Ingin Awet Muda? Lakukan 5 Kebiasaan Berikut

Ada beberapa kebiasaan atau gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan untuk membuat awet muda dan menghambat penuaan dini meski usia sudah senja
Ilustrasi - Tetap awet muda pada usia yang sudah senja. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Penuaan terjadi seiring bertambahnya usia Anda, namun, hal ini dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan atau rutinitas yang bisa membuat awet muda dan menghambat penuaan.

Kebiasaan-kebiasaan ini merupakan aktivitas yang berkaitan dengan gaya hidup sehat. Anda bisa mulai melakukannya secara rutin agar tampak lebih muda dan segar.

Berikut lima kebiasaan bikin awet muda yang dirangkum Tagar dari sejumlah sumber.


1. Kebiasaan minum air putih

Kebiasaan minum air putih mungkin sudah sering Anda lakukan, pasalnya minum air yang cukup setiap hari dapat membantu membuat kulit lebih segar dan memperlambat penuaan. Kurang minum air putih juga dapat memicu peradangan yang mempercepat penuaan.

Setiap orang dewasa direkomendasikan minum air putih 2 liter setiap hari. Hindari pula mengonsumsi air dengan gula tambahan dan minuman bersoda karena bisa mempercepat penuaan.


2. Olahraga teratur

Kegiatan yang satu ini sukar dilakukan kebanyakan orang, yaitu olahraga. Namun, olahraga yang teratur terbukti membantu awet muda. Penelitian dari McMaster University menunjukkan orang yang berusia 40 tahun dan rajin berolahraga memiliki kulit yang mirip dengan orang yang berusia 20 tahun.

Olahraga menciptakan hormon dan zat yang dapat membantu memperlambat penuaan pada kulit. Olahraga juga membantu meredakan stres, salah satu faktor utama penuaan.

Setiap orang direkomendasikan untuk berolahraga rutin 150 menit setiap minggu atau sekitar 30 menit, 5 kali dalam seminggu.


3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup setiap hari juga dapat menghambat penuaan, saat tidur, tubuh meregenerasi sel dengan sel-sel baru.

Kurang tidur juga dikaitkan dengan peradangan sel di berbagai organ sehingga menyebabkan penuaan lebih cepat terjadi. Setiap orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap hari secara teratur.


4. Nutrisi yang sehat dan seimbang

Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang juga akan membuat Anda awet muda. Berbagai studi menunjukkan konsumsi buah dan sayuran dapat membuat kulit lebih halus.

Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan kerusakan sel.

Selain nutrisi yang sehat, hindari pula mengonsumsi makanan olahan serta makanan tinggi gula, garam, dan lemak karena dapat mempercepat penuaan.


5. Mengelola stres

Mengelola stres merupakan salah satu kebiasaan yang dapat membuat awet muda. Stres dapat meningkatkan hormon peradangan sehingga merusak sel tubuh dan mempercepat penuaan.

Kelola stres dengan baik agar tetap awet muda, setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengelola stres. Kelola stres dengan cara yang Anda sukai, misalnya berkumpul atau bercerita dengan orang yang disayangi, melakukan hobi, dan berlibur.

Nah, itulah lima kebiasaan yang harus Anda lakukan jika ingin awet muda pada usia yang sudah senja. []

Berita terkait
Tips Kulit Wajah Glowing dan Awet Muda dengan Acai Berry
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 3 manfaat buah acai berry bagi kesehatan kulit wajah.
Lada Katongkon Cabai Toraja yang Bisa Bikin Awet Muda
Lada Katokkon adalah cabai primadona khas Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Selain pedas, cabai ini konon bisa bikin awet muda
Makanan Sehat Ampuh Bikin Wajah Awet muda
Makanan sehat seperti buah dan sayuran dipercaya mampu membuat wajah awet muda. Berikut jenis makanan sehat yang sangat ampuh membuat awet muda.
0
Ingin Awet Muda? Lakukan 5 Kebiasaan Berikut
Ada beberapa kebiasaan atau gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan untuk membuat awet muda dan menghambat penuaan dini meski usia sudah senja