UNTUK INDONESIA
Imbas Covid-19 Disdikbud Taput Tiadakan UAS dan UKK
Akibat Covid-19 pelaksanaan ujian SD dan SMP di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, ditiadakan.
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tapanuli Utara. (Foto: Tagar/Jumpa P Manullang)

Tarutung - Akibat Covid-19 pelaksanaan ujian akhir sekolah (UAS) dan ujian kenaikan kelas (UKK) bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, ditiadakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tapanuli Utara Bottor Hutasoit, mengatakan kebijakan itu menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Mendikbud Nadiem Makarim, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Belajar di rumah tidak dibebani untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum

"Penyelenggaraan pendidikan dilakukan dari rumah guna menahan laju penularan wabah virus corona. Terkait itu, pelaksanaan belajar di rumah sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020," kata Bottor pada Jumat, 3 April 2020.

Dia menyebut, terkait metode bobot penilaian kenaikan kelas tidak serta merta mengacu pada capaian kurikulum yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Belajar di rumah tidak dibebani untuk menuntaskan seluruh capaian kurikulum baik untuk kenaikan kelas maupun untuk kelulusan. Belajar di rumah difokuskan pada kecakapan hidup khususnya terkait pandemi Covid-19," katanya.

Dia mengatakan, perihal mekanisme pelaksanaan UAS untuk kenaikan kelas tetap mengacu pada pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19.

"Kelulusan SD sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas 4, kelas 5, dan kelas 6 semester gasal) dan nilai semester genap kelas 6 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. Dan untuk kelulusan SMP sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas 9 dan kelas 12 dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan," kata Bottor. []

Berita terkait
Gubernur Edy Minta Kapolres Taput Awasi Harga Pangan
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengingatkan Kapolres Tapanuli Utara AKBP Horas Silaen aktif mengawasi kenaikan harga bahan pokok.
Gubsu Heran Banyak Warga Taput Tak Pakai Masker
Gubernur Sumatera Utara melontarkan keheranannya melihat warga Tapanuli Utara tak mengenakan masker di tengah wabah Covid-19
Masa Tanggap Darurat Covid-19 di Taput Diperpanjang
Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan memperpanjang masa tanggap darurat wabah Covid-19.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.