UNTUK INDONESIA
Inggris Menang Saat Akhiri Kualifikasi EURO 2020
Inggris mengakhiri kualifikasi EURO 2020 dengan meraih kemenangan 4-0 atas Kosovo, Senin 18 November 2019 dini hari WIB.
Inggris mengalahkan Kosovo 4-0 di laga terakhir kualifikasi Grup A EURO 2020 di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, Senin 18 November 2019 dini hari WIB. Tampak pemain Inggris Harry Winks (10) saat mencetak gol di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Inggris mengakhiri kualifikasi EURO 2020 dengan meraih kemenangan. Di laga pamungkas kualifikasi Grup A di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, Senin 18 November 2019 dini hari WIB, Inggris menang telak 4-0 atas Kosovo. 

Inggris tetap menunjukkan performa terbaik meski manajer Gareth Southgate mengubah komposisi pemain. Setelah memastikan lolos ke putaran final EURO 2020, eks bek tim nasional ini mengistirahatkan sebagian pemain. Termasuk kiper Jordan Pickford yang digantikan Nick Pope. 

Apalagi ada beberapa pemain yang meminta izin tidak bergabung seperti duo Liverpool, Joe Gomez dan Jordan Henderson, dengan alasan kebugaran. Namun rekannya seperti Trent Alexander-Arnold dan Alex Oxlade-Chamberlain tetap masuk skuat. Bahkan keduanya menjadi starter di laga melawan Kosovo. 

Ini pertandingan yang ketat dan menjadi ujian kami yang sesungguhnya

Demikian pula striker Raheem Sterling yang kembali menjadi pilihan pertama setelah absen di pertandingan melawan Montenegro. Penyerang Manchester City ini dikenai sanksi tidak dimainkan karena ribut dengan rekannya, Gomez, di pemusatan latihan timnas. 

Di laga itu, Southgate tetap menyelipkan pemain muda atau memang mereka sesungguhnya merupakan tulang punggung The Three Lions. Penyerang Chelsea Callum Hudson-Odoi yang masih berusia 19 dimainkan bersama Sterling dan kapten Harry Kane. 

Gelandang West Ham United Declan Rice yang masih berusia 20 juga diberi kesempatan bersama Ben Chilwell. Sedangkan Mason Mount dan Marcus Rashford diturunkan sebaga pemain pengganti. 

Tak Mengecewakan

Hasilnya memang tak mengecewakan. Inggris tak kesulitan menghadapi tuan rumah. Namun mereka harus menunggu sampai Harry Winks mencetak gol menit 32. Dirinya menuntaskan umpan terobosan Oxlade-Chamberlain sebelum menaklukkan kiper Arijanet Muric. Skor 1-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Inggris tak menurunkan tempo permainan. Hanya, mereka kembali mengalami kesulitan menambah gol. Serangan mereka selalu bisa digagalkan barisan pertahanan Kosovo.  

Kebuntuan itu akhirnya teratasi saat Kane memperbesar keunggulan Inggris menit 79. Kapten Tottenham Hotspur ini menyambar bola liar dari upaya Firdan Aliti menghalau umpan silang Sterling.

Timnas InggrisStriker Inggris Harry Kane (kiri) merayakan gol bersama Marcus Rashford saat melawan Kosovo di kualifikasi Grup A EURO 2020 di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, Senin 18 November 2019 dini hari WIB. Inggris menang 4-0 di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Menjelang akhir pertandingan, Inggris justru makin agresif. Terbukti, Rashford memantapkan keunggulan mereka di menit 83. Selanjutnya, Mount menutup kemenangan Inggris menjadi 4-0 di injury time

Southgate mengaku puas dengan pencapaian tim asuhannya. Meski menghadapi laga yang tak mudah, namun Inggris tetap bisa memenangkan pertandingan.

"Ini pertandingan yang ketat dan menjadi ujian kami yang sesungguhnya. Kami mampu mengatasi tekanan dan membuat mereka kesulitan mendapatkan peluang. Serangan balik kami juga benar-benar mematikan," ucap Southgate. 

Sementara, Kane menanggapi sisi pertahanan Inggris yang kurang solid. Apalagi, Southgate tak memainkan sebagian pemain pilar. 

"Kami harus memperbaiki penampilan. Tetapi pertandingan ini benar-benar menyulitkan. Saya tak ingin berapa kali Popey melakukan kesalahan. Tetapi kami harus lebih baik saat tampil di putaran final," kata Kane yang mencetak 12 gol selama babak kualifikasi.

Kemenangan atas Kosovo menjadikan Inggris sebagai juara grup dengan poin 21. Disusul Rep. Ceko yang memiliki poin 15 dan menduduki peringkat dua. Ceko juga sudah memastikan lolos sebelum mengakhiri babak kualifikasi. 

Kosovo yang menduduki peringkat tiga masih memungkinkan lolos ke putaran final. Hanya, mereka harus melalui babak play-off. []

Berita terkait
Inggris Vs Montenegro, Pujian Bagi Pemain Muda
Performa gemilang pemain muda Inggris saat mengalahkan Montenegro 7-0 di kualifikasi EURO 2020 mengundang pujian dari kapten Harry Kane.
Loloskan Inggris ke EURO 2020, Kane Cetak Rekor
Inggris lolos ke putaran final EURO 2020 setelah menang besar 7-0 atas Montenegro. Kapten Harry Kane juga mencetak rekor di laga itu.
Ribut di Timnas Inggris, Raheem Sterling Dicoret
Striker Raheem Sterling tidak dimainkan saat Inggris hadapi Montenegro di kualifikasi EURO 2020 karena ribut dengan dengan rekan tim, Joe Gomez.
0
Mengenalkan Kadal Lidah Biru Lewat CFD di Makassar
Kecintaan Thalib terhadap Kadal Lidah Biru berawal pada tahun 2018 saat dirinya mendapatkan hadiah dari kerabatnya yang baru pulang dari Papua.