Hasil Sementara Pilkada Sleman, Bantul, dan Gunungkidul

Berikut hasil sementara quick count Pilkada Sleman, Bantul dan Gunungkidul berdasarkan foto formulir Model C yang dikirim KPPS melalui Sirekap.
Hasil Sementara Pilkada Tiga Kabupaten di DIY. (Foto: IStimewa)

Yogyakarta - Ajang pesta demokrasi bernama Pilkada 2020 sudah digelar serentak pada Rabu, 9 Desember 2020. Penghitungan suara sudah dilakukan, termasuk pilkada tiga kabupaten di Yogyakarta, yakni Sleman, Bantul dan Gunungkidul.

Untuk mengetahui hasilnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penghitungan secara quick count berdasarkan data yang hasil foto formulir Model C. Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Seperti yang dilihat Tagar pada pukul 19.00 WIB di website resmi KPU https://pilkada2020.kpu.go.id, data yang masuk masih sedikit.

Baca Juga:

Berikut hasil sementara untuk Pilkada Sleman yang diikuti tiga pasangan calon, data yang masuk 48 dari 2125 TPS atau 2.26%:

Nomor urut 01 Danang Wicaksana Sulistya - Raden Agus Choliq meraih 29,5 persen atau 3.874 suara. Nomor urut 02 Sri Muslimatun - Amin Purnama meraih 32,4 persen atau 4.242 suara. Nomor urut 03 Kustini Sri Purnomo - Danang Maharsa meraih 38.0 persen atau 4.967 suara.

Untuk Pilkada Bantul yang diikuti dua pasangan calon, data yang sudah masuk 31 dari 2085 TPS atau 1.49%, dengan perolehan:

Nomor urut 01 Abdul Halim Muslih - Joko B. Purnomo meraih 57.1 persen atau 3.899 suara. Nomor urut 02 Suharsono - Totok Sudarto meraup 42,9 persen atau 2.927 suara.

Untuk bisa mengikuti update secara real time perolehan suara, bisa memantau langsung melalui link https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/34.

Sedangkan Pilkada Gunungkidul diikuti empat pasangan calon, data yang masuk paling sedikit, yakni 14 dari 1900 TPS atau 0.74%. Untuk rincian perolehan suaraa sementara sebagai berikut:

Nomor urut 01 Sutrisna Wibawa - Mahmud Ardi meraih 37,2 persen atau 1.205 suara. Nomor urut 02 Immawan Wahyudi - Martanty Soenar Dewi meraih 12,3 persen atau 399 suara. Nomor urut 03 Bambang Wisnu Handoyo - Benyamin Sudarmadi mendapat 23,3 persen atau 755 suara. Nomor urut 04 Sunaryanta - Heri Susanto meraig 27,2 persen atau 883 suara.

Baca Juga:

Untuk bisa mengikuti update secara real time perolehan suara, bisa memantau langsung melalui link https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/34. 

Di dalamnya ada disclaimer yang berisi yakni:

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan.

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka. []

Berita terkait
Politik Gentong Babi Melukai Demokrasi Pilkada 2020
Dugaan pelanggaran menjelang Pilkada 2020 terlihat di tiga kabupaten di DIY. Di Gunungkidul misalnya dengan mendompleng bansos program pemerintah.
7 Kasus Penyelenggara Pemilu di Yogyakarta Diadukan ke DKPP
DKPP menerima tujuh aduan dari masyarakat perihal dugaan perkara penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu di DIY.
Kata-kata Suharsono dan Halim Saat Coblosan Pilkada Bantul
Dua calon bupati, Abdul Halim Muslih dan Suharsono sudah menggunakan hak pilihnya di Pilkada Bantul. Berikut kata-katanya usai nyoblos.
0
Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris Merauke Jaringan JAD
Densus 88 Kembali mengamankan 1 orang terduga teroris di Merauke, Papua sehingga total 11 Orang diamankan terkait Jaringan Ansharut Daulah (JAD).