Interaksi dengan Wagub DKI, Anies Baswedan Terserang Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui dirinya kerap berinteraksi jarak dekat dengan Wagub DKI Ahmad Riza yang lebih dulu terserang corona.
Gubernur DKI Jakarta tetap dikritik PSI dan PDIP, meski Ibu Kota dengan Transjakarta baru diganjar penghargaan. (foto: katadata).

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui dirinya kerap berinteraksi jarak dekat dengan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang lebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat, 27 November 2020.

Sementara kita ada interaksi yang cukup dekat.

Anies bilang, saat melakukan tes usap (swab) pada Rabu, 25 November 2020, kondisinya belum terserang Covid-19. Namun, hasil tes terkini yang keluar pada Selasa dini hari, 1 Desember 2020, menunjukkan dirinya positif terjangkit virus corona jenis baru itu.

"Tapi setelah mendengar kabar bahwa Pak Wagub positif, sementara kita ada interaksi yang cukup dekat, maka sesuai dengan protokol kesehatan, saya kembali melakukan tes swab antigen pada hari Minggu, 29 November 2020 dengan hasil negatif," kata dia dalam kanal YouTube Anies Baswedan dilihat Tagar, 1 Desember 2020. 

Baca juga: Gubernur DKI Anies Baswedan Umumkan Positif Terjangkit Corona

Hanya berselang sehari, tepatnya pada Senin, 30 November 2020, Anies kembali menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen di hari sebelumnya. 

"Dan ternyata malamnya, dini hari saya mendapatkan kabar kalau hasilnya positif. Hasil tes PCR menyatakan bahwa saya positif Covid-19," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berujar, sepengetahuannya, Wagub DKI tertular corona dari klaster keluarga.

"Seperti telah diketahui, Bapak Wagub beberapa hari yang lalu beliau terdeteksi positif dan teridentifikasi tertular dari staf pribadi yang tertular melalui klaster keluarga," ujar dia lagi.

Namun demikian, saat ini Anies merasa dalam kondisi sehat dan akan melakukan isolasi mandiri, serta tetap memimpin rapat kerja secara virtual.

Baca juga: Terinfeksi Corona, Wagub DKI Ahmad Riza Titip Pesan ke Warga

Pemilihan Wagub JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) memberi salam usai pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin, 6 Maret 2020. Pada pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 oleh DPRD DKI Jakarta, politisi Gerindra Ahmad Riza Patria memperoleh 81 suara sedangkan politisi PKS Nurmansyah memperoleh 17 suara sedangkan dua suara tidak sah. (Foto: Antara/Deka Wira S)

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan dirinya positif terinfeksi virus corona jenis baru (Covid-19). Kendati demikian, Ariza mengaku kondisinya baik-baik saja.

"Alhamdulillah, meskipun hasil testing pada Jumat, 27 November kemarin menunjukkan positif Covid-19 namun kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali. Baik staf dan seluruh anggota keluarga saya juga sudah menjalani tes usap," kata Ariza dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 29 November 2020.

Politisi Gerindra itu memilih melakukan isolasi mandiri sesuai prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, di sisi bersamaan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan.

Diketahui, Ariza sebelumnya melakukan dua kali tes usap (PCR test), yaitu pada Kamis, 26 November 2020 dengan hasil negatif, kemudian dilanjutkan tes yang sama pada Jumat, 27 November 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan hasil dari 'contact tracing' Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ariza terkonfirmasi positif corona karena tertular dari staf pribadinya yang tertular dari klaster keluarga.

"Jadi, temuan positif Covid-19 ini adalah dari lingkungan pekerjaan, di mana ada staf saya yang tertular dari klaster keluarganya. Ini tentu menjadi perhatian kita semua untuk lebih menjaga kedisiplinan protokol kesehatan hingga di dalam keluarga sekalipun," ucap Wagub DKI Ahmad Riza Patria. [] (Magang/Victor Johanes).

Berita terkait
Rizieq Shihab Kabur dari RS, PSI: Keahlian Anies Adalah Lepas Tangan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disoroti politisi PSI Mohamad Guntur Romli karena lepas tangan terkait persoalan swab tes Rizieq Shihab.
Wagub DKI Terinfeksi Corona, Gedung B Balai Kota Lockdown
Setelah Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terinfeksi virus corona (Covid-19), Gedung B Balai Kota lockdown sementara.
How Democracies Die, Presiden Pembunuh Demokrasi atau Anies?
How Democracies Die yang dibaca Gubernur Anies Baswedan mengungkap demokrasi mati secara perlahan di tangan pejabat terpilih atau bahkan presiden.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah