UNTUK INDONESIA
Loloskan Inggris ke EURO 2020, Kane Cetak Rekor
Inggris lolos ke putaran final EURO 2020 setelah menang besar 7-0 atas Montenegro. Kapten Harry Kane juga mencetak rekor di laga itu.
Inggris ke putaran final EURO 2020 setelah menang 7-0 atas Montenegro di kualifikasi Grup A di Stadion Wembley, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Di laga itu kapten Harry Kane mencetak hat-trick dan membuat rekor lain. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Inggris lolos ke putaran final EURO 2020 setelah meraih kemenangan besar 7-0 atas Montenegro di pertandingan kualifikasi Grup A di Stadion Wembley, London, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Kemenangan ditandai dengan rekor yang diciptakan kapten Harry Kane. 

Inggris mencatat laga ke-1000 dengan menorehkan kemenangan mengesankan sekaligus meraih tiket ke putaran final. Kemenangan tersebut mengukuhkan posisi Inggris di puncak klasemen dengan poin 18. Unggul tiga poin dari Rep. Ceko yang menduduki peringkat dua. 

Keberhasilan Inggris lolos ke putaran final juga memberi keuntungan karena mereka menjadi salah satu dari 12 negara yang menjadi tuan rumah. London akan menjadi kota penyelenggara dengan venue Sadion Wembley. Di stadion itu pula akan digelar laga semifinal dan final. 

Kami penuh rasa lapar untuk menekan lawan dan selalu memenangkan bola. Kami tidak memberi kesempatan Montenegro mengembangkan permainan kapan pun

Di laga ke-1000 itu, Kane juga mencetak rekor. Dirinya membuat hat-trick untuk pertama kali bagi tim nasional Inggris. Kini, Kane sudah mengoleksi 31 gol yang menjadikan penyerang Tottenham Hotspur itu sebagai kapten The Three Lions dengan pencetak gol terbanyak. 

Dirinya sukses melewati torehan gol salah satu legenda lini depan Inggris, Alan Shearer yang mencetak 30 gol dalam kariernya di timnas. Namun Kane baru menduduki peringkat enam sebagai top scorer sepanjang sejarah Inggris. Posisi pertama diduduki eks striker Manchester United, Wayne Rooney yang mengoleksi 54 gol. 

Pesta Kemenangan

Inggris yang tampil di hadapan pendukung sendiri menunjukkan dominasinya atas Montenegro. Pesta kemenangan tuan rumah dibuka Alex Oxlade-Chamberlain saat laga baru berjalan 11 menit. Pemain Liverpool ini menyelesaikan umpan dari Ben Chilwell.

Inggris vs MontenegroPemain Inggris Mason Mount (10) berusaha mencetak gol ke gawang Montenegro di pertandingan kualifikasi EURO 2020 di Stadion Wembley, Jumat 15 November 2019 dini hari WIB. Inggris menang 7-0 dan lolos ke putaran final. (Foto: standard.co.uk)

Inggris tak perlu menunggu lama untuk menambah gol. Kali ini, sundulan Kane memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit 18. Gol pertama dari trigol Kane tercipta setelah meneruskan tendangan bebas Chilwell yang menaklukkan kiper Milan Mijatovic. 

Chilwell benar-benar menjadi unsung hero alias pahlawan yang terlupakan karena membuat assist ketiga yang kembali dituntaskan oleh Kane. Gol kedua striker berusia 26 ini tercipta di menit 24.

Inggris kian tak terbendung. Striker Marcus Rashford memantapkan keungulan timnya di menit 30. Penyerang Manchester United ini sukses menyambar bola rebound setelah sundulan koleganya di klub, Harry Maguire, masih sempat ditepis Mijatovic.

Pada menit 37, Kane mencetak hat-trick ketika memperoleh bola liar dari umpan silang Jadon Sancho yang membentur pemain lawan. Sempat menguasai bola, Kane melepaskan tendangan ke gawang tim tamu. Skor 5-0 bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Inggris tak menurunkan tempo permainan. Meski lawan sudah tidak berkutik, mereka tetap menekan pertahanan Montenegro. 

Inggris sempat menambah gol melalui Mason Mount saat menyambar bola muntah hasil tendangan Kane. Hanya, gol itu dianulir karena posisi offside.

Inggris akhirnya menambah gol dari bunuh diri bek Aleksandar Sofranac menit 66. Dirinya berusaha menghalau tembakan Mount. Namun upayanya malah membuat bola meluncur ke gawang sendiri. 

Permainan mulai menurun saat memasuki babak akhir. Hanya, tuan rumah masih bisa menambah gol. Kali ini striker Chelsea Tammy Abraham menyumbang gol menit 84. Gol yang terasa istimewa karena dalam debutnya di timnas, Abraham berhasil mencetak gol. Skor 7-0 untuk Inggris menutup laga tersebut

Manajer Gareth Southgate menyambut gembira kemenangan gemilang Inggris. Menurutnya pemain menjalankan strategi dengan baik dan tak berhenti menekan pertahanan lawan. 

"Kecepatan dan fisik pemain sungguh luar biasa. Kami menurunkan lima pemain yang memiliki kemampuan mencetak gol sejak menit pertama. Selain itu bek kami juga bisa memaksimalkan bola dengan baik," ucap Southgate. 

"Kami penuh rasa lapar untuk menekan lawan dan selalu memenangkan bola. Kami tidak memberi kesempatan Montenegro mengembangkan permainan kapan pun," katanya. 

Dari Grup A, Inggris dan Ceko yang mendapatkan tiket ke putaran final. Ceko lolos mendampingi Inggris setelah menang 2-1 atas Kosovo. 

Kemenangan itu menjadikan Ceko unggul empat poin dari Kosovo yang menduduki peringkat tiga dengan poin 11. Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Kosovo sudah tidak bisa menggeser Ceko. []

Berita terkait
Ribut di Timnas Inggris, Raheem Sterling Dicoret
Striker Raheem Sterling tidak dimainkan saat Inggris hadapi Montenegro di kualifikasi EURO 2020 karena ribut dengan dengan rekan tim, Joe Gomez.
Serangan Rasis Bulgaria Dibalas Inggris dengan 6 Gol
Laga antara Bulgaria sebagai tuan rumah dengan Inggris sebagai tamu di Kualifikasi Piala Eropa 2020 diwarnai rasisme terhadap pemain Inggris
Harry Kane, Gagal Bersama Tottenham dan Inggris
Striker Inggris Harry Kane alami dua kegagalan secara berturut-turut. Gagal di Liga Champions, Kane juga gagal di Nations League.
0
Arifin Panigoro Wantimpres Jokowi 'Sang Raja Minyak'
Presiden Jokowi resmi menunjuk Arifin Panigoro menjadi Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Arifin dijuluki Raja Minyak Indonesia.