UNTUK INDONESIA

Hari Keenam, Basarnas Fokus Cari Korban hingga CVR Sriwijaya

Tim SAR di hari keenam pencarian difokuskan ke semua objek, mulai dari korban, serpihan, hingga bagian kotak hitam CVR pesawat Sriwijaya SJ-182.
Tim SAR gabungan melakukan operasi pencarian pesawat Sriwijaya Air hari keempat, Selasa, 12 Januari 2021. (Foto: Tagar/Tim SAR)

Jakarta - Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI Marsekal Rasman MS menyampaikan, tim SAR gabungan akan fokuskan pencarian semua objek, mulai dari korban, serpihan, hingga bagian kotak hitam CVR pesawat Sriwijaya SJ-182.

Karena itu, Basarnas membagi tim SAR gabungan menjadi tim-tim khusus untuk memaksimalkan operasi semua objek pencarian dari pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021 di perairan Kepulauan Seribu.

Mudah-mudahan rekan-rekan kita masih tetap semangat dan kondisinya tetap terpelihara.

"Fokus pencarian tidak ada diprioritaskan pada satu objek. Jadi korban kita utamakan, VCR kita utamakan, serpihan kita utamakan. Oleh karena itu kita bagi di dalam tim ini. Ada yang khusus mencari serpihan, kemudian korban, dan juga VCR," kata Rasman dalam konferensi pers di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 14 Januari 2021.

Rasman juga menyampaikan untuk hari keenam operasi pesawat Sriwijaya SJ-182, Basarnas akan perluas pencarian lewat udara dengan jumlah yang sama yakni 13 pesawat.

Baca juga:

"Kita tetap melalui udara untuk deteksi pencarian. Pencarian lewat udara akan diperluas untuk mencari korban atau bagian-bagian pesawat yang kemungkinan letaknya jauh akibat terbawa arus," jelasnya.

Selain itu, kata Rasman, tim SAR gabungan akan mengupayakan operasi pencarian Sriwijaya SJ-182 di pantai dan diatas permukaan laut. Sebab, petugas pun menemukan objek pencarian yang tersangkut hingga mengapung di air.

"Kemarin hari kelima, ada penyerahan objek pencarian yang ditemukan karena tersangkut di jaring nelayan," ujar Budi.

"Bagian-bagian ini juga melayang di air. Oleh karena itu pencarian diatas permukaan tetap dilakukan dengan tetap fokus pada enam sektor," sambungnya.

Rasman menyampaikan, hingga hari keenam ini ada 268 penyelam yang akan dikerahkan dalam pencarian di bawah permukaan laut. Jumlah tersebut menurutnya, sudah cukup untuk diefektifkan ke enam sektor yang telah ditentukan.

"Mudah-mudahan rekan-rekan kita masih tetap semangat dan kondisinya tetap terpelihara,"ujarnya.

Rasman juga berharap cuaca bersahabat dan mendukung dalam pencarian hari keenam ini, sehingga segala kegiatan operasi pesawat Sriwijaya SJ-182 dapat berjalan dengan baik dan lancar. [] (Grace Natalia Indah)

Berita terkait
Langkah Polri Agar Tidak Ada Data Ganda Korban Sriwijaya Air
Sederet proses verifikasi akan ditempuh pihak kepolisian untuk menghindari adanya data ganda korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.
2 dari 5 Warga Sumbar Korban Sriwijaya Air Teridentifikasi
2 dari 5 warga Sumatera Barat berhasil teridentifikasi sebagai korban jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Fadly Satrianto dan Ash Habul Yamin.
Kecelakaan Sriwijaya Air, Diramal Madhiro 2 Hari Sebelumnya
Seorang fotografer, memprediksi akan adanya kecelakaan pesawat Sriwijaya Air dua hari sebelum kejadian, begini kisahnya.
0
Hari Keenam, Basarnas Fokus Cari Korban hingga CVR Sriwijaya
Tim SAR di hari keenam pencarian difokuskan ke semua objek, mulai dari korban, serpihan, hingga bagian kotak hitam CVR pesawat Sriwijaya SJ-182.