Ingin Keuangan Lebih Efesien? Ikuti 4 Cara Ini

Lebih baik menetapkan hanya satu atau dua tujuan pada waktu yang bersamaan sehingga kamu bisa sepenuhnya fokus.
Ilustrasi foto uang (Foto: Tagar/Pexels/Karolina Grabowska)

Jakarta - Terkadang tidak ada yang mudah tentang uang. Semakin bertambah usia, Semakin bertambah juga kewajiban yang dimiliki. Jika berpikir tentang keuangan bisa membuatmu stress dan putus asa, sudah waktunya untuk menyederhanakan.

Sementara menyederhanakan keuangan pribadi, kamu dapat mengambil waktu dalam jangka pendek. Hal ini bisa berakhir dengan menghemat waktu, usaha, dan uangmu dalam jangka panjang.

Berikut adalah tujuh langkah sederhana yang bisa membantumu mengelola uang lebih efektif dan efesien.


Otomatis Tagihan

Salah satu cara termudah untuk keuangan yang lebih sederhana adalah dengan mengatur pembayaran otomatis bila memungkinkan.

Menempatkan semua tagihanmu, termasuk kartu kredit, asuransi, pinjaman, atau uang sewa dengan autopilot dapat menghemat waktu yang signifikan. Kamu tidak perlu khawatir tentang pembayaran yang terlambat.

Jika tidak ada yang menawarkan program pembayaran otomatis, kamu bisa mengatur pembayaran berulang melalui bank dengan memasukkan rekening giro atau menggunakan aplikasi seluler bank.


Going Paperless

Salah satu penyebab sakit kepala terkait keuangan pribadi adalah dokumen. Melacak banya dokumen, seperti tanda terima, laporan investasi, laporan bank, pengembalian pajak bisa memakan waktu banyak.

Teknologi sudah semakin maju. Sekarang sudah tersedia memiliki akses soft file dokumen. Bahkan kamu bisa menyimpan dokumenmu dalam satu tempat, seperti komputer atau laptop. Kamu juga bisa mengarsipkan secara digital informasi dan file penting di komputer.


Melunasi Utang

Salah satu cara paling efektif mengurangi stress keuangan adalah menyingkirkan utang yang berbunga tinggi. Melunasi satu kredit atau pinjaman yang cukup besar tidak hanya dapat mengurangi kekhawatiran, tetapi juga mengamankan keuangan.


Fokus pada Lebih Sedikit Tujuan

Banyak dari kita mempunyai rencana untuk membeli rumah, pendidikan anak-anak, dan menabung untuk pensiun. Jika menempatkan banyak tujuan dalam satu waktu, kamu bisa kehilangan fokus dan tidak membuat tujuanmu maju. 

Lebih baik menetapkan hanya satu atau dua tujuan pada waktu yang bersamaan sehingga kamu bisa sepenuhnya fokus.

Idealnya, seseorang harus menabung untuk pensiun. Karena semakin awal mulai menabung, semakin mudah mencapai tujuan. Tujuan lainnya, mungkin melunasi utang kartu kredit atau biaya pendidikan anak, atau menabung untuk membeli rumah.

Dengan berfokus pada satu atau dua tujuan, kamu bisa membuat kemajuan nyata. Setelah beerhasil mencapai tujuanmu, kamu bisa menetapkan dan mencapai tujuan lainnya.[]


(Retno Ayuningrum)

Berita terkait
Masih Dibayangi Pandemi, Inilah Peluang Investasi di Akhir Tahun
Pada tahun 2022 aktivitas ekonomi diperkirakan akan lebih baik seiring dengan membaiknya kondisi pandemi,
Mengenal Dogecoin, Uang Kripto Fenomenal yang Berawal dari Lelucon
Sebelum berinvestasi di Dogecoin atau cryptocurrency lainnya, penting bagi Anda untuk memahami sepenuhnya tentang apa yang akan Anda investasikan.
Jangan Sepelekan, Inilah Manfaat Mengumpulkan Uang Receh
Tapi tahukah anda ada banyak manfaat dari mengumpulkan uang receh. Seperti dalam peribahasa, sedikit-sedikit lama lama menjadi bukit.
0
Ingin Keuangan Lebih Efesien? Ikuti 4 Cara Ini
Lebih baik menetapkan hanya satu atau dua tujuan pada waktu yang bersamaan sehingga kamu bisa sepenuhnya fokus.