Infografis: Perbandingan Upah Minimum Indonesia dan 8 Negara

Upah minimum berbeda-beda di tiap negara dipengaruhi banyak faktor. Berikut perbandingan upah minimum di Jakarta, Indonesia, dan ibu kota 8 negara.
Cover Upah Minimum Indonesia dan Berbagai Negara. (Infografis: Tagar/Bagus Cahyo Kusumo)

Penetapan upah minimum didasarkan pada kebutuhan hidup layak dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi, dihitung berdasarkan kebutuhan hidup pekerja dalam memenuhi kebutuhan mendasar yang meliputi kebutuhan pangan per hari, perumahan, pakaian, pendidikan, dan sebagainya.

Untuk menetapkan kebutuhan hidup layak tersebut, Dewan Pengupahan setiap negara biasanya melakukan survei terlebih dahulu di wilayahnya. Sehingga kebutuhan hidup layak yang dimaksud merupakan kebutuhan hidup yang ada berada dalam konteks wilayah tersebut. Itu yang menjadi dasar penetapan upah minimum. Itulah mengapa upah minimum akhirnya bisa berbeda-beda di tiap negara, karena kebutuhan hidup layak di setiap negara juga berbeda-beda nilainya. Hal tersebut juga dipengaruhi daya beli dan inflasi di setiap negara.

Berikut perbandingan upah minimum di Jakarta, Indonesia, dan ibu kota 8 negara.

Infografis Upah MinimumUpah minimum di Jakarta, Indonesia, dibandingkan dengan upah minimum di ibu kota 8 negara. (Infografis: Tagar/Bagus Cahyo Kusumo)

Lihat infografis lain:

Berita terkait
Upah Minimum 2021 Tak Naik, Wali Kota Solo Minta Tak Ada PHK
Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo minta perusahaan di wilayahnya tidak melakukan PHK menyusul keputusan tidak ada kenaikan upah minimum di 2021.
Pengertian Istilah dalam Upah Minimum: UMR, UMK, dan UMP
Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakejaan telah memutuskan untuk tidak menaikkan upah minimum untuk tahun 2021.
Upah Minimum Tak Naik, DPR Minta Menaker Pakai Prinsip Keadilan
Anggota Komisi IX DPR, Lucy menilai kebijakan Menaker seolah-olah menganggap semua sektor bisnis mengalami kesulitan selama pandemi Covid-19.
0
27 Juta Suntikan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Vaksinasi yang dilakukan pemerintah hingga Senin, 31 Mei 2021, akan mencapai angka 27 juta suntikan vaksinasi