UNTUK INDONESIA
Hantu Perempuan Menangis di Stasiun Manggarai
Hantu di Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta Selatan populer di masyarakat. Seorang masinis pernah mendengar perempuan menangis di dekat peron.
Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta Selatan. (Foto: Tagar/Dimas Wijanarko)

Jakarta - Eko Julianto mendengar suara perempuan menangis dekat kamar mandi tak jauh dari peron, jalan kecil sejajar dengan rel di Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta Timur.  Ia terkejut namun tak menghiraukan pendengarannya.

Saya lihat kayak cewek pakai baju putih diam di ujung. Saat saya lihat lagi, cewek itu sudah tidak ada.

Eko seorang masinis kereta api listrik (KRL) Commuter Line. Pengalaman mistik itu dialaminya beberapa waktu lalu, ketika hendak bersiap pulang kerja sekitar pukul  22.00 WIB.

"Dekat kamar mandi tiba-tiba ada suara perempuan menangis. Selang beberapa detik, suara itu berubah jadi suara cekikikan," kata lelaki 27 tahun itu ketika dijumpai Tagar di Stasiun Manggarai, Minggu 31 Oktober 2019.

Sebelum sampai di kamar mandi, masinis KRL rute Bogor ini juga melihat sosok seorang perempuan berbaju putih berdiri diam di ujung peron. Namun ia takut menghampiri sosok tersebut karena sudah mendengar lama cerita hantu di sekitar stasiun.

“Waktu itu kan saya selesai tugas jam 10 malam, nah pas lewat peron saya lihat kayak cewek pakai baju putih diam di ujung. Saat saya lihat lagi, cewek itu sudah tidak ada," tuturnya.

MasinisEko Julianto, seorang masinis yang pernah mendengar tangisan perempuan di dekat peron Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta Timur. (Foto: Tagar/Dimas Wijanarko)

Cerita hantu memang tak pernah habis di negeri ini. Selain kaya budaya, seluruh wilayah Indonesia menyimpan berbagai kisah dan mitos mistik. Beragam jenis makhluk gaib yang disebut-sebut pernah menampakkan wajah kepada manusia.

Tidak hanya di perkampungan nusantara, kota-kota besar pun menyimpan banyak kisah misteri. Salah satunya Stasiun Kereta Api Manggarai, Jakarta Selatan. Stasiun peninggalan Belanda ini kerap dibincangkan horor dan menakutkan.

Tagar menyusuri stasiun terbesar di DKI Jakarta itu. Sayangnya petugas tidak mengizinkan untuk masuk melihat gerbong yang tidak terpakai. Menurut cerita warga sekitar, areal Stasiun Manggarai cukup luas dan sebagian terkesan tidak terurus.

Saya pernah dengar cerita kereta hantu Manggarai. Tapi belum pernah naik dan semoga tidak sampai naik.

Katanya, gerbong dan lokomotif tak terpakai berjejer di rel-rel usang. Rumput-rumput liar menjalari gerbong-gerbong kereta berkarat tak terpakai. Ilalang menjulang menutup tinggi pria dewasa. Suram dan mencekam ketika malam mulai memanggil.

Bangkai kereta bekas kecelakaan yang merenggut banyak nyawa pun di museumkan di Manggarai, termasuk gerbong dan lokomotif tragedi Bintaro 1987 silam. Lokomotif khusus pemeliharaan rel berupa krane kereta yang digunakan mengangkat gerbong tragedi Bintaro bernama "Si Bongkok" pun didiamkan di Manggarai. "Tapi sudah dipindahkan gerbong-gerbong itu sebagian," kata sumber Tagar yang enggan dituliskan namanya. 

Keberadaan gerbong tua yang menyimpan beragam mistik menjadikan Stasiun Manggarai kian anker, apalagi di malam hari. Mayoritas masyarakat khususnya Jakarta mengetahui cerita-cerita horor tersebut.

“Saya pernah dengar cerita kereta hantu Manggarai. Tapi belum pernah naik dan semoga tidak sampai naik ke kereta itu lah," kata Wawan, salah seorang warga Jakarta.

Senada dengan itu, warga lainnya Lia pun kerap mendengar cerita hantu di Stasiun Manggarai. "Aku sekadar dengar dari cerita orang-orang. Tapi kalau itu benaran kejadian, seram sekali dong ada kereta hantu begitu," katanya.

                                                ***

Di sisi lain, kisah Hantu Manggarai telah diceritakan dalam beragam versi. Ada yang menyebut di Manggarai ada kereta api menghilang tanpa bekas. Ada pula kereta api melaju tanpa masinis dan penumpang. Sebagian lain mengisahkan kereta misterius meluncur di luar jadwal keberangkatan.

