Indikator Pandemi Covid-19 Telah Berubah Menjadi Endemi

Wiku mengatakan, tingkat kekebalan masyarakat menjadi salah satu indikasi bahwa pandemi covid-19 telah berubah menjadi endemi.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Tagar/Covid19.go.id)

Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tingkat kekebalan masyarakat menjadi salah satu indikasi bahwa pandemi covid-19 telah berubah menjadi endemi.

“Endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi dimana kondisi kasus lebih terkendali namun bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya,” kata Wiku Adisasmito di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 20 Agustus 2021.

"Hal-hal yang dapat mengindikasikannya bahwa pandemi telah bertransisi menjadi endemi jika kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus seiring dengan akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah. Sehingga angka perawatan dan kematian pun menurun,” katanya.


Diharapkan kondisi tersebut cepat tercapai dengan syarat kolaborasi pemerintah dan masyarakat harus bisa mensukseskan kebijakan yang telah ada agar efektif dan signifikan hasilnya.


Wiku menegaskan, dengan instrumen pengendalian PPKM saat ini berupa pengaturan dan target spesifik baik 3M, 3T, dan vaksinasi di tiap kabupaten/kota.

"Diharapkan kondisi tersebut cepat tercapai dengan syarat kolaborasi pemerintah dan masyarakat harus bisa mensukseskan kebijakan yang telah ada agar efektif dan signifikan hasilnya," katanya. []

Baca Juga: Presiden Apresiasi Lembaga Negara Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Berita terkait
PKS Khawatir Pembahasan Amandemen Konstitusi Saat Pandemi
Anggota DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera menyampaikan kekhawatirannya jika pembahasan amandemen konstitusi dilakukan saat pandemi Covid-19.
The Fed: Ekonomi Tak Akan Kembali di Masa Sebelum Pandemi
The mengkhawatirkan ada potensi hilangnya pekerjaan di bidang industri yang mengharuskan kontak langsung.
Presiden Ajak Masyarakat Melihat Pandemi Sebagai Penguat
Dalam rangkaian acara peringatan HUT ke-76 RI Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato mengajak masyarakat untuk melihat pandemi sebagai penguat.
0
Indikator Pandemi Covid-19 Telah Berubah Menjadi Endemi
Wiku mengatakan, tingkat kekebalan masyarakat menjadi salah satu indikasi bahwa pandemi covid-19 telah berubah menjadi endemi.