Jadwal Final Sepak Bola Putra PON XX 2021, Papua vs Aceh

Pertandingan final di cabang sepak bola putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mempertemukan antara tuan rumah Papua vs Aceh.
Tim Sepakbola Papua Merayakan Gol Pertamanya Ke Gawang Tim Sumatra Utara pada Babak 6 Besar di Stadion Mandala Jayapura Papua. (Foto: Tagar/ponpapuafoto)

Jakarta – Pertandingan final di cabang sepak bola putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mempertemukan antara tuan rumah Papua vs Aceh.

Berdasarkan jadwal final sepak bola putra PON Papua 2021, duel antara tim tuan rumah Papua melawan Aceh akan berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, pada Kamis, 14 oktober 2021 sore WIB.

Sebelum melangkah ke final, tim sepak bola putra Papua berhasil menumbangkan tim sepak bola Kalimantan Timur (Kaltim) di semifinal yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura, hari Selasa, 12 Oktober 2021 lalu.

Pada pertandingan tersebut, Papua berhasil menang dengan skor telak 5-1 berkat gol dari Ricky Ricardo Cawor (2), I Nyoman Nikson Ansanay, M Arody Uopdana, dan Samuel Gideon Balinsa.

Adapun satu gol untuk Kaltim tercipta berkat gol bunuh diri bek tim Papua, yaitu Ari Wakum.

Sedangkan tim Aceh berhasil lolos ke final setelah berhasil mengalahkan tim tangguh, Jawa Timur (Jatim) dalam semifinal yang berlangsung di Stadion Barnabas Yaouwe, Kabupaten Jayapura, Selasa, 12 Oktober 2021 kemarin.

Aceh sukses mengalahkan Jatim dengan skor 2-1 berkat sepasang gol dari Akhirul Wadhan dan Muzakkir. Di sisi lain, satu gol balasan dicetak Jatim yang tercipta lewat aksi dari Dwiki Mardiyanto.

Pertemuan final antara Papua dan Aceh menjadi laga ulangan final sepak bola putra di PON Jakarta 1993. Kala itu Papua berhasil mencukur habis Aceh dengan skor 6-3.

Menjelang pertemuan pada final PON Papua 2021 nanti, Eduard Ivakdalam selaku pelatih tim tuan rumah menyoroti pertahanan Aceh. Menurut Eduard Ivakdalam, Aceh memiliki pertahanan yang lebih kuat dan kokoh dari pada Kaltim.

Di sisi lain, Aceh juga menunjukkan kesiapannya untuk melawan tim tuan rumah pada final sepak bola putra PON Papua 2021. Penyerang Aceh tersebut, Akhirul Wadhan, yang mewakili rekan-rekannya pun ingin membalas kekalahan pada final di PON Jakarta di tahun 1993.

Jadwal Final sepak bola Putra: Papua vs Aceh, Kamis, 14 Oktober 2021. Pukul 16.30 WIT.

(Alwin Widiyantoro)



Berita terkait
Jadwal Pertandingan PON XX Kamis, 14 Oktober 2021
PON XX Papua hampir usai namun beberapa pertandingan masih akan diselenggarakan hingga hari akhir perhelatan. Berikut jadwal pertandingan hari ini.
Sejarah Awal Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON)
Pekan Olahraga Nasional (PON) ajang olahraga terbesar di Indonesia yang diadakan setiap 4 tahun sekali, PON I di Solo pada 9 September 1948
Jabar Masih Memimpin, Ini Klasmen Sementara PON 13 Oktober
Jawa Barat (Jabar) masih memimpin di posisi pertama klasmen sementara perolehan medali PON XX Papua 2021 dengan total 293 medali.
0
Jadwal Final Sepak Bola Putra PON XX 2021, Papua vs Aceh
Pertandingan final di cabang sepak bola putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 mempertemukan antara tuan rumah Papua vs Aceh.