainan seperti ini, Persija sudah siap menghadapi liga," kata Heri. 

Persija Turunkan Tim Utama

Di laga itu, Farias langsung menurunkan tim utama. Persija pun menekan lawan dan mencetak gol saat laga baru berjalan lima menit. Gol Macan Kemayoran dihasilkan pemain anyar Osvaldo Haay.

Persija vs Geylang InternationalPersija Jakarta harus tampil serius meski kelelahan dan menghadapi laga persahabatan. Hal yang ditekankan pelatih Sergio Farias saat tim beruji coba melawan Geylang International di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 23 Februari 2020. Tampak pemain sayap Osvaldo Haay (tengah) dibayangi pemain Geylang di laga yang dimenangkan Persija 3-1 itu. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Gol tersebut berasal dari tendangan bebas Mark Klok yang diteruskan oleh eks pemain Persebaya ini. Sundulan Osvaldo mengarah ke sisi kiri gawang Geylang yang dikawal kiper Zainol Gulam.

Setelah gol itu, Persija kemudian dihadapkan dengan perlawanan ngotot dari tim Singapura tersebut. Meski demikian, tuan rumah sempat mendapat dua peluang melalui bek sayap Marco Motta. Hanya, eks pemain Juventus ini gagal memanfaatkannya. 

Demikian pula umpan dari Motta gagal dimaksimalkan Osvaldo. Skor 1-0 untuk Persija bertahan sampai akhir babak pertama. 

Persija akhirnya bisa menambah gol di menit 50. Gol dihasilkan striker andalan Marko Simic yang menyelesaikan umpan Osvaldo. 

Sedangkan Geylang memperkecil ketinggalannya setelah mencetak gol dari titik penalti di menit 69. Penalti diberikan setelah kiper Andritany Ardhiyasa melanggar Khairul Nizam di kotak terlarang. Eksekusi penalti dituntaskan oleh Panagiotis Linardos. Skor berubah menjadi 2-1. 

Setelah kemasukan gol, Persija kembali menaikkan tempo permainan. Pemain pengganti Heri Susanto kemudian merestorasi keunggulan tim ibu kota ini. Dia membobol gawang Geylang delapan menit sebelum laga berakhir. []

Berita terkait
Persija Kritik Pemain Persebaya dan Final Tak Adil
Pelatih Persija Jakarta Sergio Farias mengritik pemain Persebaya Mahmoud Eid dan laga final Piala Gubernur Jatim 2020 yang tidak fair.
Persija Diuntungkan di Final, Persebaya Target Juara
Persija Jakarta diuntungkan di final Piala Gubernur Jatim 2020. Namun Persebaya Surabaya siap bertarung habis-habisan untuk meraih trofi.
Final Piala Gubernur Jatim dan Kebangkitan Persija
Persija Jakarta menaklukkan Madura United 2-1 di semifinal Piala Gubernur Jatim 2020. Sukses itu jadikan Persija kian diperhitungkan di liga.
0
Masker Sitaan Polisi Dijual Rp 4.400 per Bungkus
Polisi menjual masker hasil sitaan tersangka penimbun dengan harga Rp 4.400 per bungkus.