UNTUK INDONESIA
Inggris Hampir Lolos, Southgate Malah Kritik Pemain
Inggris kalahkan Kosovo 5-2 di kualifikasi EURO 2020, Rabu 11 September 2019 dini hari WIB. Tapi performa tim kecewakan manajer Gareth Southgate.
Inggris mengalahkan Kosovo 5-2 di kualifikasi EURO 2020 di Stadion St. Mary\\'s, Rabu 11 September 2019 dini hari WIB. Tampak striker Raheem Sterling (depan) merayakan gol di laga itu. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Inggris selangkah lagi lolos ke putaran final EURO 2020. kemenangan 5-3 atas Kosovo di pertandingan kualifikasi Grup A di Stadion St. Mary's, Rabu 11 September 2019, menjadikan Inggris segera memastikan meraih tiket ke Piala Eropa. Hanya, manajer Gareth Southgate merasa kecewa dengan penampilan tim nasional. 

Southgate pantas kecewa karena gawang Inggris sudah kebobolan di menit pertama. Timnas memang segera membalikkan keadaan dan menunjukkan superioritas dengan mencetak lima gol di sepanjang babak pertama. 

Namun di babak kedua, penampilan The Three Lions mengalami penurunan. Para pemain belakang secara bergantian melakukan blunder sehingga gawang Inggris sampai dua kali kebobolan. 

Ini pertandingan yang aneh. Kami melakukan kesalahan buruk. Pemain juga mengambil keputusan yang salah. Tetapi saya puas dengan respons pemain. Kami mampu bangkit setelah kebobolan di menit-menit awal

Gol-gol Kosovo disebabkan blunder Michael Keane, Declan Rice dan Harry Maguire yang menjatuhkan Veda Muriqi di kotak terlarang. Buntutnya, Inggris mendapat hukuman penalti. 

"Gol-gol akibat kesalahan fatal. Kami juga mengawali pertandingan dengan sangat buruk. Kesalahan yang dilakukan sangat fatal. Tetapi kesalahan ini membuat kami lebih baik," kata Southgate kepada Daily Mail

Meski demikian, Southgate tak berharap blunder fatal ini terulang. terutama saat Inggris lolos ke putaran final. Menurut media terkemuka di Inggri itu, tim asuhan Southgate bakal bertemu tim-tim kuat Eropa seperti Spanyol, Italia, Jerman, Belanda, Prancis, Portugal maupun Belgia yang diprediksi bakal mendapatkan tiket ke EURO 2020. 

Mereka merupakan tim-tim yang tak pernah kebobolan sampai empat atau lima gol. Tetapi di saat yang sama bisa saja mereka membuat Inggris kebobolan sampai tiga kali bila pertahanannya tak mengalami perubahan. 

"Ini pertandingan yang aneh. Kami melakukan kesalahan buruk. Pemain juga mengambil keputusan yang salah. Tetapi saya puas dengan respons pemain. Kami mampu bangkit setelah kebobolan di menit-menit awal," ujarnya.

Mengejutkan Inggris 

Kosovo memang mengejutkan Inggris. Laga baru berjalan 34 detik gawang tuan rumah dibobol Valon Berisha. Gol ini akibat kesalahan Keane. 

Namun Inggris cepat bangkit. Di menit ke delapan, Raheem Sterling menyamakan skor. Selanjutnya, Sterling memberikan assist kepada kapten Hary Kane yang menuntaskannya menjadi gol menit 19. 

Skor berubah 3-1 setelah Mergim Vojvoda membuat gol bunuh diri menit 38. Gelandang Jadon Sancho akhirnya mencetak gol pertama nya di timnas saat membobol gawang Kosovo menit 44. Dan dua menit kemudian, pemain Borussia Dortmund itu mencetak gol keduanya. Inggris menutup babak pertama dengan keunggulan 5-1. 

Di babak kedua, Kosovo memperkecil ketinggalannya. Berisha mencetak gol kedua di menit 49. Selanjutnya di menit 55, Muriqi mengubah skor menjadi 5-3 setelah menaklukkan kiper Jordan Pickford dari titik penalti. Beruntung Kosovo tidak menambah gol. 

Dengan hasil itu, Inggris mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Grup A dengan poin 12. Unggul tiga poin dari Rep. Ceko. Inggris bakal lolos ke putaran final tahun depan bila mengalahkan Ceko dalam lanjutan babak kualifikasi, 12 Oktober 2019. []

Berita terkait
Harry Kane Puas Cetak Hat-trick dan Menangkan Inggris
Striker Harry Kane puas mencetak hat-trick dan membawa Inggris menang 4-0 di kualifikasi EURO 2020 di Wembley, Sabtu 7 September 2019 malam.
Rashford Tak Terbebani Jadi Harapan Lini Depan Inggris
Striker Marcus Rashford tak terbebani meski menjadi tumpuan saat Inggris melawan Bulgaria di kualifikasi EURO 2020, Sabtu 7 September 2019.
Inggris Vs Bulgaria, Tampil Buruk Pemain Dicoret
Manajer Inggris Gareth Southgate bakal mencoret pemain bila tampil buruk saat melawan Bulgaria di kualifikasi EURO 2020 di Stadion Wembley.
0
Wacana Penghapusan Izin Mendirikan Bangunan
Pengamat Properti sekaligus Direktur Indonesia Property Watch Ali Tranghanda tidak menyetujui rencana pemerintah hapus aturan IMB.