UNTUK INDONESIA
Ini Penyebab Kebakaran Kantor Kecamatan Tarub Tegal
Polisi tidak menemukan indikasi kesengajaan di kebakaran Kantor Kecamatan Tarub, Tegal. Api diduga dari korsleting colokan dan kabel yang serabut.
Tim Labfor Polda Jawa Tengah dan Identifikasi Polres Tegal melakukan olah TKP di bangunan Kantor Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal yang terbakar, Kamis 14 November 2019. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - Polres Tegal turun untuk menyelidiki penyebab kebakaran Kantor Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah (Jateng). Hasil sementara mengindikasikan api muncul dari steker atau colokan listrik yang mengalami korsleting.

"Sumber api dari steker atau colokan. Arus listriknya dari situ. Kabel yang digunakan juga serabut sehingga mudah terjadi korsleting," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal AKP Gunawan Wibisono, Kamis 14 November 2019.

Penyelidikan Polres Tegal dilakukan bersama petugas Laboratorium Forensik Polda Jateng. Tim gabungan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mengetahui asal muasal api. Petugas tampak memeriksa sejumlah ruangan yang terbakar dan puing-puing yang tersisa.

"Kami lakukan olah TKP dengan Labfor Polda. Hasil penyelidikan sementara, tidak ditemukan unsur kesengajaan dalam kebakaran ini. Itu hasil sementara yang kami dapatkan," kata dia. 

Menurutnya, sumber api berasal dari steker yang ada di salah satu ruangan. Api dengan cepat membesar dan merembet ke sejumlah ruangan lain karena keberadaan tumpukan kertas dan barang-barang lain yang mudah terbakar. 

Hasil penyelidikan sementara, tidak ditemukan unsur kesengajaan dalam kebakaran ini.

‎Gunawan menambahkan penyebab pasti kebakaran masih menunggu hasil penyelidikan selesai dan uji laboratorium. "Beberapa potongan kabel kami bawa ke laboratorium forensik. Sementara hasil penyelidikan kebakaran murni karena korsleting," tutur dia.

Camat Tarub Wuryanto mengungkapkan, kerusakan bangunan dan isinya akibat kebakaran mencapai 85 persen. "Utamanya ruang Paten atau pelayanan administrasi terpadu kecamatan untuk pelayanan perekaman e-KTP," jelasnya. 

Selain ruang Paten, Wuryanto menyebut ruangan yang ludes terbakar di antaranya ruang camat, ruang sekretariat, ruang sekretaris camat, ruang kepala seksi, ruang pelayanan pendaftaran akta tanah, ruang PKK, ruang tenaga kesejahteraan sosial program keluarga harapan dan ruang gamelan.‎

"Pertama dari ruang Paten kemudian merembet ke ruangan-ruangan lain. Penyebab jelas korsleting," ucap Wuryanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kantor Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah terbakar, Rabu malam, 13 November 2019. Kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. 

Keterangan sejumlah saksi mata menyebut api berasal dari ruang Paten di bangunan sebelah utara. Kemudian dengan cepet membesar dan merembet ke ruangan lain. []

Baca juga:

Berita terkait
‎Tolak Retribusi Naik, Pedagang di Tegal Stop Jualan
Mereka memilih menggelar demo menolak kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menaikan retribusi sewa kios.
Dua Pelajar SMP di Tegal Curi Motor untuk Beli Miras
Pelajar SMP di Kabupaten Tegal ditangkap polisi karena mencuri kendaraan bermotor, uang hasil dari jual barang curian dipakai untuk membeli Miras.
Siswa SMP Tegal Buat Sunblock dari Eceng Gondok
Karya siswa yang dinamai NadhiMa, terinspirasi nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.
0
Pertalite Bikin Kendaraan Bermotor Terus Terawat
Pemilik kendaraan bermotor disarankan memakai BBM pertalite atau pertamax agar mesin tetap terjaga.