Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar 1 Kilometer

Gunung Merapi meluncurkan guguran lava pijar sebanyak sembilan kali dengan jarak luncur maksimum satu kilometer.
Ilustrasi lava pijar. (Foto: Twitter/vulkanologi_mbg)

Jakarta - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, meluncurkan guguran lava pijar sebanyak sembilan kali dengan jarak luncur maksimum satu kilometer ke arah barat daya, pada Selasa dini hari, sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, mengatakan bahwa selama periode pengamatan itu, terjadi juga sebanyak 40 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-25 milimeter (mm) selama 11-63 detik. Asap kawah tidak teramati keluar dari puncak kawah Merapi selama periode pengamatan.

Sebelumnya, pada Senin malam, 22 Maret 2021, Gunung Merapi juga meluncurkan guguran lava pijar ke arah barat daya sebanyak sembilan kali, sepanjang pukul 18.00 sampai 24.00 WIB. Jarak luncur guguran lava pijarnya maksimum 900 meter.

Hingga kini, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berdampak pada wilayah dalam sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Apabila gunung api itu meletus, lontaran material vulkaniknya dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak gunung. []

Berita terkait
Episode Baru Attack on Titan Season 4 Mundur Tayang karena Gempa
Penayangan episode 14 Anime Attack on Titan: The Final Season (Season 4) mengalami penundaan menyusul gempa bumi yang mengguncang Jepang.
7 Gempa Terjadi Hari Ini, Guncang Konawe, Bengkulu dan Kaimana
Tujuh buah gempa terjadi pada Sabtu, 6 Maret 2021 dan mengguncang kawasan Konawe Utara, Bengkulu Utara dan Kaimana, Papua.
Volume Dua Kubah Lava Gunung Merapi dan Pertumbuhannya
BPPTKG Yogyakarta melaporkan dua kubuh lava Gunung Merapi terus tumbuh. Berikut volume kedua kubah lava dan pertumbuhannya.
0
Jubir: Prabowo Diserang Isu Miring Lawan Mafia Alutsista
Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo sedang diterpa isu miring saat lawan mafia alutsista.