UNTUK INDONESIA
Idul Adha di Samosir Berbaurnya Umat Berbeda Agama
Polres Samosir melakukan perayaan Idul Adha 1441 H di Masjid Al-Hasanah, Pangururan pada Jumat, 31 Jui 2020. Kegiatan diawali salat Idul Adha.
Usai salat Idul Adha, dilakukan penyembelihan hewan kurban di pelataran halaman Masjid Al-Hasanah, Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat, 31 Juli 2020. (Foto: Tagar/Ist)

Samosir - Kepolisian Resor (Polres) Samosir melakukan perayaan Idul Adha 1441 H di Masjid Al-Hasanah, Pangururan pada Jumat, 31 Juli 2020. Kegiatan diawali salat Idul Adha dengan Khatib dan lmam Ustaz Ahmad Amrullah Lubis. Ratusan jemaah hadir dalam kegiatan tersebut.

Berbaur pada kegiatan para personel Polres Samosir yang beragama Islam dan penganut agama lainnya, yang juga dihadiri Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Hasanah Ustaz H Zainal Amri, dan penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samosir, Hermanto Hutagalung.

Kepala Polres Samosir Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Saleh menyerahkan hewan kurban sebanyak dua ekor lembu dan sembilan ekor kambing yang diterima pihak BKM Al- Hasanah melalui Ustaz Haji Zainal Amri dan pengurus masjid lainnya.

Ini menandakan toleransi dan kerukunan umat beragama di Samosir sangat baik

"Pak Kapolres menyumbangkan dua ekor lembu dan 9 ekor kambing yang kesemuanya diserahkan ke pengurus Masjid Al-Hasanah untuk didistribusikan ke seluruh masjid di Samosir," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Ajun Komsaris Polisi Syamsul Arifin Batubara.

Baca juga:

Syamsul mengatakan, hewan kurban dari Polres Samosir, selain berasal dari personel yang beragama Islam, juga ada dari umat nonMuslim. "Ini menandakan toleransi dan kerukunan umat beragama di Samosir sangat baik," ujar dia.

Ustaz Ahmad Amrullah Lubis dalam khotbahnya menyampaikan, akibat Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia, warga Indonesia tidak diberangkatkan menunaikan ibadah haji demi keamanan dan keselamatan sosial dunia.

"Untuk calon jemaah haji tahun 2020 hanya dilakukan oleh jemaah dari Arab Saudi dan harus mengikuti protokol kesehatan yang sangat ketat," kata dia.

Dengan penundaan ibadah haji, kata Ustaz Ahmad Amrullah, para calon jemaah haji hendaknya sabar, tawakal, serta pasrah kepada Allah Yang Maha Esa.

Usai salat Idul Adha, kemudian dilakukan acara penyembelihan hewan kurban di pelataran halaman masjid.

Jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 23 ekor, yang terdiri dari tujuh ekor sapi dan 16 ekor kambing. Sementara untuk penerima kurban sebanyak 450 orang.

Di sela perayaan Idul Adha 1441 H, Wakil Kepala Polres Samosir Komisaris Polisi Rachmad Affandi didampingi Kepala Satuan Reserse Kriminal, Kepala Satuan Intelijen, Kepala Satuan Shabara dan Kepala Seksi Propam ikut menjamu insan pers di asrama Polres Samosir.[]

Berita terkait
Resep Lezat Aneka Bumbu Sate Kambing Khas Idul Adha
Sate kambing menjadi hidangan lezat saat Idul Adha. Ada beberapa aneka bumbu sate kambing yang kelezatannya tidak diragukan. Berikut ini resepnya.
Cara Masak Daging Sapi Empuk Saat Idul Adha
Saat Idul Adha, kebanyakan orang belum memahami cara masak daging sapi yang empuk. Berikut Chef William Gozali memberikan cara masak daging empuk.
Pusat Perbelanjaan Tertua Tempat Salat Idul Adha
Sekitaran pusat perbelanjaan tertua di Jakarta disulap menjadi tempat berkumpulnya para jamaah untuk melaksanakan Salat Idul Adha.
0
Idul Adha di Samosir Berbaurnya Umat Berbeda Agama
Polres Samosir melakukan perayaan Idul Adha 1441 H di Masjid Al-Hasanah, Pangururan pada Jumat, 31 Jui 2020. Kegiatan diawali salat Idul Adha.