UNTUK INDONESIA
Pusat Perbelanjaan Tertua Tempat Salat Idul Adha
Sekitaran pusat perbelanjaan tertua di Jakarta disulap menjadi tempat berkumpulnya para jamaah untuk melaksanakan Salat Idul Adha.
Ratusan orang menggelar Salat Id di depan ruko Pasar Baru, Jakarta. Setiap harinya, Pasar Baru dikenal sebagai pusat perbelanjaan yang banyak menjual tekstil serta alat perlengkapan salon di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 31 Juli 2020. (Foto: Tagar/Popy)

Jakarta - Ratusan orang menggelar Salat Id di depan ruko Pasar Baru, Jakarta. Setiap harinya, Pasar Baru dikenal sebagai pusat perbelanjaan yang banyak menjual tekstil serta alat perlengkapan salon di kawasan Jakarta Pusat. 

Namun pada hari ini (31 Juli 2020), jalan di depan kawasan Pasar Baru, yakni sekitaran pusat perbelanjaan tertua di Jakarta itu disulap menjadi tempat berkumpulnya para jamaah untuk melaksanakan Salat Idul Adha.

Selagi melakukan protokol kesehatan bismillah aman. Saya sudah pakai masker dan jaga jarak juga

Dalam suasana pandemi Covid-19, Panitia pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah melaksanakan Salat Id sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, mulai dari pengecekan suhu hingga penerapan jaga jarak antar jamaah yang ikut dalam ibadah tersebut.

Salah satu jamaah bernama Taufik mengaku senang bisa melaksanakan ibadah berjamaah di momen tahunan ini. Di tengah pandemi Covid-19, ia mengaku sudah mempersiapkan diri berdasarkan protokol kesehatan.

"Saya ikut salat dan berani salat di luar karena ini momen tahunan. Selagi melakukan protokol kesehatan bismillah aman. Saya sudah pakai masker dan jaga jarak juga," ucap Taufik kepada Tagar, Jumat, 31 Juli 2020.

Setiap jamaah yang hendak mengikuti salat berjamaah, terlebih dahulu dilakukan pengecekan terhadap suhu tubuh, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Selain itu, panitia juga mengimbau agar para jamaah tetap menjaga jarak dan menggunakan masker selama berada di kawasan sekitar pelaksanaan salat id.

Tak hanya itu, jamaah lainnya bernama Sofy mengungkapkan, kesiapan yang dilakukannya beserta keluarga dalam melaksanakan salat berjamaah di luar rumah.

"Waktu lebaran Idul Fitri lalu di rumah berjamaah dengan keluarga. Tapi, karena aturannya sudah mulai longgar, saya dan keluarga memutuskan untuk salat berjamaah di luar. Tapi, protokol kesehatan diutamakan, dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan membawa hand sanitizer pribadi," kata Sofy.

Kendati sudah menerapkan protokol kesehatan, beberapa orang juga terlihat melepas masker, dan mengabaikan jarak pada jemaah lainnya yang tengah melaksanakan salat.

Salat jamaah yang berlangsung di depan Metro Pasar Baru, Jakarta Pusat ini dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 07.55 WIB. Selama berlangsungnya salat, jalan sekitar Samanhudi ditutup dan usai salat akses jalan dibuka kembali untuk umum.[]

Berita terkait
Jokowi Sumbang Kurban ke 34 Provinsi di Indonesia
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyumbang puluhan sapi kurban untuk Idul Adha. Puluhan kurban disebar di 34 Provinsi di Indonesia.
Tangkap Djoko Tjandra, Tutup Isu Agama Listyo Menuju Kapolri
Usai berhasil menangkap Djoko Tjandra, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dinilai layak menggantikan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri.
Djoko Tjandra Ditangkap, MPR Minta Koruptor Diburu
Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang telah berhasil menangkap koruptor Djoko Tjandra.
0
Pusat Perbelanjaan Tertua Tempat Salat Idul Adha
Sekitaran pusat perbelanjaan tertua di Jakarta disulap menjadi tempat berkumpulnya para jamaah untuk melaksanakan Salat Idul Adha.