ICMI Desak Ustaz Abdul Somad Meminta Maaf
Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie meminta Ustaz Abdul Somad (UAS) segera meminta maaf dalam kontroversi 'salip jin kafir'.
Ustaz Abdul Somad. (Foto: Instagram/Ustaz Abdul Somad)

Jakarta - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie  meminta Ustaz Abdul Somad (UAS) segera meminta maaf dalam kontroversi 'salib jin kafir'.

Jimly mengatakan, UAS tak cukup hanya menjelaskan dengan memberikan klarifikasi. Permintaan maaf penting dilakukan agar pernyataan yang menyinggung umat Kristen dan Katolik ini tidak berkepanjangan.

"Klarifikasi itu keburu orang sudah tersinggung. Itu mesti hati-hati. Jangan sekadar klarifikasi. Ini kan tidak ada asap tanpa api," kata Jimly ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu, 18 Agustus 2019.

Kalau memang harus minta maaf ya minta maaf saja.

Pernyataan UAS dianggap Jimly telah memancing kekecewaan banyak pihak. 

"Kalau memang harus minta maaf ya minta maaf saja, ya tidak apa-apa, saya rasa begitu," ucap Jimly.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih periode 2019-2024 ini mengatakan ke depan sesama umat beragama harus saling menghargai, saling menghormati.

"Jadi harus saling menghormati, menghargai di antara sesama umat beragama. Saya berharap ke depan tidak ada lagi yang seperti ini," tuturnya.

Pria bergelar Profesor ini juga mengaitkan isu agama yang kental menjadi faktor perpecahan selama Pemilu 2019. Ia berharap setelah pemilu, tidak ada lagi persoalan yang dapat memecah-belah bangsa, terutama terkait masalah kepercayaan.

"Kita harus merajut ulang kerukunan antarumat. Jangan sampai ada lagi hal seperti yang kemarin," kata Jimly.

Sebelumnya organisasi kemasyarakatan Brigade Meo Nusa Tenggara Timur melaporkan Ustaz Abdul Somad ke Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur. UAS dianggap telah menyakiti umat Kristen dan Katolik dengan pernyataan 'salib' dan 'jin kafir' dalam dakwah yang videonya viral di media sosial. []

Berita terkait
Ustaz Abdul Somad Menjawab Kontroversi Salib Jin Kafir
Berikut ini pernyataan lengkap Ustaz Abdul Somad (UAS) menanggapi tuduhan dirinya menghina Kristen-Katolik dalam kontroversi salib jin kafir.
Pro Kontra Netizen Tanggapi Salib Jin Kafir Abdul Somad
Ustaz Abdul Somad (UAS) menjadi bahan perbincangan publik seusai potongan ceramahnya viral di media sosial. Berikut berbagai tanggapan netizen.
UAS Diduga Hina Kristen, Berikut Transkrip Lengkapnya
Berikut isi pernyataan UAS yang viral menyatakan salib dan patung jin kafir. Video tersebut telah dilaporkan ormas Brigade Meo.
0
Membuat Kabin Mobil Tetap Harum
Banyak aktivitas dilakukan di dalam mobil sambil mengemudi terlebih bagi seseorang yang mobilitasnya tinggi.