Infeksi Covid-19 Dunia Meningkat 80% Dalam Empat Minggu Terakhir

WHO memperingatkan bahwa virus corona varian Delta telah menyebar luas dan dianggap sebagai seruan percepat vaksinasi
Seorang perempuan pakai masker di New York City, New York, AS, 27 Juli 2021, ikuti rekomendasi CDC orang Amerika yang divaksinasi penuh harus pakai masker karena varian Delta yang sangat menular telah menyebabkan lonjakan infeksi (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia PBB (World Health Organization/WHO), Jumat, 30 Juli 2021, memperingatkan bahwa virus corona varian Delta telah menyebar luas dan harus dianggap sebagai seruan untuk bertindak guna mempercepat vaksinasi di seluruh dunia sebelum "varian yang lebih banyak merebak."

WHO, sebagaimana dilansir dari Kantor Berita Associated Press (AP), Jumat, 30 Juli 2021, mengatakan infeksi di seluruh dunia telah meningkat sebesar 80%, atau hampir dua kali lipat, selama empat minggu terakhir.

"Orang-orang terus mengharapkan debu mujarab, tapi tidak ada. Satu-satunya debu mujarab yang kita miliki adalah vaksinasi. Masalahnya kita tidak menaburkannya secara merata di seluruh dunia dan kita merugikan diri sendiri," kata Dr Mike Ryan dari Program Darurat Kesehatan WHO, yang berbicara dalam konferensi pers di Jenewa.

Dirjen WHO Tedros Adhanom GhebreyesusDirektur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: voaindonesia.com/AP)

Meskipun negara-negara Uni Eropa berjanji untuk menyumbangkan vaksin ke negara-negara berkembang, namun negara-negara kaya tetap dikecam luas.

Para pemimpin negara-negara Afrika seperti Kenya telah mengklaim bahwa negara-negara maju tidak cukup bertindak.

"Semua wilayah berisiko, Afrika apalagi. Saat ini, hampir 70% negara Afrika tidak akan mencapai target 10% vaksinasi pada akhir September (2021-red.)," kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Banyak negara Afrika telah mempersiapkan diri dengan baik untuk meluncurkan vaksin, tetapi vaksinnya belum tiba," ujar Dr Tedros (mg/pp)/Associated Press/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Covid-19 Varian Delta Menular Semudah Penularan Cacar Air
Virus corona varian Delta yang dapat menular “semudah cacar air” oleh orang-orang yang telah maupun tidak divaksinasi
Pakar Penyakit Menular Amerika Ingatkan Bahaya Varian Delta
Pakar penyakit menular terkemuka di Amerika, Dr Anthony Fauci, menyampaikan peringatan tentang lonjakan kasus virus corona di Amerika
Covid-19 Varian Delta Sudah Tercatat di 124 Wilayah di Dunia
WHO katakan Covid-19 varian Delta yang sangat menular diperkirakan akan jadi jenis virus yang dominan selama beberapa bulan ke depan
0
Infeksi Covid-19 Dunia Meningkat 80% Dalam Empat Minggu Terakhir
WHO memperingatkan bahwa virus corona varian Delta telah menyebar luas dan dianggap sebagai seruan percepat vaksinasi