Guru Wajib Tahu! Begini Strategi Dirikan Bisnis Les Privat

Banyak cara menuju kesuksesan di masa pandemi salah satunya dengan membuka bisnis les privat yang diprediksi akan menguntungkan. begini caranya.
Ilustrasi - Bisnis Les Privat. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Banyak cara menuju kesuksesan di masa pandemi salah satunya dengan membuka bisnis les privat yang akan menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan bagi kamu yang memiliki keahlian dibidangnya.

Mengingat saar ini, tuntutan pendidikan semakin tinggi, sehingga banyak pelajar yang membutuhkan bimbingan tambahan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Nah, biar les privat yang kamu jalankan dapat efektif dan tetap menguntungkan di masa pandemi. Berikut tahapan yang dapat kamu lakukan.


1. Menentukan konsep

Pertama kamu harus menentukan konsep yang akan kamu jalani, banyaknya program studi membuat kamu harus menentukan mata pelajaran tertentu yang akan dijadikan bahan ajaran les privat. Oleh sebab itu, sebelum membuka les privat atau bimbel ada baiknya kamu tentukan terlebih dahulu konsep apa yang ingin dibawa.

Pastikan kamu memilih mata pelajaran tertentu atau khusus agar target pasar menjadi lebih jelas. Apakah usaha les privat atau bimbel yang ingin kamu buka khusus pelajar Sekolah Dasar, remaja SMP, SMA atau pekerja.


2. Tentukan cara penyediaan jasa les

Biasanya les privat atau bimbel dilakukan secara tatap muka, baik dalam fokus grup kecil yang biasa dilakukan di rumah atau grup besar yang dilaksanakan di ruangan kelas.

Namun, kini konsep les tatap muka sepertinya bukan menjadi pilihan yang tepat. Oleh karena itu kamu perlu mempertimbangkan bisnis les privat secara online.


3. Menciptakan brand image

Dengan konsep yang matang dan perencanaan yang rapi kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih nyaman, di mana produk jasa yang ditawarkan tepat sasaran.

Namun membuat sebuah konsep itu tentunya tidak mudah, kamu harus membangun sebuah brand image agar konsumen mengerti tentang produk yang kamu berikan. 


4. Mempersiapkan SDM 

Nah, setelah ketiga di atas kamu lakukan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah mencari sumber daya pengajar yang tepat. Jika berbicara soal SDM, maka umumnya kualitas sangat menjamin kelancaran bisnis. Namun pada segi pendidikan, tenaga kerja pembimbing tentunya harus tepat dengan lini ajar yang kamu jalankan.

Mencari seorang pembimbing memang tidak mudah namun kamu bisa mencari kandidat yang memiliki motivasi diri untuk mengajar dan dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan sehingga peserta didik pun bisa lebih nyaman untuk belajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. []

Berita terkait
Mau Bisnis SPBU Pertamina? Begini Caranya
Jika Anda berminat untuk nginvestasikan pendapatan Anda. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk menjadi bagian dari mitra Pertamina.
3 Cara Menentukan Bisnis yang Tepat
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar bisnis berjalan mulus
Dijamin Cepat Kaya! Ikuti Cara Bisnis Sukses Ala Orang China
Menjadi pebisnis sukses tentu membutuhkan kerja keras yang matang. Kamu perlu belajar dari cara bisnis sukses ala orang China yang dikenal handal.
0
Guru Wajib Tahu! Begini Strategi Dirikan Bisnis Les Privat
Banyak cara menuju kesuksesan di masa pandemi salah satunya dengan membuka bisnis les privat yang diprediksi akan menguntungkan. begini caranya.