UNTUK INDONESIA
Hantu Pastor Kepala Buntung di Jeruk Purut Jakarta
Hantu pastor kepala buntung akan menampakkan dirinya pada malam hari di Makam Jeruk Purut Jakarta. Kemunculannya ditandai suara anjing melolong.
TPU Jeruk Purut Jakarta dipercaya angker oleh warga. Di tempat ini banyak cerita angker mulai dari pastor buntung kepala, kuntilanak dan lainnya. (Foto : Tagar/Revy Putra Andaryanto)

Jakarta - Suatu malam, sosok hantu seorang pastor berkepala buntung akan menampakkan dirinya. Muncul dari kegelapan yang disampingnya seekor anjing hitam. Anjing galak itu miliknya, melolong memecah kekehingan. Kemunculan selalu ditandai desis angin menderu.

Lolongan anjing itu semakin jelas menusuk telinga. Itu tanda keberadaan pastor dan anjing hitam sudah dekat. Seolah suara itu datang dari berbagai penjuru arah mata angin. Hingga saat itu orang menjadi panik, tidak tahu ke mana harus berlari menjauh menyelamatkan diri.

Demikian cuplikan film berjudul Hantu Jeruk Purut yang dibintangi Sheila Marcia, Angie Virgin, Samuel Zylgwyn. Tagar mendatangi lokasi yang diangkat dalam film ini, Makam Jeruk Purut. Makam yang memiliki luas 9,12 hektare ini berada di kawasan Pasa Minggu, Jakarta Selatan.

Keangkeran tempat ini memenuhi syarat. Banyak sumber keangkeran bersemayam di sana, seperti pohon kembar, pohon benda, sumur tua hingga bangkai mobil jenazah. Di sejumlah lokasi pemakaman ini juga menyimpan banyak pusaka seperti batu cincin, keris, hingga mahkota.

Menurut kepercayaan warga sekitar makam, makhluk-makhluk gaib penunggu makam, sudah ada sejak zaman dahulu yang masih bertahan hingga kini. Salah satunya adalah hantu pastor kepala buntung dengan anjing hitamnya itu. Pastor itu menjinjing kepalanya, berkeliaran di sekitar makam yang dikawal oleh anjing hitam. Siapa sebenarnya pastor yang menyeramkan itu?

Katanya juga sih mayat sama kepalanya di buang di tempat terpisah.

suasana makamSuasana makam di TPU Jeruk Purut Jakarta saat siang tampak tidak angker, namun kalau malam rasa angker di tempat ini sangat terasa. (Foto : Tagar/Revy Putra Andaryanto)

Ma'ruf 45 tahun, warga setempat mengatakan, sosok pastor yang sering diceritakan dari mulut-mulut ini sebenaranya tidak dimakamkam di pemakaman umum ini. Ada cerita pastor itu sebenarnya dimakamkan di Makam Tanah Kusir namun berkeliaran di Makam Jeruk Purut untuk mencari makamnya. Namun, ada juga versi lain bahwa hantu kepala buntung ini berasal dari korban pembunuhan.

Namun, menurut versi penduduk sekitar Makam Jeruk Purut, pastor itu dibunuh karena mengamili warga. "Katanya dulu itu ada anak ustad suka sama pastor itu. Namun si pastor itu menghamili anak ustad tersebut. Si ustad sama warga tidak terima sama apa yang dilakukan pastor itu," kata Ma'ruf, Minggu, 3 November 2019.

Pria penjaja gorengan ini mengatakan, ustad bersama warga memburu pastor itu dan berhasil menangkapnya. Pastor itu dibunuh, kepalanya dipenggal. "Katanya juga sih mayat sama kepalanya di buang di tempat terpisah. Namun lokasinya masih di sekitar Jeruk Purut juga tempatnya,” ujarnya.

Ada pula versi lain bahwa hantu pastor ini sudah ada dari zaman Belanda. Saat itu penduduk pribumi beranggapan bahwa semua orang Belanda adalah penjajah. Pastor yang tidak bersalah dan diketahui telah menjadi warga negara Indonesia juga dianggap penjajah.

Pastor itu berpenampilan layaknya seperti orang Belanda. Karena baju yang dikenakan berbeda dengan warga pribumi, maka mereka membunuhnya dan memutilasinya.

