UNTUK INDONESIA
Ini Calon PKS di Pilkada Sumut, Akhyar-Salman di Medan
DPP PKS mengumumkan nama bakal pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Indonesia, termasuk di Sumut.
Tangkapan layar suasana pengumuman kandidat dari PKS untuk Pilkada serentak 2020. (Foto: Tagar/Ist).

Medan - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan nama bakal pasangan calon yang diusung dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Indonesia, termasuk di Sumut.

Untuk Pilkada Kota Medan yang dijadwalkan pada 9 Desember 2020 mendatang, PKS dipastikan mengusung bakal pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Kepastian ini didapat setelah Tim Pemenangan Pilkada DPP PKS mengumumkannya, Sabtu, 29 Agustus 2020, secara virtual melalui live streaming YouTube PKS TV.

"Kota Medan, Sumut, Akhyar Nasution bersama Salman Alfarisi," ujar anggota TPP DPP PKS, Laode Rahmat.

Rekomendasi dari PKS ini memastikan Akhyar-Salman bisa mengikuti kontestasi Pilkada Medan 2020, menghadapi Bobby Nasution - Aulia Rachman yang diusung koalisi besar, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, dan diperkirakan menyusul PPP, PAN, Nasdem dan Hanura.

Sebelumnya, Partai Demokrat melalui Ketua DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah terlebih dahulu memberikan rekomendasi kepada Akhyar-Salman, lewat pengurus Partai Demokrat Sumut di Jakarta.

PKS di DPRD Medan memiliki tujuh kursi dan Partai Demokrat menduduki empat kursi. Koalisi dua parpol ini memungkinkan mengusung satu pasangan calon, yakni sebanyak 11 kursi. Anggota DPRD Medan hasil Pemilihan Legislatif 2019 sebanyak 50 kursi.

Pasal 40 Ayat (1) UU No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota atau UU Pilkada menyebut syarat ambang batas pencalonan kepala daerah, sedikitnya 20 persen jumlah kursi DPRD atau 25 persen akumulasi suara sah pemilihan anggota DPRD.

Selain Kota Medan, TPP DPP PKS juga mengumumkan beberapa bakal pasangan calon di Sumut, antara lain:

-Kabupaten Serdang Bedagai: Soekirman-Muhammad Tengku Riyan Novandi.

-Kabupaten Labuhanbatu Utara: Ahmad Rizal Munthe-Aripay Tambunan

-Kota Tanjung Balai: Muhammad Syahrial-Waris Tholib.

-Kota Sibolga: Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing.

-Kabupaten Nias: Kristian Zebua-Anofuli Lase.

-Kota Binjai: Rahmat Sori Alam Harahap-Usman Jafar.

-Kabupaten Simalungun: Radiapoh Hasiholan Sinaga-Zony Waldi.

-Kabupaten Labuhanbatu Selatan: Hasnah Harahap-Kholil Jupri Harahap.

-Kabupaten Labuhanbatu: Erick Atrada Ritonga-Ellya Rossa Siregar.

-Kabupaten Mandailing Natal: Jakfar Nasution-Atika Azmi. []

Berita terkait
17 Usungan PKS di Jatim Terikat Pakta Integritas
PKS telah resmi mengeluarkan rekomendasi untuk 17 pasangan calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak 2020 di Jawa Timur.
PKS Resmi Usung Sutinah-Ado di Pilkada Mamuju Sulbar
PKS resmi mengusung pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Sutinah-Ado di Pilkada Mamuju.
PKS: Jangan Hukum Siaran Internet dengan UU Penyiaran
Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR, Sukamta mendukung langkah pemerintah melalui Kominfo menolak permohonan RCTI dan iNews.
0
Kekerasan Seksual Terhadap Lansia di Panti Jompo Australia
Diperkirakan setiap minggu terjadi 50 kali serangan seksual terhadap lansia (orang lanjut usia) di panti-panti jompo di wilayah Australia