UNTUK INDONESIA
Istana Jelaskan Gubernur Kepri Isdianto Kena Corona
Pihak Istana angkat suara mengenai Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto positif terinfeksi Covid-19 usai dilantik Presiden Jokowi.
Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto. (Foto: Wikipedia)

Jakarta - Pihak Istana angkat suara mengenai Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang diketahui positif terinfeksi Covid-19 usai dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan pelantikan Gubernur Kepulauan Riau yang digelar pada 27 Juli 2020 lalu telah melalui sejumlah protokol kesehatan secara ketat.

Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keppres (Keputusan Presiden) tetapi sudah disiapkan di satu meja.

Heru menjelaskan, pihaknya telah melakukan uji swab terlebih dahulu kepada kepala daerah yang akan dilantik, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan di Istana Negara. Dalam hal ini, menurutnya Gubernur Kepulauan Riau Isdianto telah melalui tahapan itu semua.

Baca juga: Isdianto Resmi Jabat Gubernur Kepulauan Riau

"Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, yaitu Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta," kata Heru dalam keterangan tertulis melalui Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Lebih lanjut ia memastikan, selama prosesi pelantikan berlangsung, pihak Sekretariat Presiden juga meminimalkan kontak langsung antara Presiden Jokowi dengan Gubernur Kepulauan Riau yang saat itu akan dilantik.

"Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keppres (Keputusan Presiden) tetapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepulauan Riau, dan Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu," ujar Heru.

"Artinya, kami sudah melaksanakan dan menjaga kondisi-kondisi protokol kesehatan dengan ketat," ucapnya menambahkan.

Baca juga: Kepulauan Riau Ada di Peringkat 10 Kasus HIV/AIDS

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan 2016-2021. Pelantikan tersebut berlangsung Senin sore, 27 Juli 2020 di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Isdianto dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan Hormat Wakil Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021.

Petikan surat keputusan tersebut diserahkan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, kemudian menjalani prosesi kirab menuju Istana Negara dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. []

Berita terkait
Basarnas Telusuri Kepulauan Riau Cari Korban Tabrakan Kapal
Basarnas Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menelusuri perairan di Selat Malaka untuk mencari lima korban dalam peristiwa tabrakan tanker.
Jokowi dan Suksesi Idham Azis Diisi Polisi Bintang Dua
IPW: Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal memilih calon Kepala Kepolisian RI (Kapolri) suksesor Jenderal Idham Azis dengan polisi bintang dua.
Prestasi Polri atas Djoko Tjandra, Bukti Jokowi Tegas
GAMKI menilai keberhasilan Polri atas Djoko Tjandra adalah bukti dari ketegaran Presiden Joko Widodo terhadap kasus hak tagih (cessie) Bank Bali.
0
Istana Jelaskan Gubernur Kepri Isdianto Kena Corona
Pihak Istana angkat suara mengenai Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto positif terinfeksi Covid-19 usai dilantik Presiden Jokowi.