Ingat! Ini Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Berkendara

Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyumbang angka kematian terbesar di Tanah Air. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan hal ini.
Ilustrasi – Mobil yang mengalami kecelakaan. (Foto: Tagar/Pexels/Artyom Kulakov)

Jakarta – Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyumbang angka kematian terbesar di Tanah Air. Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (korlantas), tercatat ada 1-3 nyawa yang melayang per 1 jamnya akibat kecelakaan lalu lintas.

Bahkan, menurut keterangan Akademisi Prodi Teknik sipil Unika Soegijapranata dan ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno terdapat 60-80 orang yang meninggal setiap harinya akibat kecelakaan yang kerap merengut banyak korban.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, Anda tentu harus berhati-hati saat berkendara di jalan. Terlebih, Indonesia telah memasuki musim penghujan sejak September 2021. Agar tetap aman dan nyaman sampai tujuan, berikut 6 hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mulai berkendara.


1. Kondisi tubuh

Ada banyak faktor penyebab seseorang mengalami kecelakaan, salah satunya adalah kondisi tubuh pengemudi. Oleh karena itu, pastikan agar tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk atau kelelahan agar Anda dapat selamat sampai tujuan. Selain itu, hindari penggunaan obat-obatan, alkohol, dan narkotika saat Anda akan berkendara.


2. Waktu perjalanan

Selain kondisi tubuh, memperhatikan waktu perjalanan merupakan hal yang penting dilakukan sebelum Anda pergi ke suatu tempat. Meski tidak menutup risiko terjadi kecelakaan, melakukan perjalanan di pagi atau siang hari akan jauh lebih aman dibanding berkendara saat malam hari.

Lewat bantuan cahaya matahari, Anda akan lebih mudah menyusuri jalan dan melihat kondisi sekitar. Selain itu, masih banyak orang yang berlalu-lalang dan melakukan aktivitas di waktu tersebut. Ini tentu akan memudahkan Anda dalam mencari pertolongan saat terjadi suatu kecelakaan atau hal lain yang membutuhkan bantuan orang lain.


3. Durasi perjalanan

Penting untuk memperhatikan durasi atau waktu tempuh perjalanan, terlebih jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu lama. Agar tidak mudah kelelahan dan hilang konsentrasi, pastikan tubuh Anda tetap segar dan fit sebelum dan saat melakukan perjalanan. Selain itu, sisihkan waktu dengan beristirahat di rest area jika Anda mengalami kelelahan, mengantuk, atau kehilangan konsentrasi.


4. Bahan bakar

Mogok di tengah jalan merupakan keadaan yang menjengkelkan, terlebih jika Anda dikejar oleh waktu. Oleh karena itu, cek ketersediaan bahan bakar yang ada di dalam tangki bensin sebelum melakukan perjalanan.

Pastikan kendaraan Anda memiliki bahan bakar yang cukup agar tidak mogok di tengah jalan. Selain merepotkan, kendaraan yang mogok juga dapat menghambat lalu lintas dan berisiko menyebabkan kecelakaan beruntun.


5. Tekanan angin

Ban adalah komponen terpenting suatu kendaraan. Sebab, tanpa ban kendaraan tidak akan bisa bergerak dan menjalankan fungsinya. Agar terhindar dari ban kempes yang dapat membahayakan pengendara, Anda perlu memeriksa tekanan angin ban sebelum memulai perjalanan. 

Pasalnya, ban yang kekurangan angin dapat mengganggu keseimbangan kendaraan dan membuat pengemudi sulit mengendalikan kendaraannya.


6. Rem

Setiap perusahaan otomotif tentu menyediakan rem yang berfungsi untuk menghentikan laju suatu kendaraan. Walaupun menjadi fitur penting, ada segelintir orang yang enggan memeriksa keadaan rem sebelum melakukan perjalanan. Padahal, kebiasaan tersebut dapat membahayakan diri sendiri, penumpang, dan orang lain.

Kecelakaan yang diakibatkan oleh rem blong kerap terjadi di Indonesia. Tidak hanya di jalan tol, kecelakaan ini juga dapat terjadi di jalan arteri, jalan kolektor, dan jalan lokal. Oleh karena itu, periksalah rem kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan agar terhindar dari kecelakaan fatal.

(Eka Cahyani)


Berita terkait
Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengatasi Mobil Terendam Banjir
Curah hujan di Indonesia mulai meningkat serta sudah mulai bermunculan banjir di beberapa wilayah Indonesia. Nah, ini tips atasi mobil terendam.
Tips Membeli Mobil dari Uang Tabungan Secara Cash
Anda bisa menjual barang di rumah yang mungkin sudah tidak anda pakai, namun masih layak digunakan orang lain.
Ingat! Ini Tips Parkir Mobil dalam Waktu yang Lama
Mobil merupakan salah satu kendaraan yang umum digunakan oleh sebagian besar orang saat ini. Berikut tips jika kalian ingin memarkirkan mobil.
0
Ingat! Ini Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Berkendara
Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyumbang angka kematian terbesar di Tanah Air. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan hal ini.