Inilah Ragam Faktor Penyebab Bisnis Gagal

Supaya tidak terulang kembali kegagalan dalam berbisnis, anda patut mengenali apa saja faktor utama penyebabnya.
Faktor Kegagalan Bisnis (Foto: Tagar/Freepik/Rawpixelcom)

Jakarta – Ketika bisnis yang gagal bukanlah kesalahan anda, namun dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang menyebabkan bisnis gagal dapat dijadikan pembelajaran dikemudian hari, agar bisnis yang anda dirikan selanjutnya lebih kuat dan tidak tertandingi.

Supaya tidak terulang kembali kegagalan dalam berbisnis, anda patut mengenali apa saja faktor utama penyebabnya. Berikut ini faktor umum penyebab bisnis gagal, diantaranya.


1. Tidak Menguasai Dunia Wirausaha

Faktor yang menggagalkan bisnis kecil ini tak cuma berlaku bagi kalian pemilik usaha tapi juga kualitas karyawan yang bekerja untuk kemajuan bisnis kalian. Tapi ada baiknya kalau pemilik dan karyawan mengetahui pengetahuan dalam wirausaha.

Percuma saja kalau karyawan lebih paham soal usaha dibandingkan anda sebagai pemilik usah. Tentu ini bisa saja karyawan akan membohongi anda, kalau anda paham dunia wirausaha, kesuksesan pasti menghampiri. 

Namun bagaimana cara memperdalam ilmu wirausaha? Anda bisa mengikuti kelas entrepreneur, seminar wirausaha, rajin membaca buku, stalking media sosial mentor dan ikut gabung dalam komunitas bisnis.


2. Modal Usaha Minim

Alasan ini sangat umum terjadi yang menjadi penyebab kegagalan bisnsi. Memang tidak mungkin melanjutkan usaha yang sedang pailit tanpa ada modal yang cukup. Sementara mendapat modal untuk pengembangan usaha juga tak mudah kalian lakukan. 

Ketika ingin melakukan pinjaman uang, proses yang berbelit-belit menghambat peluang bisnis karena anda fokus pada hal lain. Membangun binis kecil sekali pun rasanya berat jika hanya bergantung pada modal sendiri. 

Namun, jika kreatif memanfaatkan momen dan kekurangan, anda bisa sedikit menambal kenyataan pahit tak ada modal usaha itu dari membuat menu baru dengan bahan terbatas.


3. Manajemen Keuangan Buruk

Sering kali dalam mengelola keuangan bisnis hanya modal ingatan saja bukan data. Sedangkan dalam keuangan pencatatan itu sangat penting, untuk mengetahui keadaan bisnis anda apakah untung apa sedang merugi. 

Bisa jadi kegagalan mengembangkan bisnis karena tidak bisa membedakan uang hasil usaha dan mana uang pribadi. Sangat penting memperbaiki tata kelola keuangan bisnis anda, mulai dari memishkan harta, perencanaan anggaran, pencatatan arus kas, hingga perhitungan untung rugi.


4. Minim Inovasi

Kalau bisnis bidang kuliner, konsumen pasti merasa bosa kalau menu yang ditampilkan hanya itu-itu saja tidak ada hal yang baru. Maka jangan heran kalau konsumen satu per satu pindah ke tempat lain yang menyajikan banyak varian untuk mencoba rasa baru. 

Anda juga bisa melakukan inovasi dengan tanpa modal, syaratnya anda harus cermat sebelum melakukannya dan tambahkan ide kreatif. Jangan sampai hanya karena kurang inovatif dalam mengembangkan usaha, menjadi faktor yang menggagalkan bisnis anda.


5. Takut Ambil Resiko

Jika anda lebih takut dengan risiko, anda tidak akan pernah jadi pebisnis yang sukses. Keluarlah dari zona nyaman, terlalu lama berdiam diri dan takut mencoba hal baru itu tandanya belum siap jadi pebisnis handal. Seorang pebisnis harus bisa inisiatif sendiri, bukan bergerak kalau ada perintah.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Agar Rambut Jadi Lebih Tebal
Kita bisa mendapatkan rambut yang tebal dengan bahan-bahan yang tepat, serta pola makan yang sehat.
Tips Hidup Produktif, Cara Ampuh Membasmi Kaum Rebahan
Saat ini, hidup produktif dapat dimulai dari rumah. Kalau hanya rebahan saja, kehidupan produktif tidak bisa diraih.
4 Tips Memilih Asuransi Bagi Pemula dari Felicia Putri Tjiasaka
Banyak orang yang sudah bekerja keras dan menabung namun tidak memiliki asuransi, tidak ada antisipasi hal tak terduga, seperti penyakit kritis.
0
Inilah Ragam Faktor Penyebab Bisnis Gagal
Supaya tidak terulang kembali kegagalan dalam berbisnis, anda patut mengenali apa saja faktor utama penyebabnya.