7 Gempa Terjadi Hari Ini, Guncang Konawe, Bengkulu dan Kaimana

Tujuh buah gempa terjadi pada Sabtu, 6 Maret 2021 dan mengguncang kawasan Konawe Utara, Bengkulu Utara dan Kaimana, Papua.
Ilustrasi gempa bumi di kawasan Konawe Utara, pada Sabtu, 6 Maret 2021. (Foto: BMKG)

Jakarta - Empat buah gempa berkekuatan Magnitudo hingga 4.1 SR, mengguncang kawasan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, dan sekitarnya pada Sabtu, 6 Maret 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di titik koordinat 3.55 LS 122.12 BT.

Data BMKG menyebutkan pusat gempa pertama berada di darat 4,7 Km BaratDaya Labungga, Kab. Konawe Utara, serta dapat dirasakan di sejumlah tempat, antara lain Wanggudu III MMI, Konawe Utara, Andowia III MMI, dan Asera III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Gempa pertama tersebut berkekuatan 3.5 Magnitudo dan mengguncang kawasan Konawe Utara tepat pada pukul 12:04:41 WIB.

Sekitar satu jam berikutnya, gempa dengan kekuatan magnitudo 2.9, kembali mengguncang kawasan yang sama. BMKG melaporkan, pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer.

Sementara gempa ketiga terjadi dengan kekuatan Magnitudo 4.1. Lindu yang mengguncang pada pukul 17:27:05 WIB itu, turut dirasakan hingga kawasan Konawe Utara, Andowia, dan Asera.

Gempa keempat terjadi pada pukul 21:21:13 WIB, berada di koordinat 3.54 LS-122.15 BT dengan pusat gempa berada di darat, 3.1 kilometer arah Tenggara Labungga. Guncangan lindu dirasakan (skala MMI): II-III Wanggudu, II-III Asera.

Selain mengguncang kawasan Konawe Utara dan sekitarnya, dua lindu juga terjadi pada hari ini di dua wilayah lain, yakni di Bengkulu Utara dan Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua.

Gempa di Bengkulu Utara terjadi pada Sabtu dini hari, sekitar pukul 01:56:17 WIB. Guncangan gempa berkekuatan 4.9 Magnitudo itu terasa dalam skala II hingga IV MMI, masing-masing di wilayah Rejang Lebong, Lebong, Kota Bengkulu, dan Argamakmur.

Data BMKG menyebutkan, gempa Bengkulu Utara berpusat di laut dengan kedalaman 3 kilometer. Koordinat titik 3,38 LS dan 101,77 BT, atau di 47 km barat laut kawasan Bengkulu Utara.

Sedangkan gempa di Kaimana, Papua terjadi pada Sabtu pagi, sekitar pukul 08:45:15 WIB. Lindu mengguncang dengan kekuatan 3.6 Magnitudo dengan pusat berada di darat dan terasa hingga Kaimana dalam skala II-III MMI. []

Berita terkait
Pasca Gempa, Kasus Covid-19 di Sulbar Melonjak Tajam
Pasca gempa bumi yang memporak-porandakan beberapa wilayah di Sulbar menyebabkan kasus Covid melonjak tajam. Ini penyebabnya
Dalam Sepekan, Wilayah Tabagsel Dua Kali Diguncang Gempa
Dalam sepekan terakhir, sebagian wilayah Tapanuli Bagian Selatan, Sumut, dua kali diguncang gempa.
Bela Anies Soal Banjir Jakarta, Pasha Ungu: Giring Kerdil dan Naif
Pasha Ungu menyebut Giring Ganesha, terlalu naif saat melontarkan kritik terkait banjir terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
0
Ronald De Boer Dipilih Jadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar
Bintang sepak bola Belanda, Ronald de Boer, mengatakan, dia sangat antusias mendapat kesempatan menjadi Duta Piala Dunia 2022 di Qatar