UNTUK INDONESIA

Hormati Keputusan Jokowi, PP PUI: Listyo Jalankan Tugas dengan Baik

Kana Kurniawan memberikan pesan kepada calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.
Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Persatuan Umat Islam (PP Pemuda PUI), Kana Kurniawan. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Persatuan Umat Islam (PP Pemuda PUI), Kana Kurniawan memberikan pesan kepada calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kana mengaku menghormati keputusan Jokowi atas pilihannya. Menurut dia, hal tentu sesuai dengan pertimbangan yang matang.

Pak Listyo sudah menjalankan tugas dengan baik. Beliau tegas, humble dan berintegritas dalam penegakkan hukum

"Presiden punya penilaian tersendiri. Dan itu hak prerogratifnya memilih nama-nama yang ada. Muncullah Komjen Listyo Sigit Prabowo," kata Kana kepada Tagar, Kamis, 14 Januari 2021.

Dia berpesan, ke depan Kapolri harus dapat membenahi persoalan hukum di Tanah Air. "Kapolri terpilih nanti harus terus membenahi penegakkan hukum yang berkeadilan. Hukum harus on the track dalam konstitusi negara. Memberikan rasa aman, nyaman bagi masyarakat," ujarnya.

Kana menilai, sepak terjang Komjen Listyo Sigit Prabowo selama ini patut diapresiasi. Menurutnya, Listyo kerap menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik,

"Pak Listyo sudah menjalankan tugas dengan baik. Beliau tegas, humble dan berintegritas dalam penegakkan hukum," kata dia.

Sebagai Kapolri nantinya, Komjen Listyo Sigit Prabowo diharapkan bisa bersinergi dengan ormas Islam, organisasi kepemudaan Islam, seperti Pemuda PUI.

"Pemuda PUI yang lahir 21 Desember 1917 berkewajiban merawat persatuan bangsa, siap bersinergi dengan Kapolri baru," ucap Kana Kurniawan.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo secara resmi ajukan Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo untuk menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis melalui surat yang dikirimkan secara langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Diajukannya nama Sigit ke DPR yang merupakan salah satu nama dari lima yang direkomendasikan oleh Kompolnas untuk menggantikan Jenderal Azis yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun pada Februari 2021 ini disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR pada Rabu, 13 Januari 2021.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," kata Puan.[]

Berita terkait
Total Kekayaan yang Dimiliki Komjen Listyo Sigit Prabowo
Komjen Listyo memiliki harta bergerak senilai Rp 975 juta, didapat dari lembaga LHKPN.
Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo Siap Jabat Kapolri
Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Jokowi untuk menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Aziz yang masuk masa pensiun.
Konflik Laten Agama - Etnis Taruh Harapan ke Listyo Sigit
Wasisto Raharjo Jati menilai pilihan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri sudah tepat.
0
Hormati Keputusan Jokowi, PP PUI: Listyo Jalankan Tugas dengan Baik
Kana Kurniawan memberikan pesan kepada calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.