Kereta ApiKereta Api melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta Timur. (Foto: Tagar/Dimas Wijanarko)

Cerita-cerita hantu ini sempat viral di media sosial (medsos). Kesaksian sejumlah orang yang mengaku menyaksikan peristiwa itu semakin menggiring masyarakat percaya akan keberadaan Hantu Manggarai.

Kejadian viral yang dirangkum Tagar pernah dialami Sutrisno, penjaga pintu perlintasan di daerah Bukit Duri, Jakarta Selatan. Peristiwa itu dialaminya ketika sedang berjaga malam hari. Ketika begadang melawan kantuk, ia dikagetkan sirene pintu perlintasan yang tiba-tiba berbunyi.

Sutrisno merasa sirene itu janggal. Sebab waktu itu jam baru menunjukkan pukul 04.00 WIB. Padahal kereta api pagi dijadwalkan berangkat pukul 05.00 WIB. Saat masih terheran, sebuah rangkaian kereta melintasi rel dari arah Bogor.

Sutrisno kaget dan merasa cemas menyaksikan keanehan pagi itu. Apalagi kereta itu hanya menarik 4 gerbong penumpang dan di dalamnya, tidak satu penumpang pun terlihat. Ia tidak melihat tanda-tanda kereta hidup karena lampu gerbong tidak menyala.

Kisah nyaris sama dialami seorang warga bernama Slamet. Kala itu, ia mengaku dihampiri seorang pemuda yang mengaku mahasiswa dan baru turun dari kereta api pukul 23.30 WIB. Pemuda kebingungan mencari angkutan umum lantaran hari kian larut.

Slamet merasa heran dengan pemuda yang mengaku turun dari kereta api jelang dini hari ini. Sebab tidak ada kerta yang melintas dan berhenti di Stasiun Depok, saat pemuda ini turun. Menurutnya, jadwal terakhir kedatangan KRL dari Jakarta ke Depok pukul 22.00 WIB.

Namun setelah mendengar paparan Slamet, pemuda itu tetap percaya yang dinaikinya kereta biasa. Mahasiswa itu juga menceritakan seluruh kejadian yang dialaminya saat berada di dalam kereta. Ia mengaku gerbong-gerbong kereta sunyi dan semua penumpang mengenakan pakaian seragam berwarna putih.

Ia sempat meminjam koran salah seorang penumpang lainnya. Namun lupa mengembalikan koran itu karena buru-buru turun di Stasiun Depok. Namun ia percaya bahwa yang naikinya adalah kereta sebenarnya dan bukan berbaur mistik.

Meyakinkan pemuda itu, Slamet mengajaknya menghampiri Arief Rachman Hakim, seorang penjaga pintu perlintasan kereta api. Slamet pun memberikan koran yang dipinjam pemuda itu kepada si petugas. Semua lantas tercengang bercampur takut karena koran tersebut terbitan tahun 1953.

Menyaksikan itu, mahasiswa yang semula getol terkulai lemas diiringi rasa cemas. Ia akhirnya sadar yang ditumpangi itu adalah Kereta Hantu.

Kisah hantu-hantu Stasiun Manggarai juga telah diangkat menjadi film layar lebar. Film pertama dirilis 2008 berjudul "Kereta Hantu Manggarai" yang disutradarai Nayato Fio Nuala. Setahun berselang lahir lagi karya sutradara Nanang Istiabudi berjudul "Kereta Setan Manggarai". Kedua film bercerita tentang hantu Manggarai.

(Dimas Wijanarko)

Berita terkait
Elegi Pantai Anyer Setelah Gempa
Pantai Florida Pasir Putih Anyer di Kabupaten Serang, Banten, masih sepi mengunjung setelah Selat Sunda dihantam tsunami.
Anak SD Lebak Banten Taruhan Nyawa Demi Sekolah
Sudah puluhan tahun para pelajar SD dan pendulang rupiah di Lebak, Banten harus bertaruh nyawa saat melintasi jembatan bambu reyot di atas sungai.
Penjual Poteng Bantaeng Rindu Nurdin Abdullah yang Dulu
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dirindukan penjual poteng di Bantaeng. Dahulu suka bersedekah kepada pedagang, kini mengacuhkan.
0
Buya dan Jusuf Kalla Soroti Mendikbud Hapus UN
Buya Syafii Maarif dan Jusuf Kalla meminta Mendikbud hati-hati tentang rencana menghapus UN. Butuh diskusi mendalam soal penggantian UN.