"Dulu dapat cerita dar kakek, kalau hantu kepala buntung itu sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda. Orang-orang patriot menganggap siapa pun yang orang Belanda, pasti penjajah. Akhirnya itu pastor dimutilasi ramai-ramai oleh warga pribumi,” ujar salah satu kerabat dari juru kunci makam.

nasyirPenjaga TPU Jeruk Purut Jakarta sedang membersihkan reremputan di dalam makam. (Foto : Tagar/Revy Putra Andaryanto)

Dia mengatakan, para pengurus makam yang memercayai hantu ini meyakini bahwa, sosok pastor ini sudah hilang sejak tahun 1997. Oleh sebab itu, jika ada yang mengaku telah melihat penampakan berupa hantu tanpa kepala, itu adalah jelmaan jin yang menyerupai sang pastor.

Pria yang enggan disebut namanya ini mengungkapkan ada tanda-tanda khusus saat pastor kepala buntung itu akan datang. “Tandanya itu gonggongan anjingnya hanya satu kali. Nah, biasanya kabar akhir-akhir ini gonggongannya berkali-kali. Itu udah pasti bukan anjing si pastor," ungkap dia.

Nasyir, salah satu penjaga makam menyebutkan kesaksian yang keberadaan hantu pastor kepala buntung itu adalah palsu. Selama menjaga makam sama sekali belum pernah melihat penampakan pastor kepala buntung besertan anjing hitamnya itu.

"Kepala buntung itu mah akal-akalan orang sini aja buat bikin cerita dan jadi bahan omongan. Nyatanya pun belum ada yang pernah melihat hantu kepala buntung itu," ujar dia.

Sampai sekarang sosok pastor kepala buntung, hantu yang melegenda itu masih misteri. Faktanya banyak orang takut melewati kawasan yang sering digunakan untuk uji nyali itu. Faktanya lagi banyak titik mistis yang tersebar di kompleks makam yang memberi kesan seram. Lantas titik mana saja yang kerap menghadirkan suasana angker itu.

pohon tuaPohon berusia tua yang berada di dalam kompleks TPU Jeruk Purut Jakarta yang dipercaya warga ada penunggunya berupa makhluk halus. (Foto : Tagar/Revy Putra Andaryanto)

Tagar mencatat ada empat titik mistis di kompleks Makam Jeruk Purut.

1. Pohon Kembar

Pohon kembar yang berada di dalam makam ini saking angkernya, sering dijadikan tempat untuk uji nyali bagi, khususnya warga pendatang. Disebut pohon kembar karena ada dua pohon yang berdiri berjejer. Dua pohon saling menyerupai satu sama lain, sehingga disebut pohon kembar. Konon menurut kesaksian penjaga makam, pohon kembar ini dihuni oleh sosok kuntilanak kembar.

Ma'ruf mengatakan di sekitar pohon kembar itu sering diguakan buat uji nyali. "Kalau malam banyak pemuda mau uji nyali, diarahin ke pohon kembar. Yang membuat terkenal pohon itu sih ada sepasang kuntilanaknya," ujarnya.

Menurut dia, pohon kembar ini diyakini juga tidak boleh sembarang dihampiri oleh orang yang tidak ada kepentingan. Namun penjaga makam telah melakukan semacam doa, tujuannya agar pengunjung makam tidak diganggu oleh makhluk halus penunggu makam.

Dia bercerita suatu saat seorang temannya yang berprofesi sebagai ojek online mengantar penumpang di Makam Jeruk Purut. Customer ingin diantarkan ke bawah pohon kembar yang tidak bisa dilalui motor. "Saya sempat melihat penumpangnya karena waktu itu, temen saya bertanya arah jalan ke Jeruk Purut," kata dia.

Ma'ruf memberi arahan rute mana yang terdekat. Tidak lama berselang, driver ojek online sudah balik lagi menemenuinya. Raut muka driver ojek online saat itu pucat pasi. "Tahu-tahu penumpang yang diboncengin tadi sudah tidak ada di belakangnya," ujar Ma'ruf.

Yang membuat terkenal pohon itu sih ada sepasang kuntilanaknya.

2. Pohon Benda

Tidak hanya pohon kembar, satu lagi pohon yang dikenal angker ialah pohon benda. Tagar menghampiri pohon benda itu pada 3 Novemver lalu. Keberadaan pohon ini yang tersisa hanya batang besar bagian bawahnya saja. Pohon benda ini masih kokoh berdiri banyak yang menduga karena sebagai sarang makhluk gaib.

