Gempa 7.2 Magnitudo Guncang Jepang, Sebabkan Tsunami 1 Meter

Sebuah gempa berkekuatan 7.2 Magnitudo mengguncang wilayah pantai timur laut Jepang, pada Sabtu, 20 Maret 2021 dan menyebabkan tsunami 1 meter.
Ilustrasi gempa bermagnitudo 7.2 Magnitudo di Jepang. (Foto: Daily Mail)

Jakarta - Sebuah gempa berkekuatan 7.2 Magnitudo mengguncang wilayah pantai timur laut Jepang, pada Sabtu, 20 Maret 2021. Guncangan hebat menghantam titik lokasi yang pernah hancur akibat bencana 2011 silam serta menyebabkan tsunami setinggi 1 meter.

Stasiun Penyiaran NHK melaporkan, Badan Meteorologi Jepang memastikan bahwa gempa yang melanda pantai Prefektur Miyagi, terjadi pada pukul 18.26 waktu setempat dan memiliki kekuatan 7,2 magnitudo pada kedalaman 60 km.

Akibat gempa tersebut, perusahaan Tohoku Electric Power langsung menghentikan kegiatan di pembangkit nuklir Onogawa dan segera melakukan pemeriksaan gangguan lainnya yang mungkin terjadi.

Sementara itu, perusahaan Tokyo Electric Power sedang memeriksa kondisi pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi, yang hancur akibat gempa dahsyat Maret 2011 hingga menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal.

Tayangan video NHK dari biro Sendai memperlihatkan sebuah plakat yang menggantung di langit-langit bergoyang selama sekitar 30 detik akibat gempa.

Gempa dapat dirasakan hingga ke Tokyo, yang berjarak 400 km bagian selatan dari pusat gempa. NHK memperingatkan masyarakat agar menjauhi pantai. []

Berita terkait
Episode Baru Attack on Titan Season 4 Mundur Tayang karena Gempa
Penayangan episode 14 Anime Attack on Titan: The Final Season (Season 4) mengalami penundaan menyusul gempa bumi yang mengguncang Jepang.
Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Esktrem
Memasuki periode peralihan musim penghujan ke kemarau, BMKG ingatkan masyarakat untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem.
Longsor Terjang Dua Desa di Gebog Kudus, Dua Rumah Rusak
Bencana alam longsor menerjang dua desa di Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah, dua rumah dikabarkan rusak.
0
Simak 5 Aplikasi dan Situs Simulasi Tes CPNS
Terdapat lima aplikasi dan situs simulai tes CPNS 2021 yang sudah disiapkan untuk mengisi kota sebanyak 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang ada.