Mau Buka Bisnis Makanan, Sudah Lakukan Cara Ini?

Jika anda tertarik berencana membuka bisnis makanan, ada berbagai kiat sukses dalam bisnis makanan.
Tips Membuka Bisnis Makanan (Foto: Tagar/Freepik/Benzoix)

Jakarta – Semenjak efek pengurangan karyawan perusahaan, banyak orang yang tidak lagi memiliki perkerjaan. Beberapa diantaranya mencoba peruntungannya dalam wirausaha, salah satunya dengan membuka bisnis makanan. 

Jika anda tertarik berencana membuka bisnis makanan, ada berbagai kiat sukses dalam bisnis makanan.


Cari Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis sangat berpengaruh besar pada keberhasilan usaha. Kalau anda ingin memilih tempat untuk berbisnis makanan yang strategis akan lebih mentungungkan, bukan karena akan banyak orang yang bisa melihat bisnismu dan mereka bisa mencoba dan membelinya. 

Secara logika, jika membuka bisnis makanan ditempat yang sepi lalu lalang, akan minim pembeli dibandingkan lokasi yang berada di pinggiran jalan. Oleh karena itu tempat jualan atau lokasi bisnis ini juga bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis makananmu.


Rencanakan Secara Matang

Supaya bisnis makanan anda lancar, anda harus mulai membuat RAB sehingga kamu tahu berapa modal yang anda butuhkan untuk memulai bisnis makanan. Selain membuat RAB, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah beberapa plan jika ternyata anda tidak bisa mencapai modal yang anda butuhkan. 

Disarankan menyiapkan beberapa business plan sehingga tetap bisa berjalan berapapun modal yang anda miliki. Memikirkan rencana bisnis makanan ini merupakan salah satu hal yang sangat penting karena bisa menghindarkan anda dari jeratan hutang bisnis.


Riset Pasar

Jika ingin mendapatkan bisnis makanan yang sukses maka jangan sampai kamu menjalankan bisnismu dengan asal-asalan. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan sebelum terjun langsung membuka bisnis makananmu ini. 

Contoh riset yang bisa dilakukan seperti jenis makanan apa yang ingin dijual, seberapa besar peluang keuntungannya, apakah makanan ini sedang banyak digemari, dan seberapa besar kompetitor. Lakukan riset bisa secara online dan bisa juga dijadikan referensi.


Tawarkan Terobosan Baru

Orang-orang menyukai hal berbeda yang mungkin tidak bisa mereka temukan di tempat lain. Begitu juga halnya dengan makanan, seperti yang kita tahu bahwa orang Indonesia sangat menyukai untuk membeli makanan yang sedang trend atau sedang viral. 

Sebelum membuka bisnis makanan, pastikan bahwa bisnis makanan yang anda tawarkan memberikan value yang berbeda dengan bisnis makanan yang lainnya. Orang-orang akan ramai berdatangan untuk antre membeli makanan yang anda jual dan mungkin saja makanan anda dipromosikan secara gratis lewat unggahan instastory pelanggan.


Promo Menarik

Pada umumnya orang-orang menyukai sesuatu hal yang sedang promo. Misalnya membuat promo beli 1 gratis 1 atau mengadakan promo potongan 10 ribu tiap beli total 50 ribu. Disarankan mengadakan promo secara rutin seperti setiap hari jumat, agar bisnis makanan anda dapat mengundang banyak pelanggan. Anda juga bisa mengadakan promo di Grab-Food, Go-Food, atau Shopee-Food.


Pilih Media Promosi

Kehadiran media sosial juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk melakukan promosi di media sosial seperti lewat facebook dan Instagram. 

Anda bisa memanfaatkan media promosi Instagram/facebook menggunakan desain yang menarik untuk konten bisnis makananmu. Sekarang ini orang tidak hanya mencari makanan secara langsung saja ya namun mereka juga terkadang mencari makanan di media sosial.


Lakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi bisnis makanan juga merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan jika bisnismu sudah berjalan. Anda wajib mengevaluasi, apakah selama ini bisnis makanan berjalan dengan baik atau sebaliknya? Dengan melakukan evaluasi anda dapat memperbaiki bisnis supaya lebih berkembang dan terhindar dari kerugian.[]


(Egy Setya Ramdahan)

Baca Juga:

Berita terkait
3 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula
Bisnis kuliner juga dapat dikatakan berkembang dengan pesat, baik kuliner tradisional maupun yang modern.
Begini Tantangan Meningkatkan Omset dalam Bisnis
Strategi pemasaranlah yang membedakan antara Anda yang mendahului atau memimpin di pasar, dibandingkan dengan Anda yang menjadi pesaingnya.
Patenkan Merk Bisnis Anda Supaya Tidak di Jiplak Orang Lain
Jika ingin melegalkan merk produk, anda harus mendaftarkan hak merknya. Hal ini bertujuan agar orang lain tidak bisa meniru merk yang anda punya.
0
Mau Buka Bisnis Makanan, Sudah Lakukan Cara Ini?
Jika anda tertarik berencana membuka bisnis makanan, ada berbagai kiat sukses dalam bisnis makanan.