UNTUK INDONESIA
Higuain Tolak ke Juve, Ronaldo Tunggu Kepastian Liga
Juventus segera memanggil pemain untuk kembali menjalani latihan. Namun Gonzalo Higuain dan Cristiano Ronaldo menolak datang dengan alasan berbeda.
Juventus segera memanggil pemain untuk kembali menjalani latihan. Namun striker Gonzalo Higuain yang berada di Argentina menolak datang. Begitu pula Cristiano Ronaldo yang masih menunggu kepastian Liga Italia kembali bergulir. (Foto: juventus.com)

Jakarta - Juventus segera memanggil pemain untuk kembali menjalani latihan karena kompetisi Serie A Italia akan digulirkan. Namun striker Gonzalo Higuain menolak kembali dan Cristiano Ronaldo masih menunggu kepastian kapan liga dimulai lagi. 

Pelatih Maurizio Sarri akan memulai latihan pada 4 Mei 2020. Pasalnya liga akan digulirkan pada 27 atau 31 Mei 2020. Meski pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, namun kompetisi tetap akan dilaksanakan. 

Tidak hanya kompetisi domestik, Liga Champions dan Liga Europa juga ditargetkan digelar kembali pada Agustus 2020. UEFA menunggu liga di masing-masing negara diselesaikan lebih dulu sebelum kompetisi Eropa dimulai lagi.

Membuka (kembali) stadion atau sekolah, misalnya, berarti membuka peluang untuk terjadiknya kontak (fisik)

Para pemain pun sudah siap datang untuk kembali menjalani latihan. Striker Paulo Dybala sudah memastikan bergabung. Demikian pula Douglas Costa yang akan kembali dari Brasil dan Miralem Pjanic sudah terbang dari Bosnia ke Turin.

Sebaliknya, menurut Calciomercato, Higuain menolak memenuhi permintaan Juve untuk kembali ke Italia. Dirinya memilih bertahan di Argentina. Mantan striker Real Madrid ini sudah meninggalkan Italia saat masa karantina. 

Higuain merasa sudah tidak dibutuhkan klub. Kontraknya yang berakhir pada 2021 pun tak diperbarui oleh Juve. Ini menjadi sinyal I Bianconeri bakal menjualnya di bursa transfer musim panas. 

Selain sudah menurun ketajamannya, gaji tinggi Higuain juga agak memberatkan klub. Penyerang berusia 33 ini mendapat gaji 15 juta euro atau Rp 252 miliar setiap tahun. 

Namun kontribusi pemain yang musim lalu dipinjamkan ke Chelsea ini termasuk minim. Musim ini, Higuain hanya mengemas 5 gol dari 23 pertandingan Serie A. 

Bila Higuain menolak kembali, sebaliknya Ronaldo masih menunda kepulangan ke Italia. Alasannya, dia hanya menunggu kepastian kapan Liga Italia secara resmi digulirkan kembali. 

Bila sudah ada kepastian, eks bintang Manchester United ini segera kembali ke Italia. Dia akan datang 15 hari sebelum persiapan pertandingan. Pasalnya, Ronaldo harus mengikuti prosedur menjalani karantina lebih dulu selama 15 hari bagi mereka yang akan masuk ke negara Italia.

Saat ini, Ronaldo masih bersama keluarganya di Madeira, Portugal. Dirinya tetap menjalani latihan mandiri secara intensif sehingga tetap bugar saat kembali bermain. 

Menteri Olahraga dan Kesehatan Tolak Liga Digulirkan

Meski liga segera digulirkan, namun Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora menyatakan keraguannya. Dia tidak bisa memastikan apakah liga bisa digulirkan pada Mei mendatang.

Namun Presiden FIGC Gabriele Gravina tegas menyatakan kompetisi 2019-20 harus dilanjutkan. Bahkan dia melontarkan kritik terhadap pihak-pihak yang keberatan dengan dilanjutkannya kompetisi musim ini.

"Pihak-pihak yang memprovokasi pembatalan musim adalah mereka yang tidak menyukai sepak bola atau orang-orang Italia. Mereka justru ingin mengambil harapan masa depan," kata Gravina. 

Sementara, Menteri Kesehatan Roberto Speranza mendukung sikap Menteri Olahraga agar kompetisi tetap tak dilaksanakan. Menurut dia dengan angka kematian mencapai 400 orang setiap hari, Italia belum sepenuhnya aman untuk menggelar pertandingan. 

"Yang diutamakan adalah hidup manusia. Prioritas pemerintah tentu berbeda. Kami berusaha agar kehidupan kembali normal," ujar Speranza. 

"Membuka (kembali) stadion atau sekolah, misalnya, berarti membuka peluang untuk terjadinya kontak (fisik)," ucap dia. 

Speranza tetap menghargai keinginan mereka agar pertandingan sepak bola kembali digelar. Apalagi dirinya juga penggemar bola. Namun dalam situasi seperti ini dan kembali digelarnya pertandingan, tidak menutup kemungkinan jumlah yang terinfeksi virus corona akan bertambah. []

Berita terkait
Juventus, Antara Zinedine Zidane dan Pep Guardiola
Juventus kembali mengincar pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menggantikan Maurizio Sarri. Namun Juve juga masih berharap kepada Pep Guardiola.
Juventus Bersikap, Ronaldo Tidak Dijual
Juventus memastikan tidak akan menjual pemain bintang Cristiano Ronaldo. Klub mempertahankan Ronaldo yang kontraknya berakhir pada 2022.
Gonzalo Higuain Kabur ke Argentina, Juventus Dikecam
Jventus mendapat kecaman karena izinkan pemainnya, Gonzalo Higuain, Miralem Pjanic, dan Sami Khedira kabur dari karantina dan pulang ke negaranya.
0
Tips Menggunakan AC yang Benar Selama Pandemi Corona
Selama pandemi Corona masyarakat sudah harus memperhatikan panduan penggunaan AC dengan benar agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.