UNTUK INDONESIA

Jadi Juara Dunia MotoGP 2020, Joan Mir Mengaku Emosional

Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir mengaku begitu emosional saat merayakan kemenangannya sebagai juara dunia MotoGP 2020.
MotoGP Valencia 2020 berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada Minggu malam, 15 November 2020 waktu Indonesia. (Foto: Instagram/joanmir36official)

Jakarta - Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir sukses merebut gelar juara dunia MotoGP 2020, setelah berhasil finish di urutan ketujuh dalam seri MotoGP Valencia 2020. Pembalap berusia 23 tahun asal Mallorca itu mengaku begitu emosional saat merayakan kemenangannya.

Laman AFP melaporkan, Joan Mir mengunci titel kelas premier tahun ini, di tengah absennya juara bertahan Marc Marquez yang masih cedera, dengan finis peringkat tujuh di Grand Prix Valencia yang dimenangi oleh Franco Morbidelli.

Gelar pertamanya itu ia raih satu pekan setelah mengklaim kemenangan Grand Prix pertamanya di sirkuit yang sama di Valencia, Spanyol.

"Saya telah bertarung untuk ini selama hidup saya, saya tak bisa tertawa atau menangis tapi saya penuh dengan emosi," kata Joan Mir, dikutip Tagar pada Senin, 16 November 2020.

Gelaran MotoGP Valencia 2020 dihelat tanpa kehadiran penonton di sirkuit lantaran masih merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) sehingga tidak ada satu pun penggemar yang ikut merayakan kemenangan Joan Mir. Namun, keluarganya turut hadir di sana untuk selebrasi.

Kemenangan sebagai juara dunia merupakan titel MotoGP pertama yang dimenangi Joan Mir sejak tahun 2000 silam. Di tengah musim yang begitu kacau dan dibayangi krisis kesehatan global, kegigihan pembalap Suzuki itu membawanya sebagai penantang serius dan layak sebagai juara.

Joan MirJoan Mir berhasil finish di urutan ketujuh dalam seri MotoGP Valencia 2020. (Foto: Instagram/joanmir36official)

Kemenangan Mir tersebut menjadi model konsistensi lewat tiga kali finis runner-up dan tiga kali peringkat tiga sebelum satu kemenangan dari 13 balapan yang telah digelar.

Lahir di Palma, Mir mengendarai motor pertamanya di trek dekat rumahnya di usia enam tahun, di bawah pengawasan sang ayah. Beberapa tahun setelah itu, gelar juara dunia menghampirinya. "Ini adalah momen yang sangat indah dan saya sangat senang," kata dia.

Mir tiba di Grand Prix Valencia dengan keunggulan 37 poin dan itu berarti ia hanya perlu finis podium di balapan penultima itu untuk mengamankan titel, sedangkan finis peringkat empat cukup baginya jika Alex Rins maupun Fabio Quartararo tidak menang.

Quartararo menghancurkan peluang perebutan gelarnya ketika ia terjatuh di balapan hari itu. Pebalap berusia 21 tahun asal Prancis itu telah menang tiga balapan musim ini, meski dihantui penampilan tidak konsisten, dan sering dipandang sebagai penerus Marquez.

Namun pebalap tim Petronas Yamaha itu sudah terlebih dahulu goyah setelah hasil mengecewakan akhir pekan lalu dan keberuntungannya tidak membaik di balapan Minggu, 15 November 2020 tadi. []

Berita terkait
Progres Terkini Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika NTB
Pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah (Loteng) Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia terus digenjot.
Deretan Fakta Pebalap MotoGP Valentino Rossi Positif Covid19
Akun resmi MotoGP mengumumkan pebalap senior Valentino Rossi positif tertular virus corona (Covid-19), Kamis, 15 Oktober 2020 malam.
Ini Alasan Mengapa Kawasaki Tidak Ikut dalam Balap MotoGP
Sebenarnya Kawasaki sempat turun dalam ajang balap MotoGP sejak 2003, namun memutuskan mundur dari kompetisi balap ini pada musim 2008/2009.
0
Jadi Juara Dunia MotoGP 2020, Joan Mir Mengaku Emosional
Pebalap tim Suzuki Ecstar Joan Mir mengaku begitu emosional saat merayakan kemenangannya sebagai juara dunia MotoGP 2020.