UNTUK INDONESIA
Imbangi AC Milan, Asa Scudetto Atalanta Tak Pupus
Atalanta belum tersingkir dari persaingan memperebutkan Scudetto. Atalanta menjaga asa bersaing dengan Juventus setelah mengimbangi AC Milan.
AC Milan bermain imbang 1-1 melawan Atalanta di pertandingan Serie A Italia di Stadion San Siro, Sabtu, 25 Juli 2020 dini hari WIB. Tampak gawang Atalanta dibobol oleh Hakan Calhanoglu (tidak terlihat) di laga itu. (Foto: Twitter/@acmilan)

Jakarta - Atalanta belum tersingkir dari persaingan memperebutkan Scudetto. Asa Atalanta tak pupus membayangi Juventus meraih titel Serie A Italia setelah bermain imbang 1-1 melawan AC Milan di Stadion San Siro, Sabtu, 25 Juli 2020 dini hari WIB. 

Hasil yang tak mengecewakan bagi Atalanta meski mereka berpeluang memenangkan pertandingan. Namun peluang terbaik yang diperoleh melalui penalti Ruslan Malinovskyi digagalkan kiper Gianluigi Donnarumma. 

Tambahan 1 poin di laga tersebut belum memupus harapan Atalanta mengejar poin Juve. Kini, Atalanta yang bertahan di peringkat 2 mengantongi poin 75. Terpaut 5 poin dari I Bianconeri sebagai pimpinan klasemen. 

Kami adalah Milan dan harus terus berkembang. Kami tetap fokus pada 2 pertandingan dan selanjutnya bisa beristirahat

Dengan menyisakan 2 pertandingan, Atalanta tetap bisa menjaga persaingan. Namun asa itu bakal pupus bila Juve berhasil meraih poin saat menjamu Sampdoria, Senin, 27 Juli 2020 dini hari WIB.

Bagi Milan sendiri, hasil imbang itu agak mengecewakan karena memutus rekor kemenangan. Sebelumnya, mereka tercatat 3 kali meraih kemenangan. Namun Milan mempertahankan rekor tak pernah kalah selama 8 pertandingan terakhir atau sejak digulirkannya kompetisi di tengah pandemi Covid-19.

Hasil itu juga menggagalkan Rossoneri menggeser posisi AS Roma. Dengan memiliki poin 60, Milan tertahan di peringkat 6. Mereka hanya terpaut 1 poin dari Roma yang menduduki posisi 5 atau berada di zona otomatis Liga Europa.

Gagal Menang, Atalanta Tak Kecewa

Meski gagal menang, pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini tetap puas dengan hasil imbang itu. Menurut dia, itu merupakan poin yang ekselen bagi La Dea. 

"Ini pertandingan penting dan tak mudah menghadapi Milan. Kami kebobolan di menit-menit awal, namun akhirnya berhasil bangkit," kata Gasperini kepada Sky Sports Italia

"Saya katakan ini poin yang ekselen," ucapnya lagi. 

Sementara, pelatih Milan Stefano Pioli memuji penampilan timnya. Menurut dia meski bermain imbang, namun Ante Rebic dkk tetap berusaha memenangkan pertandingan sampai menit terakhir. 

"Tim bermain bagus. Hal yang bagus, kami berusaha menang sampai akhir. Itu yang penting," ucap Pioli yang berharap Milan tetap fokus pada 2 laga terakhir. 

"Kami harus meningkatkan kualitas permainan. Kami adalah Milan dan harus terus berkembang. Kami tetap fokus pada 2 pertandingan dan selanjutnya bisa beristirahat," tutur eks pelatih Fiorentina ini. 

Milan Terancam di Menit Awal Pertandingan

Atalanta sesungguhnya mengawali laga dengan baik. Serangan mereka sempat mengancam pertahanan tuan rumah. 

Namun Milan yang tampil dengan semangat tinggi tak kesulitan bangkit dan keluar dari tekanan. Mereka pun mengambil inisiatif menyerang. Dengan skema 4-2-3-1, Zlatan Ibrahimovic menjadi motor serangan bersama Ante Rebic. 

AC Milan vs AtalantaKiper AC Milan Gianluigi Donnarumma (kiri) menggagalkan eksekusi Atalanta di pertandingan Serie A Italia di Stadion San Siro, Sabtu, 25 Juli 2020 dini hari WIB. Ke-2 tim bermain imbang 1-1 di laga itu. Foto: Twitter/@acmilan)

Bahkan Milan unggul lebih dulu di menit 14. Gol tuan rumah dihasikan gelandang Hakan Calhanoglu melalui tendangan bebas yang sukses melewati pagar betis dan kiper Pierluigi Gollini. 

Atalanta berpeluang menyamakan kedudukan saat gelandang Lucas Biglia dinyatakan melanggar Malinovskyi di kotak terlarang di menit 24. Pemain Atalanta mengajukan protes dan meminta penalti. 

Wasit Daniele Doveri pun meninjau insiden itu lewat VAR. Hasilnya, wasit memberikan hadiah penalti kepada Atalanta. 

Hanya, peluang bagus itu gagal dimanfaatkan Malinoskyi. Kiper Donnarumma tampil sebagai penyelamat Milan dengan menggagalkan eksekusi Malinoskyi. 

Atalanta akhirnya berhasil menyamakan kedudukan 10 menit kemudian. Gol tim tamu dihasilkan Duvan Zapata. Dirinya berhasil memanfaatkan peluang di depan kotak penalti. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak ke-2, Atalanta meningkatkan serangan. Mereka mendapat peluang untuk berbalik unggul. Namun serangan tim tamu selalu gagal dikonversi menjadi gol. 

Sementara, Ibrahimovic sempat berharap mendapat penalti saat merasa mendapat pelanggaran. Namun permintaannya ditolak wasit. Tidak ada gol tercipta sehingga skor tetap 1-1 sampai akhir laga. []

Berita terkait
Revolusi AC Milan di Tangan Pioli Bukan Rangnick
Pelatih Stefano Pioli melanjutkan revolusinya setelah dipertahankan AC Milan. KLub memperbarui kontraknya setelah tak sepakat dengan Ralf Rangnick.
Ibrahimovic Menangkan Milan, Pioli Raih Kontrak Baru
AC Milan menjaga rekor tak terkalahkan setelah menang atas Sassuolo lewat 2 gol Zlatan Ibrahimovic. Milan juga pertahankan pelatih Pioli.
AC Milan Menang Lagi, Ibrahimovic Malah Marah
AC Milan menjaga rekor tak terkalahkan setelah menang atas Parma di Serie A Italia. Meski menang, namun Zlatan Ibrahimovic sempat marah-marah.
0
Imbangi AC Milan, Asa Scudetto Atalanta Tak Pupus
Atalanta belum tersingkir dari persaingan memperebutkan Scudetto. Atalanta menjaga asa bersaing dengan Juventus setelah mengimbangi AC Milan.