UNTUK INDONESIA

Deretan Kasus yang Berhasil Dibongkar Listyo Sigit

Sigit dikenal telah berhasil membongkar beberapa kasus selama di Korps Bhayangkara.
Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Ketua DPR RI, Puan Maharani menyampaikan telah menerima surat Presiden Joko Widodo yang berisi nama Komisaris Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) pengganti Jenderal Pol Idham Azis pada Rabu, 13 Januari 2021.

“Suspres telah kami terima yang mana Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal, yaitu Bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri,” ujarnya di Gedung DPR RI, pada Rabu, 13 Januari 2021.

Suspres telah kami terima yang mana Bapak Presiden mengajukan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal.

Baca juga: Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo Siap Jabat Kapolri

Jenderal bintang tiga yang kerap disapa Sigit itu dikenal telah berhasil membongkar beberapa kasus selama di Korps Bhayangkara. Berikut ini beberapa kasus yang sempat dibongkar oleh Sigit:

1. Kasus Djoko Tjandra

Djoko Tjandra merupakan buronan yang dicari selama bertahun-tahun. Pada Juli 2020, Sigit bersama anak buahnya berhasil menangkap buronan terpidana dugaan kasus hak tagih Bank Bali tersebut. 

Kasus ini juga melibatkan kolega Sigit di Kepolisian, di antaranya Brigadir Jenderal Polisi Prasedjo Napoleon Bonaparte, dan Prasetijo Utomo.

2. Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung

Pada Oktober 2020, Sigit berhasil menetapkan delapan tersangka kasus kebakaran Kejaksaan Agung. Lima di antaranya merupakan kuli bangunan, dan tiga lainnya merupakan mandor, Direktur Utama PT APM dan anggota tim pengelola kegiatan pengadaan barang/jasa.

Baca juga: Total Kekayaan yang Dimiliki Komjen Listyo Sigit Prabowo

3. Kasus 50 Ton Ganja

Selama tahun 2020, Sigit bersama timnya telah mengamankan barang bukti narkoba sebanyak 5,91 ton sabu, 50,50 ton ganja, dan 905,425 butir pil ekstasi. Sedangkan tersangka yang terlibat dalam kasus pidana korupsi sebanyak 53.176 orang.

4. 485 Kasus Korupsi

Sigit tercatat berhasil menangani kasus korupsi sebanyak 485 perkara dan 800 kasus masih dalam tahap penyidikan. Selama 2020, Bareskrim juga berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp310 triliun.

5. Kasus Penyiraman Air Keras Novel Baswedan

Pada 2019, Sigit juga berhasil menangkap dua tersangka penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan. Kedua tersangka tersebut, yaitu Rahmat Kadir dan Ronny Bugis. 

Namun, penetapan tersangka ini banyak mendapatkan kritik dari publik, lantaran dianggap adanya keganjalan. [] (Amira Salsabila Aprilia)

Berita terkait
Konflik Laten Agama - Etnis Taruh Harapan ke Listyo Sigit
Wasisto Raharjo Jati menilai pilihan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri sudah tepat.
Jokowi Pilih Listyo Sigit, Stafsus Wapres: Prestasi Selama Ini Oke
Masduki Baidlowi menanggapi perihal dipilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Jokowi menjadi Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.
Arteria Dahlan: Mas Sigit Itu Aset Polri, Pekerja dan Bersahaja
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan mengatakan mendukung sepenuhnya Presiden Jokowi memilih Listyo Sigit Prabowo.
0
Yusuf Mansur: Terjun ke Dunia Bisnis Tetap Libatkan Allah
Ustaz Yusuf Mansur melalui kanal Tagar TV yang tayang Rabu, 13 Januari 2021 berbagi perihal kiat-kiat mengawali sebuah bisnis.