UNTUK INDONESIA
Hepatitis A Menyerang Kota Depok, Kenali Gejalanya
Kasus meradangnya Hepatitis A di Depok sempat mencemaskan warga setempat, bagaimana mencegah penyakit ini terjadi, berikut ulasannya.
Virus Hepatitis A yang mengganggu organ hati (Foto : Instagram/@medicatour)

Jakarta - Kasus meradangnya Hepatitis A di Depok belum lama ini membuat sejumlah warga cemas. Sejauh ini, tercatat ada 262 kasus yang meluas di kota Depok. 

Wabah Hepatitis A ini ditemukan pada pertengahan November sampai 3 Desember. Penyakit ini terjadi di Depok karena berasal dari salah satu petugas office boy yang juga menjadi pedagang kantin SMPN 20 Depok. 

Dari sejak saat itu wabah tersebut mulai meradang di sana. Hal itu juga diungkap oleh Kementerian Kesehatan. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Anung Sugihantono mengatakan pesuruh kantor yang dipekerjakan di sekolah tersebut sebagai petugas kebersihan. 

"Dia mengaku itu. Cuci tangannya, nggak bener, bahannya yang disajikan juga tidak dicuci dengan benar," kata Anung di Gedung Kementerian Kesehatan. 

Dari peristiwa itu, mungkin kebanyakan orang belum mengenal Hepatitis A. Tetapi perlu diketahui, penyakit ini merupakan peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. 

Cuci tangannya, nggak bener, bahannya yang disajikan juga tidak dicuci dengan benar.

Infeksi yang mengganggu organ hati ini dapat menular dengan mudah hanya dengan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh virus penyakit itu. 

Untuk mengenal penyakit ini, Anda harus mengetahui gejala awal yang ditimbulkan oleh Hepatitis A itu sendiri. Biasanya, penyakit ini bisa diketahui saat beberapa minggu penderita tertular virus tersebut. 

Gejala yang terlihat adalah perubahan warna kulit dan mata yang menjadi kuning. Tetapi, sebelumnya penderita mengalami demam, rasa mual, lemas, warna urin dan tinja yang berubah terlebih dahulu. 

Memang tidak ada pengobatan khusus untuk penderita Hepatitis A. Tetapi, ketika seseorang menderita penyakit tersebut, yang harus penting diperhatikan adalah menjaga kebersihan dan istirahat cukup. 

Pengobatan Hepatitis A hanya bertujuan untuk meredakan gejala yang dirasakan oleh si penderita. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh akan membasmi virus tersebut, meski butuh waktu.

Penderita disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, jika ingin mengonsumsi obat-obatan. Meski, obat itu bisa dibeli tanpa resep dokter, Anda juga disarankan untuk selalu meminta anjuran para ahli kesehatan agar penyakit ini tidak semakin parah dialami si penderita. 

Menghindari terjangkitnya penyakit Hepatitis A ini, ada beberapa cara sederhana yang perlu dilakukan. 

1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Hal ini bisa dibilang sederhana karena bisa dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Cara ini juga bukan hanya untuk menghindari penyakit Hepatitis A saja, tetapi juga untuk pencegahan penyakit lain terjadi.

2. Menghindari konsumsi makanan mentah atau setengah matang

Cara ini bisa dikatakan mudah untuk dilakukan karena dengan pola makan yang baik dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dapat mencegah terkena virus Hepatitis A. 

3. Melakukan vaksinasi Hepatitis A

Pada proses pemberian vaksin Hepatitis A, biasanya dilakukan bertahap. Injeksi vaksin diberikan dua kali dalam kurun waktu enam bulan untuk masing-masing injeksi. 

Oleh karena itu, sistem imun yang sempurna akan terbangun kembali. Penyakit ini memang tergolong ringan karena 100 persen penderitanya sembuh dan biasanya tidak berkembang menjadi kronis. 

Namun yang juga tak kalah pentingnya adalah Anda juga tidak boleh melupakan dengan mencuci tangan dengan sabun, serta mencuci bahan makanan sampai bersih. 

Dari beberapa hal tentang Hepatitis A yang diungkap, masyarakat diharapkan selalu waspada terhadap wabah virus tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Daftar Orang Terkenal Terkena Hepatitis C
Hepatitis salah satu penyakit tak pandang bulu. berikut daftar orang terkenal yang terkena hepatitis C.
Perbedaan Penyakit Hepatitis A, B dan C
Hepatitis adalah penyakit berupa peradangan yang terjadi di hati dan disebabkan oleh infeksi virus.
975 Orang Penderita Hepatitis A di Kampung SBY
Sampai saat ini berdasarkan data dari Dinkes Jatim sudah 975 orang yang terkena penyakit tersebut.
0
Persib Bandung Diperkuat Eks Striker Ajax Amsterdam
Persib Bandung bakal diperkuat eks striker Ajax Amsterdam, Geoffrey Castillion. Dirinya segera bergabung untuk menjalani latihan bersama tim.