Menurut Naysir, si penjaga makam, pohon benda ini merupakan pohon tertua yang ada di kompleks makam. Pohon yang terletak di bagian barat makam Jeruk Purut ini juga menjadi pohon paling angker. "Pengunjung yang uji nyali di pohon kembar bisa tahan sampe 30 menit, kalau di pohon benda belum tentu. Energinya kuat banget," kata Nasyir.

Dia mengatakan jika di tempat lain gangguannya hanya sebatas penampakan, namun di pohon benda tingkat tertinggi dari gangguan yang didapat ialah lemparan dan pukulan benda-benda mistis. Tidak sekedar menampakkan sosoknya, tetapi juga memukul manusia di tempat itu.

Menurut penjaga makam, pohon benda dihuni oleh dua jenis makhluk gaib, jahat dan baik. Biasanya mereka tidak senang jika pengunjung berkata hal-hal kotor. Gangguannya pun mereka dilempari benda-benda yang tidak kasat mata namun bisa membuat terluka.

mobil jenazahBangkai mobil jenazah di bawah pohon beringin di sekitar TPU Jeruk Purut Jakarta (Foto : Tagar/Revy Putra Andaryanto)

3. Sumur Tua

Tidak hanya pohon angker, di lokasi Taman Pemakaman Umum Jeruk purut juga terdapat sebuah sumur mistis. Kesaksian warga dan penjaga makam, sering mendengar suara tangisan yang entah dari mana berasal. Mereka menduga suara tangisan yang menyayat tersebut bersumber dari sumur tua ini.

Ma'ruf pernah mendengar suara perempuan menangis lumayan lama. Penjual gorengan ini kebetulan sedang bersama Mang Yai, salah satu penjaga makam, yang juga mendenga suara tangisan itu. "Kami bareng-bareng mencari asal suara meski kami tahu itu bukan suara dari manusia. Namun penasaran saja dari mana asal suaranya, dan ternyata adanya dari sumur area kuburan," katanya.

4. Bangkai Mobil Jenazah

Warga sekitar makam juga kerap kali melihat sosok perempuan berbaju putih yang menampakkan dirinya di sekitar bangkai mobil jenazah. Mobil pengantar jenazah ini sudah lama tidak beroperasi. Warga sering kali menerima laporan dari anak-anak mereka mengenai penampakan hantu mobil jenazah.

Seorang warga setmoat yang enggan disebut namanya mengatakan, suatu ketika anaknya bercerita melihat perempuan yang berdiri di dekat mobil jenazah. Saat itu kejadiannya selepas Magrib. "Anak saya bilang ketemu perempuan rambutnya berantakan lagi di dekat mobil jenazah. Mukanya hancur dan baunya kaya sampah. Anak saya laporan kayak gitu ke saya," ungkapnya.

Penampakan perempuan ini sudah sering disaksikan warga juga penjaga makam. Warga mempercayai bahwa perempuan tersebut meninggal saat mobil jenazah tersebut membawanya pergi. Bangkai mobil jenazah ini diletakkan dekat dengan pohon beringin. Keberadaan ini semakin menambah kesan angker dari mobil berjenis stesen ini.

Pesan dari penjaga makam, usai mengunjungi makam jeruk purut, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pengunjung harus berpamitan dengan juru makam atau pun penjaga makam yang ditemui. Kedua, ketika sampai di rumah, semua pakaian harus diganti serta mencuci tangan dan kaki hingga bersih. Konon, bila hal tersebut tidak dilakukan, akan ada makhluk gaib yang mengikuti pengunjung sampai ke rumah. []

(Revy Putra Andaryanto)

Baca Juga:

Berita terkait
Hantu Tanpa Kepala di Rel Kereta Bintaro Jakarta
Hantu tanpa kepala itu melangkah gontai di perlintasan rel kereta Bintaro Jakarta. Ia berjalan bolak-balik seakan mencari kepalanya yang hilang.
Hantu Terowongan Casablanca Teror Pengemudi
Kisah mistis Terowongan Casablanca sudah tersebar dari mulut ke mulut sehingga memberikan sugesti menakutkan bagi siapapun yang mendengarnya.
Hantu Pocong Penunggu Lubang Buaya
Monumen Lubang Buaya jadi saksi kekejaman PKI saat tragedi G30S-PKI. Ditempat ini jasad tujuh jenderal dimasukkan dalam sumur.
0
Pengangguran DKI, PDIP: OK OCE Sandiaga Omong Kosong
Anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menganggap program OK OCE Sandiaga Uno adalah omong kosong.