UNTUK INDONESIA
Guru dan Siswa di Pessel Dituntut Kuasai Teknologi
Para guru dan siswa dituntut menguasai teknologi, namun tetap harus diimbangi dengan kecerdasan spritual.
Wakil Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar (pakai peci hitam), berfoto bersama dengan para siswa dan majelis guru usai pelaksanaan hari guru di SMA 2 Tarusan, Senin 25 November 2019. (Foto: Tagar/Tedddy Setiawan)

Pesisir Selatan - Semua guru diminta melakukan perubahan di tiap kelas dalam proses belajar mengajar. Sebab perubahan tidak dimulai dari atas, semuanya berawal dan berakhir dari guru.

Saya harap para guru dan siswa menguasai teknologi. Tapi semuanya tetap harus diimbangi dengan kecerdasan spritual.

Jangan menunggu aba-aba dan jangan menunggu perintah, meski hanya dimulai dengan perubahan-perubahan kecil," kata Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, saat memperingati Hari Guru ke-74 di SMA 2 Tarusan, Senin 25 November 2019.

Upacara yang digelar sederhana itu berlangsung khidmat. Selain para guru dan siswa, upacara juga dihadiri Kepala UPTD Dinas Pendidikan Sumatera Barat (Sumbar), Sadrianto.

Menteri juga berpesan agar memberi kesempatan mengajar pada murid di kelas. Guru harus mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Rusma memuji pesan menteri muda di kabinet Jokowi-Ma'ruf itu. Menurutnya, menteri memahami betul kondisi guru yang memang memiliki tugas mulia dan tersulit. Guru dituntut membentuk masa depan bangsa, namun lebih sering diberi aturan dibanding pertolongan.

"Padahal, guru tau di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal," katanya.

Sebagai mantan guru, Rusma mengaku ikut merasakan pahit dan manisnya ketika seorang pendidik. Namun guru dituntut tetap semangat dan mampu menghadapi segala tantangan ke depan.

Dia juga berharap agar para tenaga guru honorer tidak putus asa dalam mendidik serta membangun masa depan generasi muda. Sebab anak bangsa yang akan meneruskan negeri ini.

"Saya harap para guru dan siswa ke depan menguasai teknologi. Tapi semuanya tetap harus diimbangi dengan kecerdasan spritual," tuturnya. []

Berita terkait
Peringatan ESDM Sumbar untuk Pembangun PLTMH Pessel
Pembangunan PLTMH di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dicurigai juga melakukan penambangan emas.
Respons Percasi Pessel Soal Bermain Catur Haram
Ketua Persatuan Catur Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar Herizal Harpen menanggapi polemik permainan catur yang disebut-sebut haram oleh UAS.
PPP Pessel Tak Buka Pendaftaran Calon Bupati
DPC PPP Pesisir Selatan tidak membuka pendaftaran calon bupati dan wakli bupati untuk pilkada 2020.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.