UNTUK INDONESIA
IKEIS Desak DPRD Makzulkan Wali Kota Pematangsiantar
IKEIS menyurati DPRD Kota Pematangsiantar untuk kembali memproses pemakzulan Hefriansyah Noor dari jabatan wali kota.
Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor. (Foto: Tagar/Anugerah NST)

Pematangsiantar - Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) mendesak DPRD agar kembali memproses pemakzulan Hefriansyah Noor dari jabatan wali kota karena telah menistakan suku Simalungun.

Ketua IKEIS Lisman Saragih menyebutkan, pihaknya telah melayangkan surat permintaan proses pemakzulan itu kepada DPRD Kota Pematangsiantar pada Selasa 10 Desember 2019 lalu.

"Benar kita sudah layangkan surat meminta DPRD membentuk panitia hak angket untuk pemakzulan Herfriansyah," ungkap Lisman, Jumat 13 Desember 2019

Menurut Lisman, dari kesimpulan hasil Pansus Hak Angket DPRD pada 2018 atas dugaan penistaan suku Simalungun, telah memutuskan merekomendasi pemberhentian Hefriansyah dari jabatan sebagai Waki Kota Pematangsiantar.

Dari kesimpulan Panitia Hak Angket DPRD merumuskan pelanggaran UU 40 tahun 2008 tentang Diskriminasi Ras dan Etnis serta UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Nanti kita agendakan pembahasan bersama anggota fraksi

"Kita berharap agar DPRD segera merespons dan melanjutkan hasil hak angket DPRD pada 2018 silam. Dan pihak kami akan terus mendesak pemakzulan Herfriansyah selaku wali kota," tegas Lisman.

Sekretaris DPRD Kota Pematangsiantar Wanden Siboro mengatakan telah menerima surat dari IKEIS.

"Benar surat sudah kita terima dan didisposisi pada Selasa lalu. Kami akan pelajari terlebih dahulu terkait hal itu," ungkap Waden.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Lingga menyampaikan, surat yang telah sampai ke DPRD akan dibicarakan terlebih dahulu bersama para anggota fraksi guna mengambil tindakan terkait permasalahan tersebut.

"Surat sudah sampai. Nanti kita agendakan pembahasan bersama anggota fraksi. Soal langkah kita, nanti kita akan bahas terlebih dahulu," sebut Timbul. []

Berita terkait
Indeks KUB Kemenag, Siantar Selalu Menjaga Kerukunan
Kemenag merilis Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) tahun 2019. Sumut dan Pematangsiantar masih menjaga kerukunan.
Hefriansyah: Siapa Rupanya Pimpinan Tertinggi Siantar?
Budi Utari Siregar tidak memenuhi panggilan pemeriksaan Wali Kota Pematangsiantar Herfriansyah.
DPRD Siantar Sebut Hefriansyah Pemimpin Sombong
Hubungan Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor dan Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari Siregar tidak harmonis.
0
Bubarkan Salat Berjemaah di Parepare Berujung Polisi
Seorang camat di Kota Parepare Sulsel dilaporkan ke polisi karena berusaha membubarkan jemaah yang hendak salat Jumat berjemaah.