Ingin Pasang AC? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Hampir di setiap rumah kini memiliki AC dan bahkan dipasangkan pada setiap sisi ruangan yang ada di rumah tersebut. Perhatikan hal ini.
Ilustrasi - Berbagai kompresor AC. (Foto: Tagar/Unsplash/@chromatograph)

Jakarta – Air conditioner (AC) menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi kebanyakan orang saat ini. Bagaimana tidak, hampir di setiap rumah kini memiliki AC dan bahkan dipasangkan pada setiap sisi ruangan yang ada di rumah tersebut.

Namun, perlu kalian ketahui jika dibalik manfaat AC ada hal yang harus kalian pertimbangkan sebelum memasang alat ini di rumah. Berikut beberapa pertimbangan yang harus kalian pikirkan sebelum memasang AC di rumah.


1. Sesuaikan kebutuhan

Hal yang pertama harus menjadi pertimbangan kalian adalah kebutuhan kalian yang dilihat dari kegiatan kalian dan luas ruangan yang akan dipasangkan AC. AC sendiri mempunyai berbagai jenis ukuran yang dibedakan dengan nama PK (Paard Kracht) dan memiliki berbagai tingkatan mulai dari ½ PK hingga 2 ½ PK.

Kalian harus mengetahui kebutuhan supaya uang yang kalian keluarkan tidak terlalu mahal dan perlu diingat tingkatan PK juga mempengaruhi konsumsi listrik. Sebagai contoh jika ruangan kalian berukuran 5m X 5m X 4m kalian sangat cukup memasangkan Ac yang berukuran ½ PK.


2. Jenis AC

AC sendiri memiliki berbagai jenis yang bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan anda diantaranya AC standard, Inverter, Split, Central dan Standing floor. Meskipun sama-sama bisa mendinginkan ruangan namun beberapa AC di khususkan untuk digunakan dalam kondisi tertentu.

Seperti contoh jika kalian hanya ingin memasangnya di satu ruangan kalian bisa memilih AC standart atau Inverter. Namun jika membutuhkan beberapa AC kalian bisa memilih AC split dan jika ruangannya sangat banyak kalian bisa memilih AC central.


3. Kapasitas listrik

Selain memilih jenis Ac sesuai kebutuhan, kalian juga harus menyesuaikan kondisi listrik rumah kalian dengan Ac yang akan kalian pasang. Umumnya petunjuk penggunaan daya Ac tertera pada box produk atau ditempel pada body AC.

Hal ini juga berlaku untuk AC inverter sekalipun karena meskipun sudah dibekali fitur hemat daya, AC tetaplah AC yang membutuhkan konsumsi listrik cukup besar. Jika kalian ingin memesan AC listrik yang dibutuhkan disarankan minimal 1300 watt untuk penggunaan rumah tangga.


4. Fitur AC

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini AC juga menawarkan berbagai jenis fitur di setiap unitnya. Kalian harus mempertimbangkan apakah kalian memerlukan fitur yang bersangkutan atau tidak karena akan mempengaruhi listrik serta harga produk.

Setiap fitur yang ditawarkan oleh produsen AC sangatlah beragam dan juga kompleks sehingga membuat pengguna bingung dalam memilihnya. Sebaiknya kalian meminta saran kepada ahlinya bagaimana cara kerja fitur ini dan apakah berguna atau tidak.


5. Merk AC

Saat ini banyak sekali produsen elektronik yang mengeluarkan AC dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Kalian sebaiknya mempertimbangkan berbagai merek yang sudah masuk kedalam kriteria pembelian kalian lalu membandingkan satu sama lain.

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah kualitas produk terkait karena pasti kalian tidak ingin mengeluarkan uang lebih untuk biaya service atau bongkar pasang jika terjadi kendala. 

Oleh karena itu, kalian bisa bertanya kepada rekan atau ahlinya merek AC apa yang paling sedikit dikeluhkan dan keluhannya berkaitan dengan apa.

(Dimas Rafika)


Berita terkait
Coldplay Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Tur Konser Dunia 2022
Teknologi canggih seperti lantai tenaga surya dan kinetik akan dipasang di seluruh area konser.
Mengenal AIoT, Teknologi Masa Depan yang Bisa Kamu Rasakan
Artificial Intelligence Of Things (AIoT) merupakan suatu perkembangan besar dan digadang-gadang menjadi suatu teknologi yang akan maju.
Pangkas Risiko Kecelakaan, Honda Perkenalkan Teknologi Artificial Intelligence
Sat ini fokus Honda Motor Co Ltd untuk mengembangkan teknologi Artificial Intellegence untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.
0
Ingin Pasang AC? Pertimbangkan Beberapa Hal Ini
Hampir di setiap rumah kini memiliki AC dan bahkan dipasangkan pada setiap sisi ruangan yang ada di rumah tersebut. Perhatikan hal ini.