Indonesia
Ini Profil Dua Calon Kuat Ketua DPRD Jabar
Rekam jejak karir dari politikus yang digadang-gadang akan menjadi calon kuat Ketua DPRD Jabar
Abdul Haris Bobihoe dan TNI (Purn) Taufik Hidayat. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Dua elit DPD Partai Gerindra, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat dan Abdul Haris Bobihoe digadang-gadang akan menjadi calon Ketua DPRD Jawa Barat (Jabar).

Pertimbangan keduanya, lantaran posisi strategis di struktur DPD Partai Gerindra Jabar. Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jabar. Sedangkan Abdul Haris Bobihoe, menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Gerindra Jabar dan sekaligus Wakil Ketua DPRD Jabar periode 2014-2019.

Lantas bagaimana rekam jejak karir dari politikus yang digadang-gadang akan menjadi calon kuat Ketua DPRD Jabar ini?

1. Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat

Sosok ini lahir di Cirebon. Dia merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI-AD yang sebelumnya menjabat Staf Khusus Panglima TNI (2015).

Taufik merupakan lulusan Akabri 1983. Dikenal sangat berpengalaman dalam bidang infanteri. Penyuka wayang ini sebelum dari jenderal bintang satu adalah Kabinda Sultra (2012).

Meskipun lahir di Cirebon, Taufik saat ini tinggal di Jakarta Selatan dan aktif berpolitik di Partai Gerindra sebagai wadahnya. Taufik menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jabar sejak 2018 menggantikan Mulyadi yang saat itu dicopot oleh Prabowo Subianto.

Taufik merupakan orang dekat Prabowo Subianto. Dia mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Jabar dari Dapil 11 yaitu, Kota Subang, Sumedang dan Majalengka.

Taufik bernomor urut 2 bertarung di Dapil 11 bersama rekannya Heri Ukasah dan berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jabar, Taufik diprediksi lolos dengan perolehan suara yaitu, Kota Subang memperoleh suara 15.587, Sumedang 16.000 dan Majalengka 14.930.

2. Abdul Haris Bobihoe

Abdul Haris Bobihoe atau yang akrab disapa Bang Haris merupakan politisi senior kelahiran Gorontalo 18 September 1963. Suami dari Wuri Handayani ini bertempat tinggal di Jalan Ekport Blok G Nomor 6, RT 04/RW 10, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Abdul sedang menempuh pendidikan S3 Ilmu Administrasi di Universitas Padjajaran. Berkat kepiawaiannya di bidang administrasi ini, dia dipercaya untuk menempati posisi Sekretaris DPD Partai Gerindra sampai saat ini.

Politisi senior ini salah satu sosok yang ikut terlibat lahirnya Partai Gerindra. Sehingga, dia pernah dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra.

Kini Abdul menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jabar periode 2014-2019, dan di 2019 ini dia kembali mencalonkan diri di DPRD provinsi Dapil 6 antara lain, Kota Bekasi dan Depok. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Pelapor Ustaz Abdul Somad Dilaporkan Balik ke Polisi
Sudiarto diduga telah mencemarkan nama baik Ustaz Abdul Somad karena menyebarkan surat laporan di media sosial. Sebab itu ia dilaporkan.