Lada Katongkon Cabai Toraja yang Bisa Bikin Awet Muda

Lada Katokkon adalah cabai primadona khas Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Selain pedas, cabai ini konon bisa bikin awet muda
Lada Katokkon khas Toraja (Foto:torajagallery.com)

Toraja - Lada Katokkon adalah cabai primadona khas Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Cabai unik satu ini terkenal bukan hanya karena pedasnya. Tapi juga karena rumor turun temurun yang beredar, bahwa Lada Katokkon bisa bikin awet muda. 

Katokkon itu kan bentuknya semacam paprika tapi lebih kecil, sebesar jempol orang dewasa, tapi rasa pedasnya juga punya ciri khas

Ela Athena, salah satu warga lokal mengatakan Lada Katokkon memang punya keunikan yang khas. Mulai dari bentuk hingga rasanya.

"Lada Katokkon itu kan bentuknya semacam paprika tapi lebih kecil, sebesar jempol orang dewasa, tapi rasa pedasnya juga punya ciri khas," kata Ela saat berbagi cerita dengan Tagar, Minggu, 4 Oktober 2020. 

Mengenai mitos awet mudanya, Ela mengaku sejauh ini tak pernah serius menanggapi hal tersebut. Baginya rumor mengonsumsi Lada Katokkon bisa bikin awet muda hanyalah cerita pemanis semata. 

"Gimana yah, menurutku sih hal seperti itu sebaiknya dibuktikan secara ilmiah apa memang Katokkon ini punya kandungan yang bisa bikin kulit kencang dan awet muda," ujarnya. 

Lada Katokkon memang cukup terkenal dan senantiasa menjadi salah satu buah tangan para pelancong. Nesya, warga Bantaeng yang pernah berkunjung ke Tator punya pengalaman juga dengan cabai satu ini. 

Katanya, sensasi memakan Lada Katokkon itu menarik. Di awal tidak terasa pedas sama sekali. Namun semakin lama menikmati, maka sengatan pedas di lidah pun semakin menjadi-jadi. 

"Dulu saya makan itu awalnya tidak merasa pedas, jadi kumakan banyak-banyak tapi lama kelamaan baru mulai terasa kepanasan di lidah," kata Nesya

"Tapi bukan hanya itu, makin dikunyah juga ada sedikit rasa manis-manisnya, seunik itu," sambungnya. 

Tentang mitos Lada Katokkon bisa bikin awet muda, kata Nesya ia juga mendengar hal tersebut. Sewaktu berkunjung dan mencicipi Lada Katokkon, tour guide menyebutkan salah satu khasiat Lada Katokkon. 

"Sempat dengar waktu kesana, tour guidenya bilang konon makan Lada Katokkon bisa bikin awet muda jadi ya kita juga semakin tertarik untuk makan, tapi memang rasanya enak dan unik," katanya. 

Baca juga: 


Berita terkait
Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja
Berikut hasil undian nomor urut pasangan calon di Pilkada Tana Toraja tahun 2020.
Hargai Cabai di Mamuju Sulbar Meningkat Drastis
Harga cabai keriting dan cabai merah besar meningkat drastis di Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar). Ini penyebabnya.
Lezatnya Toppa Lada Olahan Daging Sapi Khas Sulsel
Toppa Lada sering disajikan umumnya pada waktu-waktu acara tertentu di rumah. Misalnya jika ada hajatan, pernikahan, khitanan maupun akikah.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.